Limiter Alex Marquez dilepas di #AragonGP, Yamaha lumpuh


Secara mengejutkan, Alex Marquez bisa podium lagi.

Dan Yamaha kali ini lumpuh. Kemampuan Yamaha yang disebut unggul di tikungan, kali ini dihajar oleh Suzuki, Honda dan Ducati. Bahkan Quartararo pun hanya bisa finish di urutan ke-18. Walau Vinales masih bisa menjaga kehormatan Yamaha dengan finish urutan keempat.

Ducati juga tidak bisa kencang dan akhirnya tidak bisa mengambil posisi di depan.

Suzuki sangat unggul di balapan ini dari mulai awal awal sehingga Rins dan Mir bisa finish urutan pertama dan ketiga.

Honda di balapan ini sangat kencang. Bahkan Crutchlow bisa finish di urutan ke-8. Nakagami juga bisa finish urutan ke-5. Yang jadi sorotan tentu si Alex Marquez yang bisa finish urutan kedua dan menjadi sebuah kejutan.

Akhirnya motor si Alex dilepas juga limiternya. Penulis sebelumnya merasa aneh bahwa ketika motor Marc di balapan terakhirnya jelas jelas bisa meninggalkan lawannya dengan mudah setelah keluar tikungan, mengapa Alex tidak? Akhirnya di balapan ini, kita juga bisa melihat hal yang sama.

Alex tidak begitu bagus di banyak tikungan tapi bisa kencang di satu tikungan, mungkin karena sudah kenal betul dengan sirkuit ini. Alex juga kurang bisa mengekor pembalap lain dengan baik. Terbukti ia beberapa kali tercecer ketika lawan mulai akselerasi dan ia belum. Beda jauh dari misalnya ketika Dovi, Nakagami, Miller, Morbidelli, Mir atau Rins menempel lawan di depan.

Namun dengan dibukanya limiter membuat ia bisa mengulang sedikit yang dilakukan oleh Marc, yaitu meninggalkan lawan ketika sudah keluar dari tikungan. Ia bisa dengan mudah meninggalkan motor Nakagami yang sama sama Honda. Dengan mudah meninggalkan motor Dovizioso. Dengan mudah meninggalkan motor Jack Miller. Dengan mudah meninggalkan motor Vinales. Sayangnya momen saat Alex meninggalkan lawan tidak pernah diperlihatkan, yang diperlihatkan hanya ketika Alex sudah mendekati lawan di depan. Cuma dilihatkan ia kadang masih ragu ragu dalam menempel lawan di depan. Padahal penulis penasaran banget dengan apa yang terjadi sehingga Alex bisa meninggalkan lawannya. Tapi yang dilihatkan malah keragu raguan Alex saat mencoba mendekati lawan di depan.

Kehebatan lain motor Honda Alex di balapan ini adalah grip depan yang rupanya sudah meningkat pesat. Alex bahkan dengan mudah bisa menyalip motor Suzuki Joan Mir di tikungan. Disebutkan presenter bahwa ini karena pemilihan ban depan. Perlu diingat juga bahwa sebelumnya Cal Crutchlow menyebutkan bahwa Honda pakai suspensi baru dari ohlins:
Crutchlow: Suspension update “not miracle cure” for Honda

Mungkin update itu dengan ajaib bisa menyelesaikan masalah Honda yang sebelumnya kesulitan karena grip ban belakang yang lebih besar dan membuat Marc harus mengeluh motor jadi understeer. Atau bisa jadi karena ‘keajaiban’ lainnya.

KTM kali ini tidak kencang. Entah mengapa.

9 respons untuk ‘Limiter Alex Marquez dilepas di #AragonGP, Yamaha lumpuh

  1. dan anehnya kenapa pengguna ban medium depan lain pada memble, cuma motor #73 yg bisa perform, bahkan hebatnya start dari urutan belasan bisa konsisten kencang dari awal sampai finish, sementara yg 3 besar malah memble ditengah balapan. Pakah pembalapnya jelek? motornya jelek? atau gak dapet “ban bagus”?:D

    Suka

  2. Harusnya itu MotoGP menerapkan penyunatan rpm seperti WSBK, ternyata malah diberi kelonggaran pada tim tertentu 😅😅

    Suka

  3. Fabio : “ Aku mengalami masalah teknis, ada yang aneh pada motor sehingga membuatku tidak bisa kencang. Sepertinya dari tekanan ban…..rasanya aneh, ini di luar kendali. Kita sedang selidiki kenapa ini bisa terjadi. Aku yakin kami memiliki kecepatan untuk finis di 5 besar, tetapi dengan masalah kemarin tidak mungkin kami melakukannya….” serunya via speedweek. Btw kenapa saat start dan selama 3 lap doi bisa kencang tapi langsung berubah setelah masuk lap 4??

    Apa yang terjadi di ban Fabio???

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.