Fastron Techno 15W50 di Suzuki Nex II bisa 9 ribu km, tapi cocoknya 10W40?


Akhirnya penulis berkesempatan untuk mengendarai motor Suzuki Nex II lagi. Di motor ini penulis pakai fastron techno 10W40, atau yang lebih dikenal sebagai PFT hijau:

Sebelumnya motor pakai oli Fastron Techno 15W50 yang sukses berhasil membuat motor suaranya halus bahkan hingga hampir 9 ribu km: Baca lebih lanjut

Honda NB-X, malah kayak buatan Yamaha


Bersamaan dengan diluncurkannya Honda NX125, Wuyang Honda juga meluncurkan Honda NB-X. Lihat modelnya penulis malah kepikiran ini motor buatan Yamaha. Karena bagian depan malah bikin teringat R15:
年輕即是正義:五羊-本田發布七千塊NB-X和九千塊NX125

Kesan entry level bisa dilihat pada Baca lebih lanjut

Honda NX125, ibarat Vario ban kerdil tapi lebih canggih


Akhirnya jelas sudah motor apa yang disebut Honda sebagai motor matik X, Wuyang Honda NX125. Ternyata memang dibuat mirip Vario walau lebih modis juga:
Honda NX125 2021 Resmi Dirilis, Vario Versi Tiongkok!

Memang ada nggak proporsionalnya, apalagi kalau dilihat dari belakang: Baca lebih lanjut

Melambat untuk mendompleng dihukum makin berat di Moto3, kok di MotoGP bebas?


Jadi ternyata di kelas Moto3 itu melambat dianggap membahayakan:
Biar kapok ! . . Hukuman Melambat di Trek buat Moto3 diperberat

Sudah beberapa Kali MotoGP Stewards panel menerima banyak banget masukan soal terlalu ringannya Hukuman kepada pembalap kelas Moto3 yang selama ini kedapatan melambat di Trek sirkuit Yang biasannya digunakan untuk strategi slipstreaming, menunggu pembelap kuat hadir lalu mulai mengekor cari angin di belakangnya. Padahal Kalau dilihat dari jenis Pelanggarannya memang memiliki potensi bahaya.

Padahal di kelas yang jauh lebih kencang, kelas MotoGP, malah dibiarkan saja. Berikut contoh perilaku rider yang jalan lambat untuk cari domplengan, menengok kebelakang menunggu yang mau didomplengi
Crash bikin niat tulus Marquez mendompleng Quartararo terekam jelas, walau beliaunya membantah

Sabar menunggu yang kencang:

Cuek jalan pelan walau yang lain kencang:

Mengapa sampai sekarang nggak ada peraturan yang sama di kelas MotoGP ya?

Aneh. Dan aneh juga mengapa Baca lebih lanjut

Bikin motor kencang siang hari itu kuncinya coolant dan oli mesin


Tidak menyangka bahwa ternyata banyak yang motornya (injeksi) malah lebih lambat pada saat siang hari. Sementara itu penulis justru merasakan bahwa motor penulis itu lebih tidak bertenaga di malam hari di rpm tinggi. Di rpm rendah sekali sih terasa seakan lebih mantap, tapi kalau di gas agak tinggi sedikit baru terasa kurang tenaganya. Ini penulis rasakan di Ayla, Nex II, Beat eSP, dan terakhir di NMAX:

Akselerasi bisa beda 3 detik itu menurut penulis sangat signifikan. Silahkan bila ingin coba di motornya sendiri. Kalau motor manual, mending bandingkan pakai satu gigi, misalnya gigi 3 atau 4 saja.

Dari banyak keluhan bahwa tarikan siang hari tidak sip, rata rata menyebutkan bahwa Baca lebih lanjut

Motor karbu lebih kencang malam hari itu tidak sesuai dengan hukum fisika? Puyeng banget soal air density


Jadi ceritanya penulis itu curiga bahwa performa motor injeksi itu lebih hebat pada siang hari daripada malam hari karena akselerasi 0-100 km/jam Yamaha NMAX penulis agak kalah dengan yang diposting yang lain.
review: Adu akselerasi 0-100 kph NMAX dengan yang lain secara virtual, kecewa?

Penulis pun kemudian menguji coba sendiri, membandingkan performa motor penulis saat malam hari dengan siang hari. Diuji lagi karena bensin sudah beda, yang sekarang sudah dicampuri premium, nggak seperti sebelumnya, 100% pertamax. Dan ternyata memang beneran beda, jauh. habis magrib catatan waktunya 20 detik, sudah agak siangan 16,7 detik: Baca lebih lanjut

Lho, mesin Ducati Multistrada V4 nggak lagi pakai desmodromic? hanya demi servis


Ducati barusan meluncurkan mesin V4 yang akan dipakai di Ducati Multistrada.
Ducati V4 Granturismo engine – death of the desmo?

Yang mengejutkan adalah motor ini tidak lagi pakai teknologi desmodromic, yang sudah menjadi ciri motor kencangnya Ducati: Baca lebih lanjut