Matik Honda perawatannya hemat? Beda antara klaim dan realita


Dulu motor Honda dipasarksn sebagai motor yang perawatannya hemat:

btw, 164 mpg = 70km/liter. Disebut hemat karena komponen awet dan sangat bisa diandalkan.

Apa itu masih berlaku sampai sekarang? Jelas tidak, tapi masih ada saja yang koar koar bahwa matik Honda itu biaya perawatannya sangat hemat. Seperti klaim nggak masuk akal berikut:
Punya Honda Vario 125 eSP, Setahun Pemakaian Cuma Keluar Uang Segini Untuk Biaya Perawatan

Itu artinya, Teguh hanya mengeluarkan uang Rp 165 ribu ditambah Rp 22 ribu saja atau total Rp 187 ribu untuk perawatan Honda Vario 125 miliknya selama satu tahun. Hemat dong?

Senada:
Menghitung Biaya Servis All New Honda BeAT di Tahun Pertama

Setelah ditotal, biaya servis Honda BeAT terbaru selama setahun pemakaian sekitar Rp 176 ribu.

Klaim hemat ini ditambah dengan kata kata ala sales berikut ini:

Bukan sekadar omdo alias omong doang loh, tapi ini berdasarkan fakta ketika Honda Vario 125 eSP sudah memasuki usia pemakaian satu tahun.

Jelas bohong tapi masih berani bilang itu fakta. Coba deh simak pernyataan pernyataan bohong berikut:

Servis 4.000 km Baru di periode servis kedua atau menginjak 4.000 km yang setara empat bulan, konsumen diharuskan melakukan pembayaran. “Masih masa gratis jasa servis, tapi ada penggantian oli mesin, pakainya MPX2 harganya Rp 45 ribu,” ujar Ribut saat dihubungi kumparan beberapa waktu lalu.

Servis 8.000 km: Nah baru pada periode ini konsumen harus merogoh kocek sedikit dalam. Paling tidak siapkan dana Rp 86 ribu.

Jelas bohong itu. Kalau mau servis ke AHASS itu, bawa 100 ribu jelas nggak cukup. Ini nggak termasuk bengkel yang sengaja pasang tarif lebih mahal lho ya.
cukup sekali deh service motor di BINTARO J*YA MOTOR (MAHAL)
Bengkel AHASS yang NOT recommended !

Motor penulis Honda Beat itu kalau servis pasti lebih dari 200 ribu. Busi pasti diganti. Yang bikin jengkel itu filter udara juga pasti diganti dan pasti di injector cleaner yang biayanya jelas mahal, bisa 100 ribuan. Padahal di buku manual itu busi di ganti tiap 8 ribu dan filter udara tiap 16 ribu km.

Kalau dilewatkan? Ada saja omongan berikut:

Perhatikan bahwa di buku manual nggak ada keharusan untuk membersihkan saluran bahan bakar. dibilangnya diperiksa. Di kutipan di atas juga SAMA SEKALI nggak disebutkan, padahal itu katanya kepala bengkel. Padahal yang namanya carbon clean itu biasanya jadi yang paling mahal dalam biaya servis, padahal manfaat nggak jelas. Dan mengapa juga konsumen nggak disuruh oplos sendiri. Kan Honda sudah punya carbon clean sendiri? Yang aneh juga penulis pernah beli carbon cleaner Honda di banyak AHASS. Nggak nemu bro. Pada bilang habis semua. Berarti yang dipakai carbon clean jelas bukan produk sendiri. Rasanya bakal pakai carbon clean yang tulisannya cina.

btw, lihat juga tuh. Di buku manual ganti oli itu tiap 4 ribu, tapi disuruh ganti tiap 2 ribu.

Tapi tentu ada yang beruntung. Apa ada pembaca yang biaya servisnya sesuai dengan klaim di atas? Silahkan posting nama bengkelnya agar yang lain bisa jadikan sebagai referensi.

18 respons untuk ‘Matik Honda perawatannya hemat? Beda antara klaim dan realita

  1. Sampe 3 tahun si hemat
    Ga di servis juga ga masalah asal oli rutin
    NCB ane ga kenal yang namanya servis udah 3 tahun, kecuali servis gratis

    Setelah 3 tahun siap2 aja,,
    Cvt, komstir, shock, aki, kampas rem dll

    Suka

  2. Lha iya, orang yang ditanya motornya baru 1 tahun. Jelas hampir ga ada biaya, dulu saya pakai Suzuki servis gratis 5x dan oli gratis 2x, itu tahun pertama cuma isi bensin aja malahan. Karena servis gratis 2-5 per 3 bulan atau 2500km.
    Kalau macam BMW dan Peugeot malah 5 tahun dijamin cuma isi bensin doang, kecuali rusak karena kecelakaan..

    Suka

    • Iya tuh. Kalau Suzuki mengaku biaya perawatan murah itu masih wajar. Karena memang jarang ada biaya aneh aneh seperti di AHASS.

      Hebat juga memang kalau pabrikan mengganti sampai partnya. Kalau di motor sering harus berjuang dulu baru bisa gratis, walau yang kita alami beneran cacat dari pabriknya.

      Suka

  3. Perasaan banyak Scoopy dan Beat yang lampu belakang mati deh di daerah Sidoarjo, Scoopy FI tahun 2017 baru setahun lampu belakang udah gosong, terus saya ganti pake LED deh, awet sampai sekarang. Yang sering jajan justru komstir deh, sekarang ngga pernah ganti di AHASS untuk komstir, soalnya setelannya pada kacau dan mahal pula. Oh ya Scoopy saya ndak pernah servis di AHASS semenjak beli baru, busi ganti Denso Iridium, Koil ganti, CVT standar, bisa dapat 60 km-an (gas sekolahan, berat bawaan termasuk orang 120 kg an dan di jam sibuk). Sil Kruk As juga ganti sekali di km 19.000 an..

    Suka

    • Wah, terima kasih informasinya. Iya, motor Beat di rumah juga pernah mati gosong lampunya. Untuk komstir enggak, tapi skok depan jelas waktunya di servis. Mungkin perlu cek skok depan juga itu kalau harus ganti komstir. Walau memang orang bengkel bilang komstir Honda sekarang kayak jenang saking gampangnya rusak.

      Irit banget itu 🙂

      Suka

      • Awalnya ngga irit juga, dulu si Scoopy ini jarang diperhatikan, cuma ganti oli aja per 1000 km karena pake MPX. Filter udara sampai kotor (ada lengket uap oli), Rumah kopling ganda kotor, roller agak peyang…. kondisi itu cuma mampu sekitar 45 km per liter. Stelah memperbaiki filter udara dan rutin membersihkan CVT serta upgrade Koil dan Kabel Pengapian, tembuslah 60 km per liter (S&K berlaku loh…).

        Suka

    • Motor beat ane kluaran 2015,tp belinya pertengahan 2016, ampe skrg lampu blkngnya masih nyala. Tp bener jg kata agan klo motor matik honda keluaran 2016 k atas lampu belakang nya penyakitnya mati semua, bahkan Genio sekalipun yg baru pas ngeliat di jalan juga mati lampu nya 😐

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.