Bikin motor kencang siang hari itu kuncinya coolant dan oli mesin


Tidak menyangka bahwa ternyata banyak yang motornya (injeksi) malah lebih lambat pada saat siang hari. Sementara itu penulis justru merasakan bahwa motor penulis itu lebih tidak bertenaga di malam hari di rpm tinggi. Di rpm rendah sekali sih terasa seakan lebih mantap, tapi kalau di gas agak tinggi sedikit baru terasa kurang tenaganya. Ini penulis rasakan di Ayla, Nex II, Beat eSP, dan terakhir di NMAX:

Akselerasi bisa beda 3 detik itu menurut penulis sangat signifikan. Silahkan bila ingin coba di motornya sendiri. Kalau motor manual, mending bandingkan pakai satu gigi, misalnya gigi 3 atau 4 saja.

Dari banyak keluhan bahwa tarikan siang hari tidak sip, rata rata menyebutkan bahwa pada saat siang hari itu suara mesin kasar, panas, kadang overheat dan terasa lemah.

Apa karena hambatan udara? Kalau dari teori sih malam hari itu udaranya lebih padat, hambatan udara lebih besar:
Motor karbu lebih kencang malam hari itu tidak sesuai dengan hukum fisika? Puyeng banget soal air density

Menurut penulis yang jadi masalah adalah coolant dan oli mesin.

Untuk soal coolant, sebelumnya penulis sudah bahas bagaimana ethylene glycol itu daya penghantar panasnya lebih buruk dari air:
Pilihan merek radiator coolant dengan rasio glycol lebih sedikit lebih cocok untuk cuaca panas Indonesia akan bisa menambah tenaga mesin juga mengurangi knocking

Selain itu penulis juga punya pengalaman pribadi di mobil Ayla. Saat pertama pakai mobil Ayla, penulis rasakan tenaga pada saat siang hari itu sangat tidak enak. Sangat lemah kalau dibanding dengan malam hari. Penulis sempat bingung sebelum kemudian memutuskan menambah air di coolant. Sehingga konsentrat coolant otomatis berkurang.

Hanya dengan itu saja, penulis jadi merasakan peningkatan performa yang cukup besar. Tenaga pada saat siang hari jadi meningkat tajam. Malah lebih sip daripada malam hari. Cuma tetap mobil lebih irit kalau malam hari hujan hujan.

Ada satu kelemahannya, angin dari radiator sangat amat panas sekali jadinya. Mungkin selanjutnya perlu menerapkan teknik cool air intake, pakai saluran untuk mengalirkan langsung udara dari depan ke intake.

Hal ini mudah dilakukan. Tapi tentu silahkan juga bila ingin beli produk jadi. Bisa dilihat di link di atas. Untuk air, ada yang merekomdasikan air reverse osmosis atau yang tanpa mineral. Seperti contohnya cleo atau amidis. Bisa juga beli air suling di apotik.

Mengapa kok tambah air?

Karena kita ini hidupnya di Indonesia tapi kok coolant sama pabrikan diberi yang 50/50. Di barat itu banyak rekomendasi 50/50 itu karena kalau airnya lebih banyak lagi, takut jadi beku saat musim salju. Jadi kecuali parkirnya di puncak Dieng, Malang, atau puncak Jayapura, rasanya kita nggak perlu pakai yang 50/50. Dan peningkatan performa mobil Ayla penulis menunjukkan bahwa coolant 50/50 itu kebangetan kentalnya.

Lagipula rusaknya radiator motor itu seringnya karena sealnya rusak. Bukan karena yang lain. Seal rusak bisa jadi karena overheat.

 

Selanjutnya adalah oli. Lihat saja rekomendasi untuk NMAX luar negeri. Kekentalan 10W40 maksimalnya 40°C:

Kalau rekomendasinya Honda sih nyebar banget. Satu kekentalan bisa untuk semua, entah beneran atau bercanda.

Kalau kita melihat rekomendasi kekentalan oli berdasar pada suhu lingkungan, jadi wajar bila oli yang 10W30 atau 10W40 itu jadi bikin suara mesin kasar pada saat siang hari. Karena tahu sendiri suhu di bawah sinar matahari siang siang itu bisa mencapai 50 derajat celcius. Itu sudah di atas rekomendasi.

Pakai oli 10W30 mungkin layak

Tentu yang penulis maksud 10W30 disini adalah yang harganya nggak lebih mahal dari oli 15W50 ya. Karena ada juga yang 10W30nya beneran kemampuannya bisa setara dengan 10W40. Sayangnya oli rekomendasi pabrikan tidak termasuk. Bahkan malah lebih parah karena walau mungkin aditifnya cukup, bahan olinya kualitas rendah.

Intinya sih, kalau coolant dan oli mesin yang dipergunakan sudah tepat, maka siang hari yang punya motor injeksi nggak akan mengeluh suara mesin kasar, sering overheat, tenaga melempem dibanding ketika motor habis dicuci atau dipakai malam hari.

Tapi beneran, ada lho olinya yang saking jeleknya, dipakai malam hari pun suara mesinnya tetap kasar.

Mungkin itu alasannya sekarang itu orang jadi merasa bahwa suara kasar itu normal.

10 respons untuk ‘Bikin motor kencang siang hari itu kuncinya coolant dan oli mesin

  1. Itu semua cuma sugesti,kuncinya ada di diri kita,kadang males kadang semangat

    Saya pernah berkendara siang hari terasa lebih kencang & terasa lebih berat

    Saya juga pernah berkendara malam hari terasa lebih kencang & terasa lebih berat

    Suka

  2. kalo cairan radiator pake 100% air gimana Om? apakah berdampak buruk? mengingat di road race regulasinya semua pembalap harus menggunakan air saja untuk coolant radiator, tidak boleh pakai coolant ber merek karena bisa licin kalo bocor di trek.

    dan katanya yg bagus itu air suling ya buat radiator?

    Suka

    • Kalau untuk balap justru lebih bagus pakai air 100%. Saya dulu pakai mobil karbu juga ok ok saja pakai air 100%. Dan itupun kadang air sumur 🙂 . Dan biasanya justru muncul masalahnya ketika dari murni air terus pakai coolant.

      Entah sejak kapan tiba tiba jadi musim pakai coolant. Padahal dulu katanya mobil impor saja yang harus pakai coolant. Sekarang merata.

      Suka

      • kan yg dikhawatirkan kalo di isi air 100% itu bikin karatan daleman radiator Om kalo bukan air suling, dan setau ane bahasa lain air suling adalah “Demineral Water”, produk air kemasan botolan yang ada tulisannya “air demineral” adalah merk CLEO, apakah ini artinya air CLEO kemasan itu bisa buat pengganti air radiator? soalnya air merek lain macam Aqua atau Ades gitu pasti tulisannya “Air Mineral”.

        dan apa alasannya kalo buat balap malah bagus 100% air? bukannya air titik didihnya “rendah” cuma 100 derajat celcius.

        Suka

        • Karat biasanya terjadi karena ada beda voltase akibat penggunaan bahan logam berbeda. Beda voltase akan menyebabkan elektrolisis. Air makin netral dan makin sedikit partikelnya akan mengurangi efek ini.

          Sementara itu mineral akan jadi sumber kerak. Iya, pakai cleo bisa. Dan memang ada yang bilang bahwa cleo tidak meninggalkan kerak.

          Untuk balapan lebih bagus 100% air karena kemampuan pendinginan air lebih bagus daripada antifreeze / konsentrat coolant:

          Suka

        • Kalo pake coolant dan bocor, bikin licin track dan gak ketahuan (kalo oli bocor kan ketahuan ada asapnya)

          Yang murni 99,99% air ya aqua destilat yang buat nambah air aki
          Kalo air RO dan CLEO memang demineral, tapi kemurnian nya gak sampe segitu

          Biar gak berkarat bisa ditambahkan anti karat, biasanya dari magnesium/tembaga

          Suka

  3. kalau ada yg bilang air buat tambahan aki adalah hampir 100% murni air, ya monggo coba diminum sana sebagai pengganti ponari swet diwaktu berkeringat, ngoahahaha . . . 😀

    #orausahmelu2
    #nodebat
    #abaikansaja

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.