Sebelumnya penulis sudah menjelaskan mengapa stopper itu bikin mengendarai NMAX bisa sakit pinggang. Cara penulis adalah ganjal stopper. Disini akan penulis jelaskan cara penulis mengganjal stopper. Stopper itu gampang kelihatan kalau di NMAX versi 2020 atau di Aerox:
Yang penulis jelaskan adalah metode kalau untuk NMAX sebelum 2020 yang menurut penulis lebih sulit daripada NMAX 2020 atau Aerox. Bahan utama adalah karet ban dalam:
Potong ujungnya sehingga terpisah:
Jejerkan ujungnya lalu diselotip:
Tujuannya biar lebih mudah memasukkan di sela sela gapnya stopper. Motor harus di sandar tengah dulu biar stoppernya mojok ke atas (untuk NMAX sebelum 2020):
Jadi mudah diasukkan karena pakai selotip yang lebih tipis:
Kita tinggal tarik:
Tapi jangan tarik sampai habis dulu. Sisakan sedikit untuk tambahan karet pelapisnya:
Penulis baru sadar bahwa karet bisa masuk lebih enak bila kita buat ada ada selanya. Yang lebih ideal mungkin bentuk U (penulis salah buat L).
Bagian ujung U dimasukkan dulu:
Selanjutnya bagian pantat kita tarik bersama karetnya:
Berikut ini setelah ditarik dan motor di sandar samping.
Terlihat karet masih kurang kuat menahan gerakan stopper. Tapi saat penulis coba, si karet stopper tersebut tidak gerak gerak saat motor di ayun ayun. Penulis rekam tapi kualitas videonya jelek banget.Bagian atas juga tidak bisa diselipip lagi. Mungkin karena bentuk karet yang cembung:
Berikutnya tinggal dipotong karet yang tersisa itu:
Skok penulis masih tetap pakai orisinil, KYB, bukan merek yang baik:
Tapi sekarang skoknya bisa memendek ketika ditekan tangan satu. Sebelumnya tidak. Lalu dipakai di jalan juga terasa banget sudah tidak bikin sakit pinggang lagi. Tapi seperti penulis jelaskan sebelumnya, skok yang jadi bekerja keras. Karena skoknya jelek, maka feelingnya masih belum maksimal.
Harus ganti skok. Penulis mau coba yang 280 ribu dulu.
Versi presentasi video:
Tentu cara ini bukan cara satu satunya. Mungkin yang lain punya cara lebih baik misal dengan mengganjal pakai kayu, pakai logam, pakai plastik, dst.
Ada juga yang sudah pakai teknik ini semenjak 2016.
btw, nggak nyangka juga punya PCX juga disebut skok bikin sakit pinggang, padahal rasanya nggak ada stoppernya?
Review shock dbs & cek desibel knalpot ahm pcx lokal
Rasanya teknik ini juga nggak bisa diterapkan di PCX.
Motor matic Honda semua ada karet stoppernya. Bentuknya berbeda-beda tergantung model. Honda Beat karbu, Beat FI, Scoopy FI, Vario 110 Fi, Beat eSP, Vario 125 old, pcx k97 stoppernya atas-bawah. Vario 150 LED (K59) stoppernya bawah saja, atasnya nggak ada.
Untuk mencarinya bisa dengan kata kunci : link assy engine hanger
SukaSuka
Wah terima kasih banyak. Iya, itu yang saya cari.
Berikut punya PCX lokal:

Kalau benar skok PCX bikin sakit pinggang. Maka perlu dicoba ganjal stoppernya (2 karet sebelah kiri dibuat lebih tebal).
SukaSuka
[…] Cara mudah mengganjal stopper biar nggak sakit pinggang lagi naik NMAX 27 September 2020 […]
SukaSuka
[…] setelan seperti ini, ditambah dengan teknik gganjal stopper, terasa bahwa NMAX sudah pantas disebut motor touring tulen. Nyaman banget 🙂 […]
SukaSuka
[…] Penulis sebelumnya sudah sharing bahwa ganjal stopper itu bisa membuat suspensi NMAX nggak sakit pinggang lagi. Cara mudah mengganjal stopper biar nggak sakit pinggang lagi naik NMAX […]
SukaSuka
[…] mengatasinya bisa dengan cara diganjal dan dikombinasikan dengan suspensi yang double action. Saat ganjal jangan keseluruhan. Ganjal […]
SukaSuka
saya sudah terlanjur ganti shock xmax buat nmax 2016. karena shock OEM yg bisa di setel empuk kerasnya. agak ragu pakai shock variasi. sering liat yg cepet bocor. dll
SukaSuka
dicoba saja diganjal. Pakai yang non permanen saja. Pasti bisa terasa lebih nyaman, apalagi bila suspensi masih sip.
SukaSuka
Untuk soal bocor, yang ori juga walau sudah ngeslong (sudah sama kayak bocor) tapi tidak ada ciri bocor
SukaSuka