Lagi penulis ditanya mengapa kok pakai oli sport di motor matic, memang dianya pernah coba bandingkan?


Kembali penulis disalahkan karena pakai oli motor sport di motor matik. Dibilang kalau untuk motor matik maka olinya harus untuk yang khusus matik. Kali ini di channel youtube. Memang apa sih hebatnya oli khusus motor matik?

Ingat bahwa penulis itu termasuk yang nggak percaya sama kemampuan dan kejujuran pabrik oli. Penulis anggap pabrik oli itu sering bohong demi untuk bikin produknya laris, jualan dengan nggak jujur.

Kita lihat contohnya produk AHM OIL MPX-2:
AHM Oil MPX-2 SAE:10W-30, API-SL, JASO:MB

Diformulasikan oleh Honda R&D Japan dengan performa lubrikasi andal untuk melindungi sepeda motor Honda menjadi lebih irit namun bertenaga. Sangat hemat dengan penggantian yang lebih lama dan sekaligus mengurangi dampak pencemaran lingkungan. Memberikan daya lubrikasi sempurna untuk performa prima mesin sepeda motor Honda tipe kopling kering (matic).

Sumbarnya besar banget, disebut maximum protection expert:

Klaimnya seperti itu. Tapi yang penulis rasakan beda. Dan sudah sering penulis bahas, seperti contoh berikut:
Kalau mau mesin sip motor matik Honda olinya jangan pakai oli Honda

Bukannya tenaga makin maksimal atau motor lebih irit, malah tenaga seperti disunat dan jelas makin boros ketika motor sudah terpakai sekitar 400 km. Begitu juga kok berani beraninya bilang pemakaian oli bisa lebih lama, karena baru 16%nya (400/2500) saja sudah tidak layak pakai.

Nah itu R&Dnya yang nggak becus ataukah becus tapi nggak jujur? Kok jadi teringat cerita skok ori yang pada nggak sip dan nggak awet.

Satu hal yang membuat penulis sulit percaya sama ajakan untuk pakai oli matik di motor matik itu adalah karena sepertinya yang menganjurkan itu nggak pernah coba sendiri alternatifnya. Mentalitasnya sama dengan bilang merek ini merek terbaik, ternyaman, teririt tapi nggak pernah coba sendiri merek lain.

Yang kedua adalah penulis nggak percaya sama standar yang mengajak. Karena bisa jadi suara mesin yang menurut dia halus mulus enak didengar itu ternyata standarnya seperti mesin rusak kalau menurut penulis. Maklum standar mesin sebelum jaman adanya astrahonda dengan jaman sekarang itu beda. Di jaman sekarang suara mesin hancur pun dianggap lumrah.

Ada beberapa hal yang membuat penulis menghindari oli khusus untuk matik. Harus diingat bahwa penulis tidak mereview saat oli masih baru saja, tapi juga ketika sudah dipakai cukup lama.

Yang utama adalah oli khusus matik itu seringnya merupakan produk yang paling tidak berkualitas dari pabrik olinya. Dijual paling murah. Padahal olinya paling encer. Di dunia perolian internasional, lumrahnya itu oli encer makin mahal karena butuh aditif lebih banyak. Tapi di sini kok justru oli encer malah harganya paling murah ???

Berikutnya adalah masa pakai oli. Masa pakai oli matik itu biasanya pendek. Cuma butuh ratusan km untuk bikin suara mesin jadi kasar. Dan menurut penulis ini karena dianggap pabrikan oli, mengatasi jeleknya film strength oli encer itu bisa pakai aditif extreme protection, yang biasanya pakai MOLY.

Ho oh moly memang bisa bikin oli yang film strengthnya nggak layak jadi terasa licin. Tapi masalahnya adalah aditif semacam ini sifatnya konsumtif. Bakal cepat habis. Jadinya ini bikin umur oli jadi pendek. Jadi sebenarnya aditif semacam ini tidak bisa menggantikan film strength yang hilang karena olinya terlalu encer.

Tapi nggak semua oli khusus matik nggak awet. Penulis coba Motul scooter terasa cukup awet. Tapi ada nggak sregnya dan harga olinya termasuk mahal:
Coba oli mesin Motul scooter 10W30 LE, beneran nggak cocok dengan oli matik

Kelemahan lain aditif extreme pressure adalah ini juga mengurangi tenaga mesin karena aditif semacam ini itu meningkatkan spash yang efeknya adalah ampas di ruang pembakaran dan valve jadi makin banyak.
Menambahkan aditif moly akan menambah spash yang akan memperparah deposit dan bikin selip kopling

Intinya sih sebelum bilang motor matik olinya harus yang khusus matik, coba dulu apa bener kalau pakai olinya motor sport jadi nggak sip. Dan rasanya penulis nggak pernah dengar cerita lebih sip oli khusus matik daripada oli khusus sport (merek sama).

6 respons untuk ‘Lagi penulis ditanya mengapa kok pakai oli sport di motor matic, memang dianya pernah coba bandingkan?

  1. Setahu saya, karena ga ada kampas kopling di mesin matic. Motor matic itu lebih banyak dan lebih luas alternatif pilihan Oli nya. Harusnya oli motor sport ga masalah karena faktanya Bahkan pakai Oli mobil bensin ataupun Diesel bisa bebas pakai.
    Seperti Matic Yamaha, itu pakai xW40 yang penting angka belakang 40 atau lebih sedang Honda yang xW30 ya? Kalau Honda saya kurang tahu.
    Oli matic paling enak yang pernah saya pakai itu “Mobil 1 super Moto” harga 45rb di Toda.

    Suka

    • Sip, terima kasih infonya. memang oli terbaik untuk motor matik belum tentu oli khusus matik.

      Iya, pilihan matik paling bebas. tapi masalah utama adalah kualitas oli khusus matik seringnya jadi yang paling jelek untuk merek yang sama.

      Suka

  2. Om apakah memang beat esp Fi itu suaranya selalu jadi lebih kasar setelah menempuh diatas 6000 kilometer, ini punya nyokab udah jalan 500 km tak cekoki Mesran Super 20W-50 + Margarine masih terdengar cukup kasar saat jalan, tapi suara kasarnya jadi ambigu sih soalnya juga datang dari perangkat CVT kayaknya, entah apa oli gardannya jelek minta ganti belom tau. atau mungkin harus dikasih migor yak daripada margarine itu olinya. kalo di Jupie Z ane hasilnya gak beda waktu dikasih migor atau margarine.

    Suka

    • Kalau dari CVT memang bener. Di bawa beberapa kali di AHAS yang berbeda, pada nggak sanggup semua bikin CVT senyap. Kalau oli gardan memang juga wajib dibuat senyap.

      Jupiter Z termasuk mesin senyap sih. Kalau olinya cukup bagus bakal sip.

      Suka

      • oli gardan yang terbukti bagus adalah Castrol Manual GL-4 SAE 80W-90 (Manual Transmission Fluid/Oli Transmisi Mobil) di Aerox ane, no glitter and no noisy sound, gak kayak waktu masih pake oli gardan bawaan, pilihan lain katanya ada pertamina rored MTF, intinya oli buat transmisi manual mobil. rencana ntar di beat jg mau diganti ini.

        Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.