Eco riding di NMAX = aki nggak keisi?


Waktu penulis servis pertama NMAX, penulis melihat bahwa semua NMAX yang diservis (mayoritas yang di servis NMAX) selalu mendapat perlakuan yang sama untuk akinya. Yaitu aki di charge sebelum memulai kegiatan servis. Pakai alatnya berikut ini. Maaf bukan foto sendiri:

foto gridoto

Sepertinya ini kebiasaan baru di bengkel resmi Yamaha karena ada juga yang belum terpasang:

Jadi selama diservis itu aki motor diisi. Menurut penulis wajar sih, karena kan motor Yamaha sekarang sudah pakai keyless. Motor nggak akan benar benar mati kalau tidak dipakai.

Cuma ada yang mengganjal hati penulis. Motor NMAX penulis kan dapat perlakuan yang sama. Di saat motor motor lain sudah terisi penuh ketika motor selesai di servis, motor penulis kok belum penuh?

Hal yang unik yang penulis lakukan adalah penulis jarang sekali gas pol selama inreyen motor NMAX. gas cuma dibuka sedikiiit sekali. Dilepas langsung off. Jadi penulis seringnya jalan di rpm rendah.

Apa kalau sering jalan dengan eco riding di NMAX itu bikin aki nggak ngisi ya?

Mungkin yang senasib:
Aki Yamaha Aerox 155 Drop Pemakaian Baru 3 Tahun Apakah Wajar?

Intinya perawatan…saya yang sudah 2 kali ganti dalam 3 tahun….dan saya menyadarinya…untuk tiga tahun ganti sekali itu wajar – Ramadhani

Punya saya 1,5 tahun udah ganti kwkekw – Rizky

Kalau bener gaya berkendara berpengaruh. Jadi dilema juga mau terusan eco riding. Pilih mana ya, eco riding dan sedia dana beli aki atau ngebut terus?

Kalau di mobil sih sudah pengalaman sering rpm rendah aki jadi tekor:
Self discharge dan pemakaian rpm rendah (pakai AC) bikin aki tekor juga

btw, teknologi aki sekarang harusnya awet. Yang umurnya cuma 2 tahun itu aki teknologi kuno. Aki teknologi AGM bisa awet 5 hingga 8 tahun.

8 respons untuk ‘Eco riding di NMAX = aki nggak keisi?

  1. aki kering usia 1.5 sampai 2 tahun itu menurut ane wajar Om dg pemakaian normal sehari2 tentunya, klo soak katanya bisa disuntik manual lagi pake accu zuur lalu ditutup kembali tutupnya pake lem “G” dan abu rokok untuk menutup celah penutupnya. baru kemudian di charge sampe hangat baru dilepas, dapet info juga dari youtube.

    kalo aki basah 1.5-2 tahun ganti itu yg kirang normal, aki basah seharusnya lebih tahan lama, Kalau…, perawatannya bagus di cek ketinggian air aki nya dan dibersihkan jamurnya.

    Suka

  2. Salah kalo aki sekarang kualitas nya lebih baik
    Aki sekarang impurities nya lebih besar dari 10th lalu, bikin anoda katoda cepat terkorosi.
    Aki dengan impurities yang sama dengan 10 th lalu harganya 2x lipat aki yabg sekarang

    Aki paling bagus di pasaran adalah aki mobil kering buatan GS dan yuasa (purelead 99,99% + calcium lead, Ag < 15 ppm) aki paling jelek adalah aki kering motor (purelead 99,97%, Ag 50-70 ppm)

    Suka

    • Kalau untuk pabrikan yang pakai teknologi lama memang seperti itu. Sekarang kan ada teknologi baru. Cuma memang jadi lebih mahal walau masih tetap baterai timah.

      Yang lebih murni bisa berapa tahun umurnya?

      Suka

  3. seharusnya sih aki ngga tekor ya apalagi klo mesin nyala, Karena saat mesin nyala spul atau generator di mesin berputar untuk ngecharge aki dan menjalankan sistem kelistrikan, Kecuali klo ada beban listrik yg melebihi kapasitas generator

    dan juga motor2 jaman sekarang harus nya sudah memakai sistem 3-phase pada generator nya sehingga walaupun jalan di RPM rendah output current nya kuat dan stabil

    beda sama motor dulu yg masih karbu, Generator nya masih single phase jadi klo motor sering “short trip” + RPM rendah kemungkinan untuk aki lemah sangat bisa

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.