Mengapa Crutchlow nggak berat keluar dari Honda?


Cal Crutchlow kemungkinan besar tidak akan di Honda lagi di tahun depan.

Honda dirumorkan lebih memilih untuk tetap menjalankan tugasnya sebagai sekolah balap bagi Alex Marquez dan berpikir bahwa Pol Espargaro bakal lebih kencang daripada Cal Crutchlow di Honda.

Menurut penulis kedua keputusan tersebut bakal jadi kunci kejatuhan tim Honda.

Tapi memang sudah jelas diketahui bahwa Cal Crutchlow tidak akan bisa kencang di motor Honda. Cal Crutchlow sudah sering mengungkapkan alasan mengapa ia tidak bisa kencang. Alasannya sama dengan Lorenzo, engine brake (yang dikendalikan ECU ketinggalan jama) dari motor nggak bisa bekerja konsisten. Ini bikin pengereman, terutama saat corner entry menjadi membahayakan. Pembalap jadi beresiko jatuh tanpa tahu apa penyebabnya. Padahal sudah menjalankan motor dengan gaya yang sama dengan lap sebelumnya tapi kok tiba tiba jatuh.

Sayangnya ternyata kemudian hal ini menjadi masalah Marc Marquez juga. Biasanya ia bisa menyelamatkan diri. Tapi setelah operasi jadi nggak bisa lagi.

Ini tentu membuat Honda panik. Mereka jadi ingin mencari rider yang dianggap punya potensial mengendarai motor Honda secara kencang. Dan akhirnya dipilihlah Pol Espargaro.

Mungkin Pol Espargaro akan bisa mengendarai motor Honda dengan kencang di tikungan. Namun masalahnya, apakah ia akan bisa mengatasi penyakit dari motor Honda? Kalau melihat kasusnya Marc, rasanya tidak. Besar kemungkinan Pol Espargaro nanti akan menemui tembok yang sama, kalau kencang mudah crash. Tinggal dilihat daya tahan Pol terhadap crash. Apakah ia akan senasib dengan Dani Pedrosa, Jorge Lorenzo, Cal Crutchlow dan Takaaki Nakagami? Atau bisa jadi seperti Marc ketika masih sakti?

Yang jelas dari Cal Crutchlow sendiri sepertinya tidak ada beban keluar dari Honda. Walau sepertinya ia masih tetap ingin untuk bisa balapan di MotoGP. Dari Dorna pun sepertinya ingin agar Cal Crutchlow bisa terus balapan di MotoGP. Alasannya katanya adalah ia jadi satu satunya orang Inggris. Kalau nggak ada orang Inggris lagi di MotoGP, maka Dorna takut penonton jadi berkurang:
DORNA OFFERS TO HELP CAL CRUTCHLOW WITH A MOTOGP RIDE FOR 2021

CAL Crutchlow has been handed a lifeline for 2021 as the CEO of Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta, has stated his organisation will help the three-time MotoGP winner by sourcing him a ride.

Speaking to Autosport.com, Ezpeleta said: “I would like Cal to stay with us for a long time. And as we have done many times, we will help find a place for him [in 2021].”

Bisa ditebak mengapa Cal Crutchlow tidak keberatan keluar dari Honda bila ada tim yang mau menampungnya?

Kalau menurut penulis sih Cal Crutchlow merasa sudah mentok di Honda. Ia sudah beberapa kali mengeluh bahwa motor Honda itu bikin ia mudah crash. Ia bahkan bilang bahwa mayoritas crash yang ia alami itu karena penyakit motor Honda yang sama. Jadi ia tidak akan bisa lebih kencang dari sekarang karena dilema yang sama dengan yang dialami oleh Lorenzo. Kalau berkendara terlalu kencang akan beresiko crash. Masalahnya kalau mau main safe, jadi ketinggalan jauh. Jadi prestasinya yang sekarang sudah maksimal.

Sementara itu di tim lain ia akan bisa lebih mengeluarkan kemampuan karena resiko jatuh akan lebih sedikit. Dan tentunya ia akan lebih jarang cedera di lintasan.

7 respons untuk ‘Mengapa Crutchlow nggak berat keluar dari Honda?

  1. Ya kan udh di wanti2 ama Jorge Lorenzo, malah milih Marquez. Permintaan Marquez wajar karena sesama Alpha Male diteam gak mw lah ada saingan. Klo Honda pilih JL sih di jamin jadi jawara kek era 500cc dulu.

    Suka

  2. Maka izinkan Kawasaki dan BMW ikut dalam motoGP dengan syarat yang lebih lunak, supaya ada tim penampungan bagi Crutchlow dan anak hilang lainnya..

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.