Cara sangat cepat mengeraskan suara MP4 tanpa mengurangi kualitas gambar


Barangkali ada vlogger yang baca. Penulis akhir akhir ini sering upload video. Penulis sering posting secara RAW, nggak ditambah tambahi gambar atau bubble komentar, dst. Namun ada dua kendala.
1 – trim, mengurangi bagian depan dan belakang video yang nggak perlu
2 – volume, bagaimana caranya agar suara bisa lebih jelas dan keras.

Inginnya mengandalkan software gratis.
The 3 Best Open-Source Video Editors

Namun cari yang bisa dipakai di windows agak susah juga. Sulit juga yang bisa mendukung transcoding. Transcoding adalah editing yang tidak mengurangi kualitas video. Cari yang nggak free pun banyak yang ternyata sekedar ngomong, begitu dilakukan beneran ternyata lama juga.

Biasanya penulis akan convert dulu dari format video mp4 menjadi format video avi, pakai program non free. Proses ini butuh waktu 1,5 jam untuk video 30 menit (dual core 3.0 GHz). Sayangnya kalau mengedit terpaksa harus mengorbankan kualitas video karena harus reencode. Apalagi karena penulis pakai bitrate 6000 kbps (rekomendasinya minim 9000 k). Di bagian gambar bergerak jadi hancur kualitasnya.

Untuk suara, penulis mengandalkan winamp dengan plugin enhancer. Kadang juga pakai aural activator dari dspfx. Kadang juga pakai audacity dengan proses compress.

Avi kemudian diproses trim dengan virtualdub. Menghasilkan video yang mau diupload, sekalian menggabungkan suara dan gambar di virtualdub, butuh sekitar 5 menit, nggak termasuk yang dilakukan penulis.

Penulis baru nemu cara yang cepat banget beberapa hari yang lalu. Pakai ffmpeg. Programnya cukup rumit kalau kita pakai GUI. Justru lebih mudah bila tidak pakai gui.

Download ffmpeg terbaru. Untuk windows xp pakai link ini. Di extract. Penulis taruh filenya di program files.

Penulis kemudian buat file namanya konversi.cmd yang isinya seperti ini:

“C:\Program Files\ffmpeg\bin\ffmpeg.exe” -ss 1:34 -i “videoinput.mp4” -t 12:36 -f mp4 -sn -filter:a “compand=volume=-55:attacks=0:decays=0.5:points=-55/0|0/0” -c:a aac -b:a 192k -c:v copy “hasilnya.mp4”

File tersebut berada di tempat yang sama dengan file video yang namanya videoinput.mp4. Begitu file tersebut dijalankan, maka videoinput.mp4 akan diproses. Bila tidak ada masalah, akan muncul file hasilnya.mp4.

Bagian berikut menunjukkan bagian awal video yang diskip. Di contoh, videonya akan menghilangkan bagian depan hingga 1 menit 34 detik:

“C:\Program Files\ffmpeg\bin\ffmpeg.exe” -ss 1:34 -i “videoinput.mp4” -t 12:36 -f mp4 -sn -filter:a “compand=volume=-55:attacks=0:decays=0.5:points=-55/0|0/0” -c:a aac -b:a 192k -c:v copy “hasilnya.mp4”

Setelah itu konversi akan ambil dari posisi 1:34 sebanyak 12 menit 36 detik:

“C:\Program Files\ffmpeg\bin\ffmpeg.exe” -ss 1:34 -i “videoinput.mp4” -t 12:36 -f mp4 -sn -filter:a “compand=volume=-55:attacks=0:decays=0.5:points=-55/0|0/0” -c:a aac -b:a 192k -c:v copy “hasilnya.mp4”

Jadi video aslinya terpakai mulai dari 1:34 hingga 14:10. Sebelum 1:34 dihilangkan. Setelah 14:10 dihilangkan.

Angka berikut adalah bitrate untuk suara, angka ini sudah bagus. Tapi kalau pingin mengurangi ukuran bisa dikurangi hingga 128k atau 96k:

“C:\Program Files\ffmpeg\bin\ffmpeg.exe” -ss 1:34 -i “videoinput.mp4” -t 12:36 -f mp4 -sn -filter:a “compand=volume=-55:attacks=0:decays=0.5:points=-55/0|0/0” -c:a aac -b:a 192k -c:v copy “hasilnya.mp4”

Suara diperbaiki dengan perintah compand (compress versi ffmpeg). Fitur ini rumit banget. Kalau ingin eksperimen, silahkan pelajari sendiri. Bagian gambarnya sama sekali tidak dirubah dan dicopy (transcoding) langsung dari video input.

Parameter compand yang penulis pakai akan membuat suara background menjadi sama kerasnya dengan suara utama. Jadi suara es lilin, suara mesin atau suara orang lain akan mudah terdengar.

Bila hanya ingin mengeraskan suara utama (suara background tidak dikeraskan), bisa pergunakan cara berikut:

“C:\Program Files\ffmpeg\bin\ffmpeg.exe” -ss 1:34 -i “videoinput.mp4” -t 12:36 -f mp4 -sn -af “dynaudnorm=f=1000:m=100:b=1” -c:a aac -vbr 5 -c:v copy “hasilnya.mp4”

Dengan ffmpeg, menghasilkan video dengan suara yang lebih keras butuh waktu sekitar 1/10 dari kalau pakai metode normal.

ffmpeg juga bisa dipakai untuk membesarkan gambar, yang untuk penulis nggak ada gunanya. Video 1280×720 dibesarkan jadi 1980×1024 itu sia sia. Buang buang waktu dan bandwith kita atau pemirsa. Kualitas nggak beda dengan nonton langsung ukuran aslinya, kecuali kalau pakai filter canggih macam smart smoother, dikombinasikan dengan upsharp mask. Walau tetap nggak akan maksimal juga.

Cropping (mengambil sebagian area gambar) juga bisa. Dan sebaiknya resolusi disesuaikan ukuran maksimal area yang diambil. Jadi kalau yang di crop 640×480, nggak usah dibesarkan jadi 1280×1024, kecuali pakai cara di atas.

Toh kualitas gambar lebih banyak terpengaruh oleh bitrate yang dipakai. Bitrate bisa pakai acuan rekomendasi bitrate youtube.

Misalnya untuk resolusi 1280×720 pakai bitrate 6,5 mbps kalau frameratenya 30 fps. Pakai bitrate 9,5 mpbs kalau frameratenya 60 fps. Kalau pakai software perekam sendiri macam hedge2, kalau hp di bawah 2 juta mending pakai framerate 30 fps.

bitrate ini yang lebih menentukan ukuran file video. video 1280×720 bitrate 6000 k bakal sama ukurannya dengan video 1920×1280 bitrate 6000 k. Bitrate besar, ukuran file dijamin raksasa. Bitrate tetap, ukuran gambar dibesarkan, ukuran filenya tetap, tapi kualitas gambar akan lebih hancur, terutama untuk bagian yang bergerak. Kalau video isinya gerak semua, video ya hancur hancuran.

 

Tentunya cara ini nggak bisa menambahkan tanda panah, komentar, overlay gambar, dst di videonya. Kalau butuhnya cuma subtitle, mending pakai fasilitas youtube karena nanti mungkin bisa dibantu menterjemahkan ke berbagai bahasa. Tapi ffmpeg bisa memberikan tambahan tersebut bila diinginkan. Hanya saja biasanya prosesnya akan sangat lambat.

ffmpeg juga punya kelemahan dalam penggabungan video. Ia tidak bisa memotong dengan pas. Untuk ini lebih cocok menggunakan virtualdub (file format dirubah jadi avi). Pastikan memotong gambar pas di bagian keyframe (tanda kunci di virtual dub). Suara pergunakan format pcm agar lebih mudah. contoh konversi ke avi:
ffmpeg.exe -y -ss 1:12 -i “input.mp4” -t 29:47 -f avi -fflags +genpts -af “dynaudnorm=f=1000:m=100:b=1” -vf “fps=fps=30,curves=lighter” -c:a pcm_s16le -c:v libxvid -b:v 12000k “output.avi”

Kalau memang mau untuk ditambah tambahi gambarnya, gunakan bitrate raksasa. tapi jangan heran kalau pas lagi merekam tiba tiba putus. Untuk gambaran, video penulis kebanyakan punya durasi sekitar 30 menit. Ukuran rekaman antara 1,2 hingga 1,6 giga byte. Untuk pasnya silahkan coba pakai online bitrate calculator

Kalau ingin contoh, silahkan simak suara video tanggal kemarin dengan yang minggu lalu.

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.