Bukan Marc no 1 yang penting, tapi selisih kurang dari 0,5 detik dari Oliveira, Honda asli terancam


Asli penulis cukup kagum ketika membaca judul artikel berikut:
Marc Marquez Tercepat Sesi Pertama Test Jerez MotoGP 2020

Tapi setelah lihat data waktunya, penulis jadi berkurang rasa kagumnya. Tentu data nggak bisa dibandingkan dengan catatan waktu Jerez tahun lalu karena permukaan aspal sudah beda. Seperti yang jadi keluhan dari Michelin.
Michelin brings extra tyres for ‘new’ Jerez

The Jerez circuit has undergone repair work during the close-season to fix issues following last year’s resurfacing, resulting in substantial parts of the track surface being replaced.

Suhu lintasan juga katanya beda. Balapan tahun lalu:

Track Condition: Dry| Air: 21º| Humidity: 61%| Ground: 42º

Prediksi tahun ini:
The grill is waiting for MotoGP in Jerez

High summer is waiting for MotoGP’s first 2020 season GPs. The scenario: Jerez de la Frontera, where two GP will be held. The average high temperature in that part of Spain in July is 34º C and normally it is registered exactly at the time when the MotoGP race is scheduled. With this heat the asphalt will show temperatures above the 50º … A hell of a challenge for Michelin!

Suhu udara 21º vs 34º menurut penulis cukup jauh perbedaannya.

Hasil Marc tersebut bukan merupakan bukti kemampuan puncak tapi menunjukkan bahwa Marc termasuk yang punya adaptasi yang kuat.

Jangan lupa juga bahwa kalau time attack seperti ini Marc Marquez punya senjata sangat ampuh untuk pembalap tebal muka (yang konon katanya merupakan sifat yang wajib dipunyai juara dunia), yaitu nggandol atau nebeng atau ndompleng atau towing. Cara ini terbukti sangat ampuh untuk bikin Marc bisa meraih pole position beberapa kali. Di balapan ia pun bisa bertahan lebih lama dengan mengandalkan ban yang lebih keras dari pembalap lain. Tapi kuncinya ia harus bisa pole position dengan cara sekotor apapun. Karena di awal awal balapan Marc bakal nggak bisa secepat yang pakai ban lebih lunak. Dan untuk menjaga posisi, Marc jago blocking atau sikut sikutan atau pepet petetan atau ndusel ndusel.

Jadi kemampuan adaptasi bisa dipertanyakan. Bisa dilihat juga bahwa pembalap muda lain juga menunjukkan kemampuan adaptasi yang bagus. Bahkan Miguel Oliveira pun bisa punya catatan waktu yang hanya kurang dari setengah detik lebih lambat dari Marc Marquez.
Jerez MotoGP Official Test

Pos Rider Team Fastest lap Lead. Gap
1 MARQUEZ, Marc Repsol Honda Team 1:37.941
2 RINS, Alex Team SUZUKI ECSTAR 1:38.193 0.252
3 ROSSI, Valentino Monster Energy Yamaha MotoGP 1:38.222 0.281
4 ESPARGARO, Aleix Aprilia Racing Team Gresini 1:38.285 0.344
5 QUARTARARO, Fabio Petronas Yamaha SRT 1:38.312 0.371
6 CRUTCHLOW, Cal LCR Honda CASTROL 1:38.313 0.372
7 MILLER, Jack Pramac Racing 1:38.348 0.407
8 OLIVEIRA, Miguel Red Bull KTM Tech 3 1:38.426 0.485
9 MORBIDELLI, Franco Petronas Yamaha SRT 1:38.733 0.792
10 BAGNAIA, Francesco Pramac Racing 1:38.792 0.851
11 MIR, Joan Team SUZUKI ECSTAR 1:38.823 0.882
12 ESPARGARO, Pol Red Bull KTM Factory Racing 1:38.844 0.903
13 VIÑALES, Maverick Monster Energy Yamaha MotoGP 1:38.863 0.922
14 NAKAGAMI, Takaaki LCR Honda IDEMITSU 1:38.873 0.932
15 SMITH, Bradley Aprilia Racing Team Gresini 1:38.942 1.001
16 LECUONA, Iker Red Bull KTM Tech 3 1:39.089 1.148
17 ZARCO, Johann Reale Avintia Racing 1:39.139 1.198
18 MARQUEZ, Alex Repsol Honda Team 1:39.151 1.21
19 DOVIZIOSO, Andrea Ducati Team 1:39.201 1.26
20 PETRUCCI, Danilo Ducati Team 1:39.249 1.308
21 BINDER, Brad Red Bull KTM Factory Racing 1:39.282 1.341
22 RABAT, Tito Reale Avintia Racing 1:39.559 1.618

Itu Olivieranya yang hebat apa Marcnya yang nggak bisa cepat?
Di sesi kedua pun Marc tidak bisa mendapatkan waktu yang tercepat.

Pos Rider Team Fastest lap Lead. Gap
1 VIÑALES, Maverick Monster Energy Yamaha MotoGP 1:37.793
2 QUARTARARO, Fabio Petronas Yamaha SRT 1:37.911 0.118
3 MARQUEZ, Marc Repsol Honda Team 1:38.021 0.228
4 RINS, Alex Team SUZUKI ECSTAR 1:38.317 0.524
5 MIR, Joan Team SUZUKI ECSTAR 1:38.380 0.587
6 BAGNAIA, Francesco Pramac Racing 1:38.417 0.624
7 ZARCO, Johann Reale Avintia Racing 1:38.513 0.72
8 ESPARGARO, Aleix Aprilia Racing Team Gresini 1:38.549 0.756
9 ESPARGARO, Pol Red Bull KTM Factory Racing 1:38.592 0.799
10 MORBIDELLI, Franco Petronas Yamaha SRT 1:38.646 0.853
11 MILLER, Jack Pramac Racing 1:38.676 0.883
12 DOVIZIOSO, Andrea Ducati Team 1:38.779 0.986
13 BINDER, Brad Red Bull KTM Factory Racing 1:39.016 1.223
14 CRUTCHLOW, Cal LCR Honda CASTROL 1:39.055 1.262
15 NAKAGAMI, Takaaki LCR Honda IDEMITSU 1:39.063 1.27
16 ROSSI, Valentino Monster Energy Yamaha MotoGP 1:39.302 1.509
17 LECUONA, Iker Red Bull KTM Tech 3 1:39.349 1.556
18 OLIVEIRA, Miguel Red Bull KTM Tech 3 1:39.364 1.571
19 MARQUEZ, Alex Repsol Honda Team 1:39.378 1.585
20 RABAT, Tito Reale Avintia Racing 1:39.407 1.614
21 SMITH, Bradley Aprilia Racing Team Gresini 1:39.456 1.663
22 PETRUCCI, Danilo Ducati Team 1:40.362 2.569

Di sesi kedua malah Marc cuma bisa setengah detik lebih cepat dari Johann Zarco. Padahal ini kali pertama Johann Zarco naik motor Ducati. Dan juga setengah detik lebih cepat dari KTM dan Aprilia.

Kalau kita asumsi kemampuan Marc masih dewa banget, maka ini artinya motor Honda yang jadi lambat (dibanding yang lain). Masa dengan KTM dan Aprilia yang selama ini posisinya dibelakang jadi terkejar?

Tapi bukan berarti Marc bakal kalah, karena Marc itu termasuk jagonya dalam soal pemilihan ban. Dan biasanya Vinales bakal melakukan kesalahan pemilihan ban. Jadi walau di kualifikasi Vinales pertama, di balapan bisa jadi akan di belakang. Termasuk bila startnya blooper lagi.

Ingat bahwa grip ban saat balapan nanti akan lebih payah daripada saat kualifikasi. Balapan nanti sepertinya bukan adu liar tapi adu awetnya ban.

Dan mengingat ban belakang Michelin bakal lebih ngegrip, maka Honda dan Ducati harus lebih hati hati biar nggak nyosor. Tapi ini mungkin bisa jadi alasan kalau di balapan nanti Marc nyeruduk motor lain.

5 respons untuk ‘Bukan Marc no 1 yang penting, tapi selisih kurang dari 0,5 detik dari Oliveira, Honda asli terancam

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.