M 1000 RR, M series pertama BMW untuk motor


Dan akhirnya benar terwujud BMW bakal memperkenalkan seri M ke produk motornya. Yang dapat jatah pertama adalah S 1000 RR yang akhirnya menjadi M 1000 RR:
World Premiere: BMW M 1000 RR – The first M model from BMW Motorrad

Dan rupanya, M dianggap sebagai identitas sehingga label M ditaruh di mana mana:

Kaliper biasanya tulisan BMW, jadi diberi tulisan M, skok Marzocchi yang fully adjustable:

Iseng banget spakbor diberi tulisan M:

Speedometer kalau start ada tulisan M nya dulu. Steering damper asli disertakan:

Knalpot bukan buatan sendiri tapi buatan Akrapovic, full titanium:

Sama seperti yang mobil, M series untuk motor ini membuat motor lebih track oriented, lebih fokus untuk dipakai di lintasan balap. Jadi walau motor masih ada spionnya, motor sudah setelan balap, termasuk juga pakai winglet, yang katanya bisa memberikan tekanan sebesar 16,2 kg di kecepatan 304 km/jam:

Kalau mau, diberi jok belakang juga bisa:

Beberapa contoh modifikasi adalah limit rpm ditinggikan 500 menjadi 15100. Connecting rod titaniumnya dibuat lebih ringan. Rocker arm lebih ramping. Aliran airbox diperpendek. Forge piston dibuat cross ribbing dan silinder head ganti geometri. ABS versi balap. Gir belakang dibesarkan satu sehingga rasio gigi lebih pendek, wheel base dipanjangkan. Dan tentu banyak bagian dibuat karbon.

Total akhir motor ini punya tenaga 205 hp dengan berat 194 kg. Top speed 304 km/jam. Butuhnya masih cukup bensin RON 98, konsumsi bahan bakar sektar 15 km/liter.

Motor ditawarkan dalam 2 paket, salah satunya model kompetitif dengan fitur race lap timer:

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.