Aditif boron di oli mesin untuk mesin aluminium memang efektif, tapi minyak goreng juga bisa membantu :)


Di artikel yang bahas betapa parahnya kualitas Yamalube, bro adi c merekomendasikan oli mobil 1 untuk mesin alumiumnya Yamaha, karena banyak boronnya:

Inreyen dengan oli yang oke,,, pernah ngobrol sama penjual oli mobil 1 katanya dia motornya sejak baru langsung ganti oli pake mobil 1 yg katanya banyak kandungan boronnya (mobil 1 yang top tier) dan hasilnya pas ganti oli dengan jarak 4000km cuma susut puluhan ml… katanya sih boron bagus buat alusil

Bro Kaum Awam juga minta soal efek boron ke mesin aluminium, terutama diasil silindernya Yamaha dibahas khusus. Berikut contoh diasil silinder?
Cylinder Vixion Ganti Liner Untuk Menghemat Biaya ? Bisa

Menarik karena mesin aluminium itu terkenal mesin vampir oli, termasuk juga di luar negeri, postingan di BITOG:
aluminum engines & oil additives

The 1990 and 1991 Preludes that got the very first generation of these engine blocks are well known on Honda forums for being oil burners.

Tentu generasi awal beda dengan generasi sekarang karena pabriknya mesti sudah nemu trik untuk mencegah mesin jadi vampir oli. Perlu diketahui karena sebagai pemilik motor Suzuki yang mesinnya itu aluminium (nikasil) penulis tidak mengalami kejadian oli cepat habis, baik di Suzuki Nex II ataupun Suzuki Spin. Jadi mungkin di Suzuki pelapisannya telah dirancang sedemikian rupa sehingga oli bisa melindungi dengan baik.

Tentu ada alasan mengapa Yamaha pakai alusil.
The Yamaha “DiASil Cylinder” Development of the world’s first all-aluminum die-cast cylinder for high-performance engines, combining high functionality and low cost plus environmental benefits

Yamaha Motor Co., Ltd. (YMC) has succeeded in the development of an all-aluminum die-cast cylinder with 60% better cooling performance and 30% cheaper production cost than a conventional cylinder (*1). Called the Yamaha “DiASil Cylinder” (*2)

Perbedaan ketiganya dijelaskan oleh Yamaha juga, bisa disimak di sini:
Lebih bagus mana antara Diasil Cylinder Yamaha dibanding SCEMnya Suzuki?

Lepas dari itu ternyata memang benar bahwa mesin aluminium itu lebih sulit dilumasi daripada mesin besi.
Yang berikut mengatakan karena permukaan besi porinya lebih besar:
Replacing the Cast Iron Liners for Aluminum Engine Cylinder Blocks: A Comparative Assessment of Potential Candidates

Several researchers have performed extensive wear resistance testing of the alternatives for cast iron for cylinder block bore material. The results show that cast iron’s wear resistance with its tendency to hold lubricating oil because of its porous nature is excellent. Cast iron also showed an ability to resist wear at elevated temperatures better. The fiber reinforced composites and hypereutectic Al-Si don’t rate as highly.

Di yang berikut disebutkan bahwa lapisan pelindung yang terbentuk dari ZDDP ternyata lebih keras dari aluminiumnya sehingga yang kalah aluminiumnya. Juga ZDDP nggak efektif di oli yang tinggi kandungan calsium phospate yang bikin ikatan atom jadi lemah.
ZDDP- Bad for aluminum engines?

Woo told Discovery News that ZDDP is not a good match for an aluminum engine. He explained, “The pad, or films, become harder than the aluminum surface itself. Thus, abrasion will occur.” Mark Robbins, an expert on friction who is a professor in the Department of Physics and Astronomy at Johns Hopkins University

Di yang berikut disebutkan bahwa penyebabnya adalah karena ternyata gesekan di aluminium nggak bisa mencapai suhu tinggi karena belum sampai ZDDPnya bisa maksimal, permukaan aluminiumnya sudah mbrodol / tergerus duluan.

In the March 11 Science, Müser and his colleagues describe computer simulations in which they investigated the effects of pressure on clusters of zinc phosphate molecules. Initially, each zinc atom is bound to four oxygen atoms. As the pressure goes up, the zinc forms additional bonds. At about 17 gigapascals, the pressure at which unprotected steel deforms in less than a nanosecond, each zinc atom in the simulation shows six oxygen bonds. This creates a highly connected molecular network that forms a dense, rubbery film and protects the metal.

Müser noted that 7 gigapascals, the pressure at which aluminum instantly deteriorates, was too low to produce that tightly knit network. This might explain why zinc phosphate fails to prevent abrasion on aluminum surfaces. The group’s findings suggest that an aluminum engine would need an additive that can form networks at low pressures.

Jadi boron itu sepertinya akan bisa aktif dengan tekanan / suhu yang lebih rendah dari ZDDP sehingga bisa berfungsi efektif di mesin aluminium.

Dari keterangan berikut, boron merupakan zat yang sifatnya sama persis dengan zinc:
Engine Oil Analysis

Phosphorus: Used as an anti-wear, anti-oxidant, extreme pressure, and corrosion inhibitor additive. Concentration levels vary greatly depending on oil brand.
Zinc: Another anti-wear, anti-oxidant, and corrosion inhibitor additive also commonly found in bearing alloys. Concentration levels vary greatly depending on oil brand.
Boron: Used as a corrosion inhibiter, anti-wear and anti-oxidant additive. Concentration levels vary greatly depending on oil brand.

Jadi sebenarnya fungsi dari boron yang terkandung pada oli terkenal itu adalah untuk menggantikan ZDDP, karena ZDDP nggak efektif untuk mesin aluminium.

Tapi ingat juga bahwa kondisi tersebut terjadi ketika oli sudah tidak mampu lagi melapisi permukaan logam yang saling bersinggungan. Akibatnya permukaan jadi kena tekanan dan gesekan, timbul panas, dan kemudian baru aditif tersebut mulai bekerja. Kalau panasnya “sedikit” maka ZDDP (atau boron) yang harus bekerja. Kalau sudah panas ekstrem maka giliran aditif extreme pressure yang bekerja.

Di gambar berikut ditunjukkan bahwa kemampuan oli bisa meningkat dengan penggunaan aditif EP dan FM. Boron dan ZDDP dikategorikan juga sebagai aditif EP. Sementara contoh aditif FM adalah ester dan minyak goreng (stearic acid dan oleic acid). Aditif EP mencegah gesekan ketika gesekan sudah terjadi. Aditif FM mencegah terjadinya gesekan:

Kalau kemampuan oli untuk melapisi ditingkatkan, maka gesekan antar komponen lebih sulit terjadi. Salah satu cara adalah dengan pakai oli lebih kental. Alternatif lain adalah dengan menambahkan minyak goreng. Kalau merasa semua itu kurang sip, silahkan beli oli mahal yang ada esternya.

15 respons untuk ‘Aditif boron di oli mesin untuk mesin aluminium memang efektif, tapi minyak goreng juga bisa membantu :)

  1. jadi inget, pernah liat di youtube ada yg pake reyen nmax pake motul 300v power racing (pcmo), dan berhasil ga jadi vampir,,, ntah bnyk boronnya atau gak karna gk nemu voa nya,, tpi klo ternyata dikit berarti mungkin karena ester nya yah?

    btw suzuki nex udh ga pake scem lagi om,, untuk skutik yg pake scem itu spin sama skywave, semenjak nex karbu udh pake boring baja
    yg sampe skrg pake scem itu mesin fu fi dan gsx,

    Suka

  2. Masalah 1pa vampir oli gak ada di 3c1

    1. Kualitas ring piston 1pa lebih rendah > ga bisa menyapu oli dengan bersih
    2. Kualitas blok 1pa cuma 30% dari 3c1 (dilihat dari harga) > lebih mudah tergerus/baret
    3. Power 1pa lebih besar > lebih panas

    Nmax pake blok dan ring piston turunan 1pa, jadi mewarisi masalah nya juga

    Kasus seperti ini dah sering di yamaha, untuk menekan harga, kualitas part penting yang dikorbankan (mesin)
    Mesin memang kencang ketika baru, tapi reliability nya dipertanyakan

    Suka

  3. Maaf om sucahyo, cuman mau mastiin soal rekomendasi oli migor. Kebetulan saya tertarik & mau nyoba saya terapkan ke vario 125 injeksi saya.
    Setelah baca2 artikel om soal oli migor, om sucahyo merekomendasikan untuk oli mesin itu pft ungu dan mesran super, karena om sudah mencobanha sendiri di motor om.
    Sedangkan untuk oli transmisi atau gardan, saya belum terlalu jelas soal oli apa yg om rekomendasikan. Apakah ditambahi migor juga buat transmisi atau tidak.
    Kalo oli mesin nanti saya pakai pft hijau + migor 10%, sedangkan oli gardan/transmisinya saya pakai rored itu menurut om gimana?
    Apakah minyak rored-nya perlu ditambahi migor?
    Atau pakai jenis minyak yg lain buat oli transmisi/gardannya?
    Apakah ada rekomendasi yg lebih baik menurut om?
    Trims.

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.