Skok KYB Ultimate untuk NMAX? Nggak recommended, asli aneh dan teknologi tetap kuno


Penulis merasa aneh Yamaha mengeluarkan penawaran suspensi berikut ini:
Skok KYB Ultimate Series Yamaha All New NMAX 155, Harga Rp.2 Jutaan Tampil Mewah

Langsung saja ya om.. nama produknya adalah KYB ULTIMATE SERIES NMAX155 yang diklaim YAMAHA memiliki Karakter Lebih empuk stabil dan bisa di setting.

Paham kan apa yang aneh?

Masa ya suspensi yang lebih empuk dan bisa diseting itu ditawarkan secara terpisah? Apa memang pembeli NMAX itu lebih suka yang keras sehingga bawaan motor dikasih yang keras?

Dan juga yang nggak diberitahukan yang bisa diseting itu apa. Tapi kalau lihat modelnya kayaknya yang bisa dirubah itu CUMA preload, alias kekerasan per. Ini semi menipu karena biasanya kalau disebut bisa diseting itu maka yang bisa dirubah adalah rebound shockbreakernya, tapi eh ini cuma preload:

Sayang gambar kurang jelas. Tapi kok kelihatannya cuma diberi drat preload sedikit ya?

Teknologi juga meragukan. Masih pakai teknologi puluhan tahun yang lalu. Lihat saja kunciannya khas seperti yang ada pada suspensi Honda Supra Fit gen 1:

Ini skok supra fit:

Teknologi nggak beda dengan yang ada pada suspensi ori, yang buatan KYB:

Skok aftermarket sudah tidak begitu lagi, bahkan termasuk yang murahan sekalipun. Nih contoh suspensi murah 120 ribu yang sampai sekarang masih lumayan fungsi:

Ingat bahwa empuk itu nggak cuma butuh per yang empuk tapi shockbreaker yang pas dan harus double action. Dan biasanya skok dengan kelingan seperti itu modelnya adalah single action. Kalau single action maka kalau lewat aspal keriting jadi makin memendek suspensinya dan akhirnya suspensi jadi mentok!

Selain itu awet (bisa lebih dari 10 ribu km) juga penting. Sementara itu yang penulis lihat di jalan itu, shockbreaker yang pakai teknologi jadul seperti itu dijamin nggak awet. Sudah sering penulis lihat di jalanan motor macam Supra Fit, PCX, Beat karbu, Vario 150 terbaru, NMAX, Aerox yang lewat jalan aspal keriting berguncang hebat. Karena skoknya nggak awet. Padahal motor motor penulis yang pakai suspensi yang harganya di bawah 300 ribu bisa santai, sampai sekarang.

Lalu suspensi apa?

Kalau YSS cari yang spring ratenya 13-18, jangan yang 14-25. Kalau beli merek DBS jangan lupa cari yang drat preloadnya banyak. Yang model tabung saja karena sepertinya lebih ok skoknya. Merek Scarlet pastikan setelan shockbrekernya NOL. Merek lain entah.

16 respons untuk ‘Skok KYB Ultimate untuk NMAX? Nggak recommended, asli aneh dan teknologi tetap kuno

    • Skok YSS DTG atau YSS Pro-Z yang ada preloadnya. Ini menurut saya skok yang paling enak seharga itu. Kalau nggak ada, maka skok DBS dengan tabung enak juga. Skok punya Suzuki Spin enak, tapi sayang nggak plug and play dan perlu ada perubahan seal dan baut. Skok lain seperti ride it sepertinya bagus tapi kelihatan cepat pudar catnya, sehingga jadi jelek

      Suka

        • sulit karena skok Mio bakal terasa lebih keras di Vario. YSS DTG juga spring ratenya terlalu keras. Yang empuk C-Euro satu jutaan. Yang skok ori kalau bukan buatan Thailand bakalan nggak awet dan nggak enak juga. Rasanya lebih cocok DBS yang pakai tabung (karena drat preloadnya banyak)

          Suka

          • Review shock x ride di vario malah terlalu empuk kalo udah 6 bulanan, tapi kalo baru katanya pas
            Masalahnya harga nya 2x lipat shock ori vario KZR

            Shock vario KZR kalo sendirian terlalu keras, kalo boncengan pas
            Kalo bawaan vario K60 kerasnya minta ampun

            YSS DTG vario keras ya,, coret berarti

            Suka

            • Terima kasih infonya. Soalnya ada yang bilang nggak seempuk di X-Ridenya. Kalau jadi terlalu empuk maka itu pertanda skok nggak awet. Iya, harga nya berlebihan banget.

              Suka

  1. om..kalau shock tabung apakah karakternya berubah jika sudah panas atau dipakai ngebut ? punya saya kyb zeto double tube karakternya firm dan enak kalau baru jalan. tapi kalau sudah 2 jam jadi mantul-mantul (body shockbreaker hangat).

    Suka

    • Seharusnya keunggulan suspensi dengan tabung tambahan itu suhu oli bisa lebih rendah. Kalau sampai terjadi seperti itu maka sepertinya olinya itu jelek. Mungkin bikan karena panas tapi karena pemakaian.

      Sifat oli itu kan ada yang namanya shear stability. Terutama terpengaruh sama aditif VI improver. Kalau aditifnya jelek, setelah dipakai agak lama maka oli jadi terlalu encer.

      Parah juga skok KYB olinya nggak konsisten seperti itu. Solusinya adalah ganti oli. Jangan pakai oli multigrade, tapi pakai oli yang single grade.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.