Bro Doflamingo kasih head up soal iklan dari AHM oil yang menyatakan oli tersebut bisa untuk 4 ribu km. Berikut videonya:
TVC AHM Oil Tahan Hingga 4000 KM
Itu klaim lama yang sampai sekarang mestinya masih berlaku karena itulah yang tertera di buku panduan pemilik motor matik Honda, mulai bulan ke-4:
Konsumen AHM Oil pasti tahu bahwa nggak mungkin AHM Oil itu bisa dipakai hingga 4 ribu km. Dan blog terkenal pun menyebutkan bahwa ini pernah jadi bahan hangat di tahun 2011 di antara pemakai AHM Oil:
Oli AHM MPX-1 bermasalah??…
Walau ada embel embel berikut, yang secara implisit intinya adalah IWB nggak pernah mencoba atau pakai oli AHM Oil:
Sepertinya sampai sekarang IWB nggak pernah sama sekali mencoba AHM Oil walau motornya banyak.
IWB sendiri mengajurkan AHM oil MPX-1 yang kekentalannya 10W30 untuk motor setelah produksi 2011 (artikel 2011):
Lho….ganti oli koq mesin malah kasar???
Gini mzbro. Buat engine keluaran baru oli MPX1 memang sangat direkomendasikan. Sebab pencangkokan setiap detil part sudah dibuat sedemikian presisi/rapat.
Sementara itu blogger yang pernah coba sendiri tidak ada yang menggunakan AHM Oil hingga 4 ribu km. 2 contoh pertama kebetulan pemakai Verza, yang dipakai di iklan 4 ribu km di atas:
Review penggunaan oli MPX1
Setelah oli MPX1 sukses dituang ke dalam engine Verza 150, berikut review totalnya. Pada oli MPX1 keenakan ini cuma berlangsung cukup sebentar, tapi yang jelas tarikan mesin tetap enteng dan responsif hingga 2000 km pemakaian. Setelah masuk ke 2000 km pindah gigi jadi kasar suaranya, sampai bunyi ceklak ceklok tuh gigi persneleng, tarikan juga lemot dan berat, top speed mlempem.
Share Pengalaman Perbandingan Oli pada Motor Honda Verza 150
1. MPX1 – AHM Honda:
Sejauh pemakaian oli ini.. yang bang satria rasakan adalah :
a. munculnya panas berlebih pada blok mesih,
b. cepat menguap sehingga oli cepat menyusut
c. durasi pemakaian pendek
d. mesin berisik
Penggunaan oli AHM Oil MPX-2 10W30 diatas pemakaian 2.000-km mulai timbul beberapa permasalahan. Suara mesin perlahan-lahan mulai terdengar kasar diawal saat dihidupkan. Untuk tarikan mesin mulai terasa penurunannya dan mulai terasa tidak nyaman. Pemakaian bahan bakar (bensin) mulai terasa boros walaupun peningkatannya tidak signifikan.
Beberapa pengalaman orang yang mengatakan kinerja AHM Oil MPX-2 10W30 cukup memuaskan dan bisa tahan dengan kilometer panjang. Bagi saya pribadi kurang sependapat karena juga telah mencobanya dengan hasil yang berkebalikan (negatif). Bila ada oli merk lain yang memiliki kinerja lebih baik dari merk ini dipersilakan menggunakan oli tersebut. Demi kenyamanan dan kemanan saja saya mengganti oli ketika pemakaian oli telah melewati angka 1.500 km dan sebelum memasuki 2.000 km.
Opini: Beli Oli, Ganti Oli (1)
Nah kali ini nmp merah yang mengikuti instruksi buku manual dan mempercayakan oli kepada AHM oil sudah saatnya diganti. pake AHM oil di km awal memang joss dan tarikan ringan tapi setelah 2500km lebih mesin terasa kasar.. jadi gak tega nerusin ke 3500 atau 4000.
Atau tidak menganjurkan penggunaan AHM Oil:
Oli Paling Cocok Untuk Honda Vario PGM FI 110cc
5. AHM Oil MPX-2 10W30
AHM Oil MPX-2 10W3 sementara ini masuk dalam peringkat paling rendah untuk oli yang paling cocok digunakan untuk skuter matic Honda Vario FI
Kurang banyak, bisa lihat testimoni di Kaskus:
AHM Oil: Oli Paling Cocok Untuk Semua Motor Honda Yang Agan Punya
btw, AHM itu mengklaim bahwa AHM Oil itu dikembangkan oleh R&D Honda Jepang:
Engine Protection Technology pada AHM OIL dikembangkan oleh Honda R&D Japan untuk melindungi dan menjaga performa mesin agar tetap optimal.
Tapi yang penulis tahu, kalau kita tanya ke bengkel resmi AHASS sekalipun, kalau tanya bagus mana antara MPX dan SPX? biasanya dijawab SPX.
Dan yang penulis tahu, cuma MPX yang buatan Jepang (idemitsu). Sementara yang SPX itu buatan Federal atau Repsol. Dan kalau nggak salah keduanya bukan buatan Jepang.
kok gak skalian klaim tahan Ampe 20rb km
SukaSuka
ha ha ha.
SukaSuka
12 ribu Km itu untuk motor CBR250R jomblo silinder Om, setahu ane karena dikatakan punya teknologi low friction, seperti DOHC tapi bubungan camshaft cuma satu per cam dan pake roller rocker arm bercabang seperti mesin MX-Vixion, pake metal journal dlsb. Makanya FYI Mesin hando K56 baru filosofi development nya mengikuti mesin CBR250 Jomblo, yaitu DOHC pake roller rocker arm
SukaSuka
Terima kasih infonya.
Walau pakai teknologi seperti itu, tetap nggak berani sampai 4 ribu km sekalipun ya, bahkan di buku manual
MENAKAR EFEKTIVITAS PENGGANTIAN OLI MESIN HONDA CB150R STREETFIRE DENGAN METODE SEDOT OLI
Tips Merawat Honda CBR 150 Agar Mesin Tetap Prima
SukaSuka
Oli yang pernah saya drain sampai 6000km atau sekitar 7-8 bulan itu Yamalube Supersport, itu karena ga sengaja lupa… Hehehe..
AHM oil itu kan Idemitsu ya?
Di mobil saya pakai Idemitsu yang 10w30 itu saya drain sampai 7000-an karena semi sintetik. Kalau oli Q8 full sintetik saya berani sampai 12rb km.
SukaSuka
Wah ternyata awet juga kalau supersport di sport ya?
Kalau untuk mobil sih menurut saya komponennya sudah memang disiapkan untuk pakai oli encer. Tapi dengar dengar yang pakai 10W30 resminya Mitsubishi (kalau nggak salah buatan idemitsu), suara mesin lebih kasar. Saya sekarang pakai 15W50 suara halus banget walau 3 silinder. Akselerasi masih sip, nggak kalah sama mobil lain di jalan.
SukaSuka
Bahkan oli MPX lebih mahal dari Yamalube, SGP, Federal, Evalube, dsb, tapi harganya setara Repsol kalau gak salah, trus kualitas jelas beda jauh.
SukaSuka
Iya, harga setara, kualitas dibawahnya.
SukaSuka
klo mpx sih engga percaya bs sampe 4000k , klo yg spx ky na bisa, beat ane isi oli spx2 kurleb bs 5 bln, klo kilometer engga tau, coz kabel speedometer na putus 😅, pengen pake migor d beat takut engga cocok coz kekentalan.
SukaDisukai oleh 1 orang
ok, terima kasih infonya. acuan ganti olinya apa?
SukaSuka
klo oli, dr awal pake spx2. jd blom coba yg lain, coz motor na punya istri ane ( sering na d pake sm ane, wkwkwkwk)
Yamalube SuperSports bagus oli na buat saya sih, apa lg d tandem sm migor ( dulu wkt msh punya NJMX )
yg sekarang motor gede ane yg satu na malah 1 thn lebih blm d ganti oli, coz jarang d pake & cm d pake 1 minggu sekali ( baru kepake 2300an k, reminder na 7500 k) oli pake Motul 7100 10w-40.
SukaSuka
ha ha ha , sip. Ok, kalau super sport mungkin beda. Apalagi kalau motul 🙂 . Beruntung juga di motor nggak pakai jam ya? Karena kalau ada jamnya pasti diprotes 1 tahun nggak ganti oli?
SukaSuka
tetep d protes lah klo 1 thn mah 😂, buku manual aja tiap 7500 km / 7,5 bln pake oli motorex full synt ato motul 7100, udh lama engga d sentuh sm bengkel😅. ini jg klo servis ato ganti oli sendiri, trs alat diagnosa na bikin sendiri & terkoneksi pake hape.
SukaSuka
wah, malah lebih cepat ya 🙂 enak banget ya bisa diagnosa sendiri
SukaSuka
cm bikin soket doank sih, wkwkwk. alat na mah pake yg biasa d mobil.
SukaSuka
sip, terima kasih infonya. Apa ini ya penyebab pabrikan Indonesia pada nggak move on dari Euro 3?
SukaSuka
Blog itu ya. 🙂
Setahu saya dulu memang tulisannya sampai 4000km. Dan teman saya ganti sekitar 3500an-4000km tidak masalah= kata temen saya ya!
Hanya entah mulai kapan tertulis 2000km.
Sejak berubah teman saya ga berani lebih dari 2000km karena keluhan panas dan kasar.
SukaSuka
🙂
Jadi sebelum ada perubahan tulisan itu nggak mengeluh panas dan kasar ya?
SukaSuka
Yup.
Sebelum berubah jadi 2000km tidak ada keluhan.
Oh iya. Teman saya pengguna blade
SukaSuka
Wah, unik. Terima kasih infonya
SukaSuka
[…] juga, entah penulis nggak tahu. Penulis malah sekarang ini meragukan kemampuan banyak pabrik oli. Ngakunya bisa 4 ribu km tapi kok dipakai beberapa ratus km saja sudah nggak […]
SukaSuka
Boro2 200km,sy pake baru 500km (keluar dari diler) aja udah gak enak, mesin belum berisik sih, tp persneling keras, tarikan lemot, kipas radiator sering nyala..
‘dikembangakn R&D Honda jepang’ itu mahh bahasa marketing.. Setau ane honda gak ngembangin oli, justru pabrik oli yg ngembangin sesuai permintaan dr pabrikan.. Tp kok rasanya ni oli bukan dikembangakn, justru malah sebaliknya..
SukaSuka
Iya, memang sering bohong soal kemampuan olinya. Itu juga ciri coolant kurang bagus.
SukaSuka
Betullll.. Setelah baca2 artikel bpk sy coba campur air dgn coolant, jarum suhu mesin gak nyampe stengah yg biasanya naik ke stengah bar kl saat macet/nanjak tinggi..
SukaSuka
wah mantap, terima kasih infonya. iya, mesin jadi lebih dingin 🙂 . Kalau pakai 100% air malah bisa jadi jarum bakal d C terus.
SukaSuka