Tombol boost di paten motor hybrid Kawasaki itu tidak ada gunanya?


Cukup unik juga karena Kawasaki memutuskan untuk mengeluarkan motor hybrid juga:
Motor hybrid Kawasaki: Dengan tombol boost!

Kalau dari penjelasan, motor tersebut tidak dilengkapi dengan sistem transmisi. Diperkirakan sistem penggerak utama adalah yang pakai listrik. Sementara mesin bensin dipakai untuk mengisi baterai. Ini artinya sistemnya beda dari Honda PCX Hybrid, dimana penggerak utama adalah yang pakai bensin, sementara penggerak listrik dipakai sebagai penambah tenaga saja. Hal ini membuat tenaga di rpm awal jadi lebih besar. Ingat bahwa penggerak listrik itu biasanya torsinya muncul di putaran mesin rendah:

Seperti motor listrik pada umumnya, di motor Kawasaki Hybrid ini dilengkapi dengan riding mode. Tentu beda dari PCX yang riding modenya mengatur kapan penggerak listrik bekerja, riding mode di motor listrik fungsinya mengatur daya listrik yang disalurkan ke penggerak listrik.

Yang unik pada paten tersebut adalah keberadaan tombol boost (nomor 36). Cara pengoperasian cukup unik, seperti klakson. Digas sambil tekan tombol itu. Dengan menekan tombol boost maka tenaga akan bisa bertambah.

Cuma masalahnya penambahan tenaga cuma beberapa detik saja. Seperti kita ketahui masyarakat tidak begitu antusias dengan kehadiran motor Honda PCX Hybrid. Terakhir kabarnya motor di diskon besar besaran sampai akhir tahun ini sehingga harganya mendekati harga Honda PCX normal. Penambahan tenaga di awal awal rupanya dianggap tidak worth it oleh masyarakat, padahal masyarakat Indonesia ini termasuk yang gila Honda dan gila fitur. Tapi tetap saja tidak tertarik.

Jadi rasanya fitur boost ini tidak akan bakal menarik perhatian juga.

Boost button sendiri cukup banyak dijumpai di kendaraan listrik. Ada juga yang menyertakannya sebagai salah satu mode, seperti misalnya di Gogoro. Yang tentunya akan bisa berfungsi tidak hanya dalam hitungan detik.

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.