Review DBS 744 di Yamaha NMAX, disetel keras pun tetap terasa nyaman, empuk itu opsinal


Akhirnya penulis jadi beli suspensi DBS. Kebetulan pilih yang model 744:

Awalnya ingin beli yang tipe 766:
Shockbreaker Non Tabung DBS 766 340mm Yamaha NMAX XMAX PCX ADV

Namun karena pilihan warna tidak ada, istri minta beli yang 744 saja.

Cukup dilema juga karena yang tipe 744 ada review pembeli seperti berikut:
Shockbreaker DBS 744 CNC Series 340mm Yamaha NMAX XMAX PCX ADV

Ronald: Shockbreakernya kalo bawa sendiri sih lumayanlah tp pas berdua yg boncengan bisa muntah2 karna bletak bletok Mentok… Cukup saya aja yg ngerasain anda jangan yah. (Kapok.com)

Namun jadi tetap memutuskan beli karena penulis pernah punya DBS yang bisa dibuat keras bila mau:

Penulis curiga itu orangnya salah nyetel. Karena ternyata di DBS 744 itu ada dua setelan. Yang satu di atas:

Yang satu di bawah:

Yang atas itu adalah setelan preload, yang membuat per bisa keras atau empuk. Yang bawah cuma aksesori. Walau bisa bunyi klik klik.

Dari tampilan lebih mirip yang tanpa tabung:

Jadi impressinya bagaimana?

Unboxing:

Review di jalan:

Empuk. Tapi sayang saat disetel empuk, dibuat boncengan jadi mentok. Mentoknya bukan saat di jalan tidak rata, tapi setelah ban lewat polisi tidur. Oleh karena itu penulis pakai setelan keras.

Dan ternyata, walau pakai setelan keras, ditandai dengan pada saat disandar samping jadi sulit digoyang, suspensi ini lebih nyaman daripada aslinya. Perbedaan kenyamanan makin terasa ketika dipakai cukup kencang, di atas 60 km/jam.

Jadi ternyata memang benar dugaan penulis bahwa skok DBS itu sudah menggunakan cara modern yaitu menggunakan desain double action walau untuk suspensi motor matik. Ini yang bikin suspensi sulit digoyang pada saat sandar samping. Suspensi baru terlihat empuknya ketika dibebani secara statis. Jadi kalau digoyang sulit, tapi kalau dibebani mendelep / ambles.

Dan ini tercermin pula ketika motor dikendarai. Jadi walau ada kesan keras, terutama saat dipakai pelan. Pada saat dipakai kencang terasa jauh bedanya dengan punya NMAX. Kestabilan jauh meningkat dan ketika menerjang tambalan aspal tidak banyak kejutan yang terjadi.

Pada saat boncengan, empuknya juga terasa. Goyangan motor tidak sampai berkepanjangan seperti ketika masih pakai skok orisinilnya. Jelas beda karakternya. Skok aslinya (KYB) single action, sementara yang DBS double action.

Jadi benar dugaan penulis bahwa skok akan lebih nyaman bila double action.

Jadi penulis nggak paham juga mengapa ada tukang skok yang memilih untuk membuat suspensi yang sudah double action menjadi single action, seperti yang dilakukan berikut ini:

Skok YSS DTG itu padahal menurut penulis punya desain shockbreaker yang paling sip di antara skok yang lain. Kalau keras, maka cuma perlu ganti per saja. Tapi malah dibuat single action.

Padahal YSS seperti itu menurut penulis paling top empuknya.

Penulis lebih setuju metode seperti berikut, suspensi Jepang single action dikonversi menjadi double action:

 

Intinya suspensi DBS itu tidak terlalu empuk untuk NMAX. Bisa dibuat keras. Dan disetel keras pun tetap lebih nyaman dari aslinya ūüôā

Tapi, jadi merasakan hal yang sama ketika pasang YSS DTG di Honda Beat, sekarang suspensi depan yang terasa keras. Sepertinya kurang redaman?

9 respons untuk ‚ÄėReview DBS 744 di Yamaha NMAX, disetel keras pun tetap terasa nyaman, empuk itu opsinal‚Äô

  1. Kalo untuk yamaha lexy apa pak skok yang double action? soalnya kalo standarnya dibawa nikung agak kencang ndak stabil.

    sekalian mau tanya dbs produk darimana ya?

    Suka

  2. Selamat malam pak, semoga sehat selalu. Motor sekarang memang semakin jarang mengutamakan kenyamanan dibanding jaman dahulu. Apakah bapak pernah mencoba membandingkan antara motor untuk dalam negeri dengan motor yang diekspor? Atau membandingkan antara motor jepun dengan motor buatan brand eropa?

    Terima kasih, kami tunggu infonya

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.