AHM Oil di klaim bisa 4 ribu km, bahkan 12 ribu km. Kenyataannya? Blogger pun membantah


Bro Doflamingo kasih head up soal iklan dari AHM oil yang menyatakan oli tersebut bisa untuk 4 ribu km. Berikut videonya:
TVC AHM Oil Tahan Hingga 4000 KM

Itu klaim lama yang sampai sekarang mestinya masih berlaku karena itulah yang tertera di buku panduan pemilik motor matik Honda, mulai bulan ke-4:

Konsumen AHM Oil pasti tahu bahwa nggak mungkin AHM Oil itu bisa dipakai hingga 4 ribu km. Dan blog terkenal pun menyebutkan bahwa ini pernah jadi bahan hangat di tahun 2011 di antara pemakai AHM Oil:
Oli AHM MPX-1 bermasalah??…

Walau ada embel embel berikut, yang secara implisit intinya adalah IWB nggak pernah mencoba atau pakai oli AHM Oil:

Sepertinya sampai sekarang IWB nggak pernah sama sekali mencoba AHM Oil walau motornya banyak.

IWB sendiri mengajurkan AHM oil MPX-1 yang kekentalannya 10W30 untuk motor setelah produksi 2011 (artikel 2011):
Lho….ganti oli koq mesin malah kasar???

Gini mzbro. Buat engine keluaran baru oli MPX1 memang sangat direkomendasikan. Sebab pencangkokan setiap detil part sudah dibuat sedemikian presisi/rapat.

Sementara itu blogger yang pernah coba sendiri tidak ada yang menggunakan AHM Oil hingga 4 ribu km. 2 contoh pertama kebetulan pemakai Verza, yang dipakai di iklan 4 ribu km di atas:
Review penggunaan oli MPX1

Setelah oli MPX1 sukses dituang ke dalam engine Verza 150, berikut review totalnya. Pada oli MPX1 keenakan ini cuma berlangsung cukup sebentar, tapi yang jelas tarikan mesin tetap enteng dan responsif hingga 2000 km pemakaian. Setelah masuk ke 2000 km pindah gigi jadi kasar suaranya, sampai bunyi ceklak ceklok tuh gigi persneleng, tarikan juga lemot dan berat, top speed mlempem.

Share Pengalaman Perbandingan Oli pada Motor Honda Verza 150

1. MPX1 – AHM Honda:
Sejauh pemakaian oli ini.. yang bang satria rasakan adalah :
a. munculnya panas berlebih pada blok mesih,
b. cepat menguap sehingga oli cepat menyusut
c. durasi pemakaian pendek
d. mesin berisik

Review AHM Oil MPX-2 10W30

Penggunaan oli AHM Oil MPX-2 10W30 diatas pemakaian 2.000-km mulai timbul beberapa permasalahan. Suara mesin perlahan-lahan mulai terdengar kasar diawal saat dihidupkan. Untuk tarikan mesin mulai terasa penurunannya dan mulai terasa tidak nyaman. Pemakaian bahan bakar (bensin) mulai terasa boros walaupun peningkatannya tidak signifikan.

Beberapa pengalaman orang yang mengatakan kinerja AHM Oil MPX-2 10W30 cukup memuaskan dan bisa tahan dengan kilometer panjang. Bagi saya pribadi kurang sependapat karena juga telah mencobanya dengan hasil yang berkebalikan (negatif). Bila ada oli merk lain yang memiliki kinerja lebih baik dari merk ini dipersilakan menggunakan oli tersebut. Demi kenyamanan dan kemanan saja saya mengganti oli ketika pemakaian oli telah melewati angka 1.500 km dan sebelum memasuki 2.000 km.

Opini: Beli Oli, Ganti Oli (1)

Nah kali ini nmp merah yang mengikuti instruksi buku manual dan mempercayakan oli kepada AHM oil sudah saatnya diganti. pake AHM oil di km awal memang joss dan tarikan ringan tapi setelah 2500km lebih mesin terasa kasar.. jadi gak tega nerusin ke 3500 atau 4000.

Atau tidak menganjurkan penggunaan AHM Oil:
Oli Paling Cocok Untuk Honda Vario PGM FI 110cc

5. AHM Oil MPX-2 10W30
AHM Oil MPX-2 10W3 sementara ini masuk dalam peringkat paling rendah untuk oli yang paling cocok digunakan untuk skuter matic Honda Vario FI

Kurang banyak, bisa lihat testimoni di Kaskus:
AHM Oil: Oli Paling Cocok Untuk Semua Motor Honda Yang Agan Punya

btw, AHM itu mengklaim bahwa AHM Oil itu dikembangkan oleh R&D Honda Jepang:

Engine Protection Technology pada AHM OIL dikembangkan oleh Honda R&D Japan untuk melindungi dan menjaga performa mesin agar tetap optimal.

Tapi yang penulis tahu, kalau kita tanya ke bengkel resmi AHASS sekalipun, kalau tanya bagus mana antara MPX dan SPX? biasanya dijawab SPX.

Dan yang penulis tahu, cuma MPX yang buatan Jepang (idemitsu). Sementara yang SPX itu buatan Federal atau Repsol. Dan kalau nggak salah keduanya bukan buatan Jepang.

21 respons untuk ‘AHM Oil di klaim bisa 4 ribu km, bahkan 12 ribu km. Kenyataannya? Blogger pun membantah

  1. 12 ribu Km itu untuk motor CBR250R jomblo silinder Om, setahu ane karena dikatakan punya teknologi low friction, seperti DOHC tapi bubungan camshaft cuma satu per cam dan pake roller rocker arm bercabang seperti mesin MX-Vixion, pake metal journal dlsb. Makanya FYI Mesin hando K56 baru filosofi development nya mengikuti mesin CBR250 Jomblo, yaitu DOHC pake roller rocker arm

    Suka

  2. Oli yang pernah saya drain sampai 6000km atau sekitar 7-8 bulan itu Yamalube Supersport, itu karena ga sengaja lupa… Hehehe..
    AHM oil itu kan Idemitsu ya?
    Di mobil saya pakai Idemitsu yang 10w30 itu saya drain sampai 7000-an karena semi sintetik. Kalau oli Q8 full sintetik saya berani sampai 12rb km.

    Suka

    • Wah ternyata awet juga kalau supersport di sport ya?

      Kalau untuk mobil sih menurut saya komponennya sudah memang disiapkan untuk pakai oli encer. Tapi dengar dengar yang pakai 10W30 resminya Mitsubishi (kalau nggak salah buatan idemitsu), suara mesin lebih kasar. Saya sekarang pakai 15W50 suara halus banget walau 3 silinder. Akselerasi masih sip, nggak kalah sama mobil lain di jalan.

      Suka

  3. Bahkan oli MPX lebih mahal dari Yamalube, SGP, Federal, Evalube, dsb, tapi harganya setara Repsol kalau gak salah, trus kualitas jelas beda jauh.

    Suka

  4. klo mpx sih engga percaya bs sampe 4000k , klo yg spx ky na bisa, beat ane isi oli spx2 kurleb bs 5 bln, klo kilometer engga tau, coz kabel speedometer na putus 😅, pengen pake migor d beat takut engga cocok coz kekentalan.

    Disukai oleh 1 orang

      • klo oli, dr awal pake spx2. jd blom coba yg lain, coz motor na punya istri ane ( sering na d pake sm ane, wkwkwkwk)

        Yamalube SuperSports bagus oli na buat saya sih, apa lg d tandem sm migor ( dulu wkt msh punya NJMX )

        yg sekarang motor gede ane yg satu na malah 1 thn lebih blm d ganti oli, coz jarang d pake & cm d pake 1 minggu sekali ( baru kepake 2300an k, reminder na 7500 k) oli pake Motul 7100 10w-40.

        Suka

  5. Blog itu ya. 🙂

    Setahu saya dulu memang tulisannya sampai 4000km. Dan teman saya ganti sekitar 3500an-4000km tidak masalah= kata temen saya ya!

    Hanya entah mulai kapan tertulis 2000km.
    Sejak berubah teman saya ga berani lebih dari 2000km karena keluhan panas dan kasar.

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.