Sudah terbukti, NMAX memang butuh diganjal stoppernya dan pakai suspensi double action kalau mau sangat nyaman


Kemarin penulis coba setelan suspensi baru untuk NMAX, DBS 744 dengan setelan agak keras. Hari ini pakai setelan yang lebih empuk. Nggak terlalu empuk karena terbukti bahwa jarak main suspensi masih ada sisa 1/3, terlihat dari stopper yang sebelumnya sudah penulis naikkan, jadi turun 2/3nya:

Dengan setelan seperti ini, ditambah dengan teknik ganjal stopper, terasa bahwa NMAX sudah pantas disebut motor touring tulen. Nyaman banget ūüôā .

Ok, memang harus penulis akui bahwa masih belum senyaman Suzuki Nex II yang sekarang pakai DBS copy Ohlins. Juga jelas masih belum senyaman YSS DTG di Honda beat / Suzuki Spin. Tapi sekarang sudah jauuuh lebih nyaman daripada suspensi aslinya.

Motor tidak lagi over reaktif ketika melewati jalan paving. Tidak lagi bereaksi banyak ketika melewati bagian jalan yang tidak rata. Bagian belakang menjadi lebih stabil. Tidak lagi terhambat ketika melewati bagian jalan yang bergelombang. Dan tentu sudah nggak bikin sakit pinggang lagi.

Dengan setelan yang membuat jarak main terpakai cuma 2/3, suspensi belakang menjadi lebih imbang dengan suspensi depan. Dan ini membuat berkendara menjadi lebih enak. Jelas lebih stabil. Terutama di kecepatan tinggi.

Terbukti bahwa lebih empuk lebih nggak stabil itu mitos palsu yang disebar sales skok Jepang yang memang sampai sekarang pakai teknologi ketinggalan jaman.

Sungguh disayangkan ketika pabrikan memaksa konsumen untuk mengeluarkan uang lebih untuk suspensi merek Jepang yang justru membuat motor menjadi lebih tidak nyaman. Setelan preload pun nggak ada. Parah. Sama parahnya dengan merekomendasikan oli merek Jepang yang jelas terlalu jelek untuk dipergunakan sesuai rekomendasi masa penghantian oli.

Konsumen sendiri memilih untuk beli suspensi lebih mahal. Padahal mahal belum tentu lebih nyaman. Murah pun bisa nyaman.

Mahal bila tipe suspensinya tipe single action, seperti yang dianut oleh pabrik suspensi merek Jepang, maka tetap nggak akan maksimal. Akan tetap muncul komentar, lebih nyaman tapi nggak beda jauh dengan bawaan. Karena memang teknologi sama sama kunonya. Sama juga ketika modif per atau ganti suspensi dengan suspensi motor dari pabrik yang juga sama sama pakai skok merek Jepang. Mungkin lebih nyaman, tapi jadi muncul komentar lebih nyaman cuma 10%, dst.

Solusi yang pas sebenarnya adalah dengan ganti suspensi double action. Nggak perlu yang pakai tabung tambahan. Karena bukan tabung tambahan yang bikin suspensi nyaman. Toh terbukti banyak yang bilang skok asli NMAX itu tidak nyaman padahal ada tabung tambahannya, seperti juga pada Honda ADV.

Dan terbukti bahwa menggunakan suspensi double action, dengan per yang bisa disesuaikan kebutuhan, ditambah dengan mematikan fungsi stopper, bisa membuat motor NMAX jauh lebih nyaman dan manusiawi. Mantap sekali ketika dipakai kencang. Dipakai pelan pun tidak gonjang ganjing.

2 respons untuk ‚ÄėSudah terbukti, NMAX memang butuh diganjal stoppernya dan pakai suspensi double action kalau mau sangat nyaman‚Äô

  1. akhirnya riset jitu justru ditemukan oleh pihak independen.. atau memang pabrikan sengaja mengkondisikan demikian supaya ga perlu bayar mahal para insinyur buat riset? who knows..

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.