Modif skok, niatnya cari murah padahal masih mahal dan nggak maksimal


Penulis jadi ingin bahas ini lagi karena ada pembaca yang tanya ke pebaca lain soal alamat lebih lengkap dari penjual dalam suspensi belakang (bagian shockbreakernya saja). Penulis ikutan reply karena merasa modif beginian kurang sip. Sebelumnya pernah penulis bahas:
Jangan beli part pengganti dalaman skok belakang, rugi

Dari yang penulis pernah coba mengganti bagian dalam suspensi Honda Beat eSP yang sudah soak memang membuat hambatan kembali muncul sehingga gerakan ayunan suspensi jadi berhenti. Tapi masalahnya suspensi jadi lebih pendek dari sebelumnya. Padahal ground clearance aslinya sudah pendek, setelah dimodif jadi lebih pendek lagi. Makin mudah mentok polisi tidur, bahkan sampai harus diangkat pakai kaki. Selain itu juga karena masih sama sama single action (cuma menghambat saat suspensi memanjang kembali) tapi dengan hambatan yang lebih besar, jadinya kalau dipakai di jalan tidak rata maka dalam beberapa detik suspensi jadi langsung memendek.

Intinya nggak enak sama sekali. Motor jadi nggak layak dipakai. Sangat not recommended.

Lalu penulis pun jadi penasaran, jangan jangan modif (ganti per) suspensi NMAX pun sama saja. Dan penulis pun coba hunting lagi. Dan nemu info juga.

Dari sisi harga, seperti penulis duga, harga per Supra X 125 itu nggak murah. Berikut ini yang jual modifan per supra X khusus untuk dipasang di skok NMAX:

Dari efek menurut penulis juga terlalu kecil, sentakan yang sakit pinggang cuma berkurang 10%?
SHOCK NMAX KERAS? | GANTI DENGAN PER SUPRA X 125

Itu kemungkinan habis 200 ribu, belum ongkos kirim, belum ongkos tukangnya ganti pernya. Tapi berkurang 10% saja???

Padahal itu pernya nggak dipotong. Kok rasanya jauh banget dari modifan sederhana ganjal per (ternyata bukan penulis yang pertama mempraktekkan ini). Kenyamanan itu meningkat tajam. Dari aslinya bikin sakit pinggang kemudian bisa jadi nggak sakit pinggang walau duduk selonjor!

Dan anehnya, sebelumnya penulis juga tidak bisa sama sekali menggoyangkan suspensi pakai satu tangan ketika motor di sandar samping. Setelah dimodif seperti itu jadi bisa!

Saat penulis ayun:
tips: cara mengganjal stopper di NMAX biar nggak sakit pinggang lagi lewat jalan tidak rata

Dibandingkan dengan yang pakai XMAX di NMAX pun nggak jauh beda?
SHOCK TERNYAMAN !! Pasang shock XMAX di NMAX – PLUS cara aturnya

Apa itu saja sudah cukup untuk bikin motor nyaman? Menurut penulis tidak. Modifikasi tersebut malah menunjukkan betapa buruknya skok asli NMAX tersebut, walau mereknya KYB, walau sudah pakai tabung. Cuma menang mahal tapi dari sisi teknologi dan kualitas ketinggalan jaman, maklum buatan Jepang.

Jeleknya skok tabung bawaan NMAX itu adalah:
1. per terlalu keras
2. hambatan suspensi terlalu lemah walau sudah pakai tabung tambahan. Masa ya dibuat boncengan mantulnya skok belakang hingga 4 – 5 kali? Parah. Masa ya sudah mulai soak? Motor belum kepakai 1000 km!!!

Intinya percuma modif skok kalau hanya pernya saja, apalagi untuk NMAX. Untuk NMAX harus digabung dengan modifikasi ganjal stopper atau terserah modif stopper yang lain. Skok asli juga harus dibuang. Perlakuan yang sama semestinya juga dilakukan untuk PCX atau ADV atau Aerox juga.

Nggak cuma per mereka saja yang jelas salah pilih, dalamannya, bagian shockbreakernya juga sudah ketinggalan jaman walau suspensi tersebut harganya mahal.

Skok YSS yang paling murah pun lebih baik. Sayang sales Indonesianya ikutan nyeleneh dengan memutuskan orang Indonesia lebih suka per yang terlalu keras. Gila. Skok yang pernya keras nggak bakalan bisa dibuat empuk kecuali ganti per.

Ada juga yang per sudah empuk tapi salah setel setelan untuk kompresi dan rebound. Sebagai hasilnya, skok terasa keras juga. Dan akhirnya buang buang uang ke bengkel skok yang hasil akhirnya per tetap dipertahankan (karena per nya nggak ada masalah) dan hambatan skok sudah dibuat lemah, dengan efek samping skok jadi lebih pendek (rugi banget). Padahal sebenarnya nggak akan terjadi seperti ini bila dari awal pakai setelan semua mulai dari 0 dan tidak asal menuruti anjuran di youtube.

Masalah lain adalah yang disebut nyaman oleh tukang skok itu beda beda. Ada yang menganggap yang perlu diatasi adalah njeduk yang sebenarnya bermula dari per yang terlalu empuk. Tapi sama si tukangnya diberi tambahan per di dalamnya yang hasilnya skok jadi makin pendek. Padahal sebenarnya solusinya cukup dengan menambah preload.

Ada yang bikin rebound jauh lebih besar dari kompresi. Yang tentu hasilnya lewat polisi tidur lebih enak tapi lewat jalan nggak rata bakal tersiksa.

Memang sih kalau bisa nemu tukang skok yang bagus, pasti akan puas. Tapi tentunya lebih sulit cari tukang skok yang enak.

Satu respons untuk “Modif skok, niatnya cari murah padahal masih mahal dan nggak maksimal

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.