R2 listrik dilegalkan lewat trotoar, skutrik bakal jadi raja trotoar?


bakal jadi raja trotoar?

Entah mengapa, pemerintah melalui menteri perhubungan, memutuskan untuk membolehkan kendaraan listrik roda 2 untuk lewat trotoar:
Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM 45 Tahun 2020 tentang Kendaraan Tertentu dengan Menggunakan Penggerak Motor Listrik

Keputusan ini sepertinya untuk memberi kebebasan bagi masyarakat yang ingin memanfaatkan trotoar. Sebelumnya ini dilarang:
Dilema Skuter Listrik: Dilarang di Jalan Raya, Ditolak di Trotoar

Dengan keputusan ini maka nggak perlu lagi kayak begini, bisa langsung di trotoar:
Skuter Listrik Dilarang Melintas di Trotoar, Milenial Geser Main ke GBK

Dengan dibolehkannya aturan ini, maka bakal makin banyak skuter atau otoped yang lewat di trotoar.

Mungkin sebelumnya ada wacana bahwa motor listrik harus ada jalur sendiri. Tapi peraturan dengan jelas menyebutkan kalau masih belum ada, silahkan lewat trotoar:
Jangan Ambil Hak Pejalan Kaki, Pemerintah Harus Sediakan Jalur Skuter Listrik

Sebelumnya pemerintah DKI Jakarta katanya bakal melakukan tilang untuk yang lewat trotoar, dengan aturan menteri, otomatis aturan pemerintah daerah bakal tidak berlaku:
Kendarai Skuter Listrik di Trotoar dan JPO Bisa Didenda Rp 500.000

Ada lagi tambahan masalah. Karena ternyata skuter listrik yang dimaksud itu bukan hanya yang seperti model beginian:

Tapi model beginian juga ikutan:
Cozy dan Mint, motor listriknya Kymco

Ini penjelasannya:

Masalahnya adalah, kalau yang model berdiri itu paling yang pakai adalah yang gaul gaul saja, karena kan butuh stamina dan kemauan. Nah kalau ada tempat duduknya, apalagi boleh boncengan (kalau tersedia), maka emak emak, bapak bapak, kakek nenek pun bakal tertarik juga. Tentunya bakal ramai.

Memang sih sama pemerintah dibatasi. Ada batasan umur, harus sudah 12 tahun. Harus pakai helm. Kecepatan maksimal motor juga nggak boleh lebih dari 25 km/jam. Motor juga harus ada klakson dan lampu depannya. Rem juga harus ada. Dan disuruh memberi prioritas pejalan kaki:

entah bakal dituruti atau tidak aturan ini

Tapi tetap, dengan batasan seperti itu, bakal masih banyak yang tertarik untuk pakai. Bisa untuk sarana transportasi bebas macet (karena lewat trotoar) dari tempat kos ke kantor, kalau mau makan siang, kalau untuk belanja, dst.

Ayo emak emak, serbuuu

8 respons untuk ‘R2 listrik dilegalkan lewat trotoar, skutrik bakal jadi raja trotoar?

  1. Padahal yang memakai trotoar ada kaum disabilitas, di trotoar juga sudah disediakan jalurnya. Walaupun R2 listrik melaju cuma misal 10 km/jam tapi bila terjadi kecelakaan dg pejalan kaki gimana jadinya???

    Suka

  2. Di bilangan kuningan/sudirman jakarta, go-grab khusus food sudah memakai skutrik ini (mirip sepeda tapi ban kecil) soalnya bebas melawan arus dan bisa di trotoar
    Kalo model full seukuran skutik, kalo harga masih tetap spt sekarang (minimal 16jt an) ya orang² masih milih beat kayaknya, apalagi rutenya bekasi/tangerang ke jakarta 😀

    Suka

    • wah, padahal sebelum ada aturan ini nggak boleh dipakai di jalan ataupun trotoar ya?

      Yang seperti di atas itu beneran harganya 2 jutaan kalau lihat di tokopedia. Tapi memang kalau jaraknya jauh, nggak bakalan orang pakai motor yang top speednya cuma 25 km/jam. Jarak jangkau juga nggak nyampai.

      Suka

  3. Ketika lebar jalan terbatas, dan jalurnya berkurang krn transjak…..yg paling lemah dikalahkan apalagi tanpa suara mewakili …..sepeda motor beralih tdk akan ke kendaraan umum krn berbayar dan berdesakan tanpa kejelasan kepastian waktu …..ayo beralih ke otoped listrik tanpa bayar pajak stnk bpkb dan sim yg memakan waktu dan biaya ….hilangnya pendapatan dr stnk akan memukul pemda

    Suka

    • Iya, sepertinya akan terpaksa begitu. Nggak kena rambu anti motor atau ganjil genap juga, karena memang lewatnya bukan di jalan raya. Soal kecepatan tinggal sesuaikan setelan riding mode.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.