Tim underdog berjaya di #CzechGP, apa apaan sih


Nggak usah lihat sampai akhir, penulis asli sudah heran dengan situasi balapan CzechGP.

Oke lah Fabio Quartararo di barisan depan (walau bukan yang terdepan), Alex Rins sudah pulih dan bisa di depan barisan tengah. Tapi kok Morbidelli kok jadi yang terdepan ???

Morbidelli bisa di depan Quartararo? Lha kok Vinales dan Rossi di belakang ??? Walau kemudian Rossi hebat bisa menyalip Quartararo. Dan Morbidelli finish urutan 2. Rossi 5, Quartararo 7. Vinales finish belakangnya Crutchlow urutan 14.

Lalu KTM kok bisa ada di depan??? Brad Binder kok bisa ada di depannya Pol Espargaro, Oliveira juga bisa urutan tengah, Binder sampai juara !!! Oliveira urutan 6. Pol Espargaro sayangnya nggak sadar ada Zarco di dalam tikungan dan ndelosor.

Aprilia juga kok bisa ada di depan ??? Apa yang istimewa?

Juga kok ada Johann Zarco di depan ??? Padahal tim inti Dovi dan Petrucci ada di barisan belakang ??? Dan rekan satu timnya yang biasanya di depan Jack Miller cuma finish urutan 10. Lalu Zarco bisa finish urutan ketiga !!!

Lalu manaaa tim Honda? Pembawa acaranya bilang Honda nggak kelihatan sama sekali. Sebenarnya ada Takaaki Nakagami. Finishnya di belakang Quartararo itu sudah lumayan. Tim utama, bisa dibilang paling buncrit … Bahkan pembalap cedera, Cal Crutchlow saja bisa di depan mereka. Jurus rem Nakagami rupanya nggak berguna di lintasan ini.

Alex Rins rupanya sudah sembuh, sehingga bisa di tengah. Joan Mir cuma bisa di belakang. Dan apes jatuh kena ajak keluar lintasan sama Iker Lecuona (posisi 14 & 15).

Di lintasan jelas bahwa KTM sedikit lebih cepat akselerasinya daripada Yamaha. Ducatinya Zarco jelas lebih unggul akselerasinya daripada motor Quartararo. Quartararo dihajar di lintasan lurus. Kena penalti juga nggak ngaruh banyak.

Memang apa yang dibutuhkan di Brno ini? Lihat persaingan barisan depan, jelas tenaga sangat menentukan. Si jago tikungan Quartararo di bully habis habisan.

Tapi kalau butuhnya tenaga, lha kok para tim utama kok pada ngendon di belakang ??? Apa lintasan ini spesialis jalan kering kotor licin dan bumpy? Lintasan terlalu jauh dari standar MotoGP? Yang kebiasaan lintasan standar MotoGP malah lambat?
‘A disaster. One of the worst tracks I’ve ridden’

“The track conditions are a disaster,” Espargaro said. “It’s one of worst tracks I’ve ridden in my life, not just in terms of grip – which is very, very poor – but in terms of bumps.

Pada kacau.

Marc masih punya kesempatan menang nih walau nekad mematahkan tangannya. Berikutnya Quartararo di belakang lagi, terus juaranya Aprilia?

Atau Marc dengan kecerdasannya sudah meramalkan kekacauan seperti ini sehingga memilih mematahkan tangannya?

15 respons untuk ‘Tim underdog berjaya di #CzechGP, apa apaan sih

  1. Akhirnya bisa liat ktm juara seri, semoga seri selanjutnya (austria) bisa kasih kejutan lagi, secara track nya hampir sama butuh power. Selain power, entry corner ktm (khususnya bbinder) patut diacungi jempol, tinggal keluar tikungannya saja yg keliatan agak godek2

    Suka

  2. menunggu yang ngomong bernada high tech high quality high level sarkastik sindirisme gimana tanggapannya, akankah bakal dibela tim yang dapet posisi dibelakang motor ngebul pada balapan kali ini, muehehehehe . . . . 😀

    BTW klo menurut analisa ane, Brno ini memang butuh motor yang punya torsi kuat untuk berakselerasi (dan power top end tentu) utamanya untuk melibas sektor terakhir yg tergolong down and up hill dan punya straight yang sifatnya menanjak, dan terlihat memang Yamahmud begitu menderita disini, mungkin mereka harus ganti mesin segera tahun mendatang klo gak mau jadi bulan2an team underdog yg jelas2 begitu perkasa saat berakselerasi dan melibas straight. Crossplane ane rasa udah mentok, emang dasarnya ini mesin bukan untuk nyari power segede-gedenya kok.

    #abaikansaja

    Suka

    • Nah itu sy heran apa ‘susahnya’ sih yam bikin v4, oke mereka merancang sasis dulu, tapi kalo pake v4 sasis juara kan M1 ‘sempurna’

      Suka

      • Mungkin mirip seperti ngototnya Soichiro Honda di tahun 60’an pakai mesin 4T buat ngelawan kompetitor dgn mesin 2T di World GP. Walaupun pada awalnya sempat jadi bulan2an kompetitornya, tapi dgn RC166 bisa membungkam semua orang dgn jadi juara dunia. Entah alasan apa yg membuat Yamaha ngotot bertahan dgn I4 (walaupun sdh jurdun juga sih) hanya mereka yg tahu. Mungkin suatu saat mereka bakal bikin V4 juga, toh Honda juga bisa bikin motor 2T jawara di masanya.

        Suka

      • maksud ane gak harus hijrah ke V4 karna udah pasti itu mahal biaya R&D dan makan banyak waktu (bukan berarti mereka kagak sanggup ye) tapi knapa gak balik ke inline4 konvensional saja, jelas2 mesin i4 screamer itu “better scavenging” di putaran tinggi, sehingga power di top end lebih besar dari crossplane, mau bukti?
        Kawasaki ZX10RR bisa bejaban dg motor turunan MotoGP Desmosedici, CBR1000RRR tinggal tunggu waktu buat ketemu settingan yg tepat.

        Suka

        • dulu kan furusawa pernah bilang Yamaha ga akan balik ke screamer lagi, tapi dia sendiri senang dengar mesinnya zx rr 800cc klo lg revving

          Suka

    • Setuju. Tinggal lihat apa Yamaha berani mengakui bahwa mesin crossplane sudah berakhir masanya. Atau bisa jadi takut move on karena takut bakal lebih sulit nyetel ECU jelek yang terkenal sulit diatur ?

      Suka

  3. Semua motor kelihatan tidak sekencang di sirkuit lainnya. Tak kira itu karena pengaruh angle camera, lintasan yang lebar dengan landscape terbuka luas

    Suka

  4. Untuk satu kasus ini, harus diakui MM-93 memang taktis.. daripada berisiko tidak bisa balapan semusim penuh, mending melewatkan satu dua seri dengan ‘mematahkan lagi’ lengannya 😁

    Suka

  5. …..sadis kalimat terakhir ….knapa ngk balapan di sentul sekalian yg binatang liar bisa nyebrang atau pengembala berserta embek yg gagal terjual nonton balapan ….. sejelek jeleknya team pabrikan 4piston segaris di depan yg lain ? …..coba di analisa kemungkinan gagalnya mesin prototype 2020 dgn chasisnya di banding tahun sebelumnya?

    Suka

    • Motor versi 2020 kan sudah terbukti gagal. Yang sekarang dipakai mundur lagi ke 2019. Penyebabnya sepertinya karena kemampuan Marc sekarang sudah tidak sama lagi dengan sebelum operasi bahu di akhir tahun 2019. Ada yang rusak di syaraf / otot bahu Marc.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.