Fastron Techno 15W50 di Suzuki Nex II bisa 9 ribu km, tapi cocoknya 10W40?


Akhirnya penulis berkesempatan untuk mengendarai motor Suzuki Nex II lagi. Di motor ini penulis pakai fastron techno 10W40, atau yang lebih dikenal sebagai PFT hijau:

Sebelumnya motor pakai oli Fastron Techno 15W50 yang sukses berhasil membuat motor suaranya halus bahkan hingga hampir 9 ribu km:

Penulis sengaja pilih ganti dengan yang 10W40 karena di Suzuki Nex II ini, oli 15W50 terasa tarikan berubah drastis (menjadi lebih berat). Efek beda dengan ketika merubah olinya Honda Beat eSP dari 10W40 (Valvoline) menjadi 15W50. Di Beat itu pakai 15W50 itu masih terasa ringan.

Dan ternyata memang benar dugaan penulis. Walau sudah pakai oli yang lebih encer, suara mesin Suzuki Nex II bisa tetap halus walau sudah dipakai kencang atau macet. Tentu tahu sendiri bahwa patokan penulis selalu menyertakan suara halusnya mesin.

Dan ini membuat penulis jadi berpikir bahwa dibanding dengan feeling yang dirasakan di Suzuki Nex II, maka oli 15W50 di NMAX jadi terasa agak terlalu encer. Tapi bisa jadi 15W50 di NMAX terasa encer karena masih ada sampahnya Yamalube lama di motor dan ada fuel dilution juga di NMAX.

Versi vlog:

Sekarang yang masih kepikiran adalah olinya NMAX. Mungkin perlu coba oli single grade macam Mesran 40. atau perlu coba oli 15W60 ya (entah apa ada yang murah)?

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.