Dilema pilih pertamax tapi fuel dilution, premium tapi motor jadi cepat boros walau akselerasi nggak turun


Jadi penulis di beberapa hari terakhir ini sudah mulai mengisi premium di motor NMAX. Nggak banyak sih karena dua hari cuma 10 ribu. Nggak beda jauh dari saat masih bawa Spin atau Beat eSP.

Alasan mulai pakai premium adalah karena beberapa pembaca ada yang menyarankan untuk pakai pertalite ketika tahu bahwa motor penulis mengalami fuel dilution, bahan bakar merembes ke ruang oli mesin, ditandai dengan oli yang jadi makin hijau. Tapi kan tahu sendiri penulis itu anti pertalite. Karena selain tenaganya paling lemah, penulis merasa pertalite itu lebih bikin kotor mesin. Dasarnya dari penuturan pembaca yang buka bengkel. Kasus busi hitam jadi makin banyak.

Hijau kebetulan sama dengan coolant. Tapi penulis merasa itu bukan coolant karena coolant ada airnya. Kalau kena coolant pasti warnanya ada putihnya. Juga waktu di drop test, nggak ada ring sewarna dengan coolant.

tapi dropnya nyebar. Nyebar itu pertanda fuel dilution juga.
Prosedur uji drop test oli mesin yang benar akan bisa dipakai untuk menguji selain oksidasi juga fuel dilution, kerak, dan bocoran air atau coolant

Oleh karena itu penulis pakai premium.

Yang membuat penulis ragu adalah premium itu terkenal sebagai bensin dengan timbal. Pertamax itu disebut sebagai bensin tanpa timbal. Sebenarnya kalau disimak spesifikasi terlihat nggak ada bedanya:

Cuma penulis cukup khawatir juga. Timbal itu membuat sensor oksigen cepat rusak. Kalau sensor oksigen rusak, maka motor jadi boros. Dan harga sensor oksigen ini cukup mahal.

Tapi di sisi lain, pengalaman penulis di Suzuki Spin membuat penulis ingin pakai premium. Karena pakai premium di Spin itu lebih enak daripada pakai pertamax. Penulis berpikir di NMAX pun sama. Apalagi karena penulis pakai pro capacitor lebih banyak.

Untuk sementara sih kelihatannya performa mesin tidak berkurang. Baik dari akselerasi, maupun dari sisi iritnya:

Tidak ada gejala pengapian tidak menyala. Tidak ada pengurangan tenaga di rpm tinggi.

Menurut penulis rasanya pakai premium masih cukup aman di NMAX. Entah untuk yang nggak pakai pro capacitor ya. Tapi ada kok yang pakai premium di NMAX.

2 respons untuk ‘Dilema pilih pertamax tapi fuel dilution, premium tapi motor jadi cepat boros walau akselerasi nggak turun

  1. O² sensor bisa dilepas dan dibersihkan pake pembersih semacam vixal pembersih porselen, digosok disikati gitu kotorannya, pernah baca dulu dari artikel apa gitu.

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.