Selamat datang Yamaha NMAX, tapi kenapa pilih versi speedo biru?


Dan mendadak istri minta penulis ganti motor. Dan akhirnya Suzuki Spin pun dijual dan akhirnya membeli Yamaha NMAX. Jadi maaf untuk berikutnya nggak ada lagi coba coba oli. Jadi lengkap sudah, ada Honda, Suzuki dan sekarang Yamaha:

Penulis pilih model model lama dengan speedo biru terutama karena nggak suka tampilan belakang model new yang konon katanya mirip XMAX. Kalau lihat dari tampilan berikut mungkin terlihat keren:
Nyala Lampu Rem Yamaha NMAX Terbaru 2020, Lebar Tapi Sexy

Tapi kalau lihat sendiri terkesan bodi belakangnya terpisah. Seperti bakpia yang di bawahnya ada roda:

Lampu belakang juga nggak sip:

Mungkin lebih keren kalau dibuat seperti lampu kiri berikut:

Lampu depan juga kurang suka:

Padahal sebenarnya penulis sangat tertarik dengan fitur traction control. Anak juga pastinya tertarik dengan fitur lampu emergency dan koneksi ke hp. Mungkin suka sama keylessnya dan chargernya. Sama tombol menu yang ditaruh di setang.

Tenaga lebih besar, top speed lebih tinggi. Tarikan bawah katanya lebih halus, nggak kayak versi lama yang menyentak.

Suara mesin juga lebih halus (sudah dibilangi sama salesnya juga), suara yang lama lebih seperti muscle car / mesin diesel (ada dak dak dak). Perbandingan suara:
ALL NEW NMAX 2020 vs NMAX 2019 (PERBANDINGAN TAMPILAN LANGSUNG)!!!

Walau di video berikut kok suara terasa sama saja ya kalau sudah jalan?
Test Shock Belakang Yamaha Nmax ABS 2020 dan Cara Mendapatkan Free Oli dan Service 2 Tahun

Ini juga:
New Nmax Gredek? Service Motor New Nmax 2020 Di Rumah GRATIS, Begini Caranya (Service KSG Ke-2)

Walau ternyata ada yang mengeluh suara klik jadi mengganggu. Mungkin karena suara mesin lebih halus, suara kliknya jadi lebih ketahuan. Nggak kayak yang dulu. Juga kalau olinya jelek, perubahan suara mesin jadi ketahuan:
SOLUSI 4 KEKURANGAN YAMAHA NMAX 2020 SETELAH 3 BULAN PEMAKAIAN.!

Selain itu di versi baru ada adjuster suspensinya, setelan preload, tapi hanya di versi ABS:
#OTOTIPS Cara Setting Suspensi Belakang Yamaha NMAX Connected ABS

Dari suspensi ada bilang kerasnya sama tapi yang baru lebih stabil. Wajar sih, karena yang bilang begini membandingkannya dengan NMAX yang skoknya sudah soak
Yamaha All New NMAX 2020 VS NMAX Generasi Pertama, Komparasi Review l Otomotif TV

Yang berikut bilang kalau NMAX 2020 versi ABS yang pakai setelan preload itu jauh lebih empuk dari yang lama. Yang non ABS keras:
Review Suspensi Belakang Yamaha NMAX ABS Connected Preload 1 dan 2

Problem engine check? Cuek. Nggak usah digubris.

Body belakang makin lebar, penumpang harus makin mengangkang? Nah ini pengaruh.

Lebih jinjit walau tinggi jok disebut sama? Pengaruh juga
Yamaha All New NMAX 2020 VS NMAX Generasi Pertama, Komparasi Review l Otomotif TV

Tapi intinya sih nggak suka modelnya yang baru. Jadi akhirnya beli yang model lama.

Lalu ada faktor lain yang membuat penulis suka dengan NMAX lama. Speedometernya warna biru :).

Reviewnya di artikel berikutnya. Penulis sudah coba ternyata lumayan irit kok 🙂 .

24 respons untuk ‘Selamat datang Yamaha NMAX, tapi kenapa pilih versi speedo biru?’

  1. untung njenengan gak ambil PCX Om karena desas desusnya itu mesin 150cc mau diganti mesin 156cc 4 klep pakek VTEC kedepannya, jadi gak kecewa, hehehe

    Suka

  2. Apapun yang diambil, selamat untuk motor barunya. Yang paling penting memang harus sesuai selera, jadi bisa lebih menikmati.
    Saya udah tahu MxKing sama R25 lemot aja tetap milih Itu, hehehe
    Andai ada Forza 150 dengan dimensi segede Nmax mungkin oke buat saya..

    Suka

    • Terima kasih, amiiin 🙂

      Iya, bakal pakai fastron. Entah yang 10W40 atau 15W50. Cuma terpaksa harus nunggu servis pertama, karena sudah dekat waktunya. Habis servis nanti langsung dibuang olinya.

      Suka

  3. Kalo lihat desain bodi ya dengan posisi normal (orang berdiri, jangan jongkok), ntar kasusnya kayak muka sinchan vixion lightning, padahal view posisi normal cakepnya ngalahin CB streetfire
    Nmax gen1 ini juga 2 tahun pertama buntutnya dibully (sila cek komen² di blog kondang) agak reda setelah muncul PCX lokal, dan dipuji setelah muncul new nmax
    Tapi ngangkangnya boncenger new nmax ini emang ga nguatin, dan garis desain yamaha dari jaman jupiter pertama sampe max series boncenger makin ngangkang, desain yg keren dilihat sengsara dipakai

    Suka

    • Saya lihatnya dari posisi duduk di motor nontonin NMAX sedang jalan. Kalau dilihat sambil berdiri sih tetap nggak suka juga, mungkin malah lebih. Sampai sekarang masih nggak sreg tampilan sinchan sih.

      Iya, posisi duduk ngangkang itu bikin nggak enak juga. Mungkin mau ditradisikan kali ya? Yamaha = motor ngangkang?

      Suka

      • yg jadi pertanyaan, kalo boros oli, kemanakah oli tersebut terbakar? kalo di kasus New Vixion Lightning emang karena ring pistonnya lemah oli ikut terbakar di ruang bakar makanya knalpotnya ngebul, banyak kasus ngebul jadi sering dibilang ngebul NVL, diganti punya 3C1 old vixion langsung sembuh namun barang sudah ZONK saat ini

        kalo N-Max setau ane belom pernah nemuin knalpotnya ngebul di jalan meski itu ngebul tipiiss, jadi klo dibilang diasil ngebul tidak bisa dipukul rata, klopun oli cepet habis tapi knalpot gak ngebul apa iya nguapnya tinggi dan keluar lewat selang pernapasan mesin yg terhubung box filter? klo iya seharusnya didalamnya basah banget.

        Suka

        • Saya sendiri baru tahu bahwa vampir oli juga merambah di NMAX. Oli mungkin bocornya ke valve. Dan jadi penyakit bikin kerak di valve. Yang lalu jadi penyakit kompresi bocor, mesin mati mendadak sendiri di jalan.

          Mungkin di NMAX sudah pakai standar emisi lebih tinggi sehingga asap nggak sampai keluar?

          Suka

          • berarti kalo begitu yang jelek kualitas valve guidenya dong kalo bocornya ke valve, valve guide tidak mampu menahan oli yg merembes lewat celah2nya? bos klep istilah lainnya.

            tapi harus diketahui juga, mungkin bisa jadi kasus yg terjadi karena kesalahan penggunanya, bisa jadi karena pake oli yang SAEnya keenceran Om sehingga kurang tahan panas, soalnya klo ane liat rekomendasi oli di forum atau group buat matic itu selalunya pokoknya yang makin encer makin enteng tarikannya, sudah terbrain wash sih, kebanyakanya yg dipilih SAE 5W bahkan yg 0W juga ada, apalagi angka SAE belakang gak diperhatiin, ada yg 30 bahkan 20 nekad dimasukin alias SAE 0W-20 hahaha…. XD

            Suka

            • Saya curiga olinya. Bisa jadi film strength kurang. Akibatnya oblak di VVA, oblak di ring piston. Lalu fuel dilution parah akibatnya oli makin encer lagi dan bensinnya jadi bikin seal valve kisut dan akhirnya bocor parah ke ruang bakar bikin asap dan juga kompresi hilang.

              Iya, banyak grup itu maniak harus encer, tapi parahnya cari yang murah dan VI tinggi. Padahal oli encer murah itu jelas kemampuannya di jauh di bawah oli yang lebih kental.

              Suka

  4. Sama aja, ring pistonnya lemah juga…
    Blok Diasil yamaha yang ga boros oli setau sy itu keluaran lama macem old vixi 3c1, old mx 1s7, sama xeon karbu 44d,,,, sisanya yg keluaran 2012 keatas boros oli semua bahkan xmax juga,,, yang keluaran sekarang dan ga boros oli cuma R25 doang.

    Itu olinya masuk ke ruang bakar juga bro, bukan valve,,,, kenapa jarang yg sampe ngebul, mungkin karna matic jarang meraung di rpm tinggi kyk motor manual, mungkin harus pas malem kena sorot lampu atau geber rpm tinggi baru keliatan,,,, ditambah klo ga salah sejak nmax dan nva 2pv thn 2015 keluar, blok diasil yamaha ada sedikit perbaikan di boringnya sudah dihoning cross hatch ala tukang bubut yg lebih baik pelumasannya,,, makanya sy klo ketemu di jalan yamaha yg ngebul parah itu biasanya nvl 1pa yg honingannya masih polos,,, tp semenjak itu blok 1pa pun klo beli sparepartnya udh dihoning juga setau sy.
    Bukti klo oli msk ke ruang bakar coba aja colek knalpotnya pasti lengket,,, dan kenapa banyak yg kompresi bocor ya itu kerak oli dari ruang bakar nempel di valve. Coba cari aja di youtube video bongkar nmax, pasti pistonnya berkerak oli banyak…

    Oh ya kenapa diasil sekarang boros oli, penyebab utamanya karena kualitas lapisan diasil di bloknya sudah didowngrade demi menekan cost produksi pastinya,,, trus karena kualitas bloknya jelek maka ring pistonnya pun dibuat lebih lemah karena klo kuat pasti lama lama akan kalah bloknya…

    Solusi biar ga vampir untuk motor yamaha keluaran sekarang yang sy tau ad 3 :
    Pake ring yang kuat macam 3C1 atau riken walaupun sembuh vampirnya, tapi efeknya lama kelamaan bloknya akan cepat ngantong (aus) alias clearance nya membesar.

    Inreyen dengan oli yang oke,,, pernah ngobrol sama penjual oli mobil 1 katanya dia motornya sejak baru langsung ganti oli pake mobil 1 yg katanya banyak kandungan boronnya (mobil 1 yang top tier) dan hasilnya pas ganti oli dengan jarak 4000km cuma susut puluhan ml… katanya sih boron bagus buat alusil
    Ada juga yg inreyen pake total ineo mc3, sy cari voa nya lumayan banyak boronnya.. dan setelah itu klo drain dengan jarak jauh(lupa brp) paling susut puluhan ml juga

    Terakhir ganti blok boring baja alias ga pake diasil lgi hehe,,, pernah baca di forum ada yg vixionnya pake paketan blok aspira, jd aman dari vampir

    CMIIW yah klo punya pengalaman atau pendapat laen silahkan didiskusikan
    ohya saya sendiri punya mio j dan vampir hehe, tiap 1000km saya tambahin 100ml oli pake total quartz 7000
    odo udh mau 60k, rencana klo servis besar mau ganti pake blok baja aja ntah blok npp pake piston fim atau paketan blok tpi
    btw nmax penulis udh brp km, klo sampe beres inreyen pake oli bawaan sy yakin bakal vampir hehe,,, tp sy g maksa ya buat pake oli mobil 1 atau total ineo itu karna garansi ya hangus hehe,,, atau siapa tau penulis mau coba inreyen pake oli lain misal fastron plus migor yg biasa dipake penulis? siapa tau ternyata jd ga vampir wkwkkw

    Suka

    • Terima kasih infonya. Saya cenderung menyalahkan olinya. Mengingat masalah kurang baiknya oli terjadi di transmisi juga.

      Iya, saya juga percaya bahwa ruang pembakaran itu berhubungan dengan ruang oli juga. Saya tidak menyalahkan ring pistonnya karena ada postingan piston dari korban vampir oli yang rata di semua piston dan valvenya juga kotor.
      Penyebab Yamaha NMAX Saya Vampir Haus Oli Ngebul Tipis

      Kerak piston bukan di bagian tepian piston tapi dari tengah. Ini yang bikin saya curiga oli itu dari valve.

      Sementara itu ring piston jadi korban, yang kemudian memperparah fuel dilution, yang fuel dilution ini bikin oli makin encer, jadi makin cepat bocor pula. Selanjutnya ring piston lemah akan membocorkan oli juga lalu siklus berlanjut.

      Iya, rencana mau pakai PFT dan minyak goreng, tapi terpaksa menunggu servis pertama karena takut ketahuan ganti oli (kedua seterusnya cuek).

      Saya juga penasaran apakah dengan terus pakai oli bawaan bakal vampir. Tapi masalahnya oli bawaan sudah kadung saya campuri minyak goreng. Masih dianggap standar tidak?

      Belum tahu soal boron. Tapi kalau nggak salah boron itu termasuk aditif pengganti ZDDP? Kalau ternyata bisa mengurangi efek vampir oli maka kuncinya tetap di film strength / daya pelicin oli.

      Suka

      • nah tpi om klo dri valve, tp kok org yang ganti blok baja biasa jd bener bener aman dari vampir mesinnya… padahal cuma blok set doang yg diganti….hrs nya klo dr valve ya klo diganti jdi baja bakal masih tetep vampir…

        Wah klo udh dicampuri minyak goreng mantab deh sekalian nyoba, siapa tau berhasil jd ga vampir kan mantap wkwkwkw

        Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.