ZX-10R/RR baru, “fotogenik” dengan fitur yang akhirnya sesuai perkembangan jaman


Akhirnya jelas sudah bagaimana tampilan utuh dari motor Kawasaki ZX-10R yang baru. Tampilannya “fotogenik”. Pakai tanda kutip karena bisa kelihatan bagus:

Bisa juga kelihatan jelek:

Dan tentu tampilan keduanya jauh berbeda dari versi karbon berikut yang jelas sekali sangar:

Dari bentuk dasarnya sih ok. Cuma pemilihan warna yang kurang ok. Dan tentu banyak yang sekarang jadi berpikir mengapa ZX-25R tidak seperti ini???

Apalagi dengan winglet terintegrasi yang disebut meningkatkan downforce sebesar 17%, tepi hebatnya hambatan udara bisa berkurang 7%:

Wingletnya benar benar nggak kelihatan:

Beda sama kompetitor yang sekarang ini masih berjuang untuk bisa unggul di WSBK:

Lampu sudah lebih modern:

Cuma sayangnya yang belakang masih dibuat model bentol bentol:

Padahal sekarang sudah nggak jamannya lagi lampu seperti itu.

Akhirnya ZX-10R sudah dilengkapi dengan speedometer yang full TFT:

Bisa ganti warnanya juga:

Tapi sayangnya ngapain kunci kontak ditaruh menghalangi speedometer begitu?

Mentang mentang yang di W800 di tengah juga?
TEST RIDE: 2019 KAWASAKI W800 CAFE

Sayang banget, padahal rider nggak butuh kuncinya ditaruh tengah tengah begitu. Apalagi kalau ridernya biasa juga menyangkutkan kunci rumah:

Tapi teknologi yang disematkan tentu sudah tidak perlu diragukan lagi, lha wong yang di ZX-25R saja dipuji. Malah sekarang ada cruise control segala, kayak motor touring:

Traction control juga jelas kelas nomor 1. Kalau tidak begitu, motor yang tenaganya berlebihan macam Ducati tentunya nggak akan mengalami kesulitan. Begitu pula kemampuan menikung. Kemampuan menikung tentunya dari resep yang pas, nggak cuma sekedar menempelkan merek ini dan itu terus langsung kencang di tikungan. Karena terasa aneh juga suspensi ZX-10R pakai yang “lite”. Lite itu biasanya jadi sebutan versi downgrade:

Jangan lupa di MotoGP (dan WSBK) ada motor yang sudah pakai Ohlins dan swing arm aluminium tapi masih dikeluhkan sulit belok.

Sekedar contoh:
Bautista: Honda membutuhkan suku cadang baru untuk menghindari kemerosotan

Masalah yang kami hadapi adalah kami kehilangan cengkeraman depan dan belokan. Kami sedikit meningkat di pagi hari [di area ini] tetapi kami kehilangan banyak hal pada pengereman dan akselerasi . Pada akhirnya, kami menemukan lebih banyak masalah daripada solusi. Untuk balapan kedua kami mundur selangkah untuk mencoba memperbaiki pengereman dan grip belakang. Tapi rasa di depannya sama, motornya sulit berbelok . Saya kehilangan ban depan di hampir setiap tikungan di setiap lap sehingga pada akhirnya saya tidak bisa mendorong sekuat tenaga

Rea sendiri bilang potensi motor masih besar. Suara motor sih sangar, lumayan juga karena bisa dibilang peningkatan dari ZX-25R:

Demi untuk bisa tetap unggul di WSBK, Kawasaki membuat yang versi RR lebih bertenaga dan punya limiter lebih tinggi:

Bahkan rasio gigi 1, 2 dan 3 nya pun dirubah sehingga lebih close ratio. Yang rasanya itu demi WSBK dan bukan yang lainnya.

Dalaman juga diupgrade:

Sekarang tenaga maksimal adalah 203 PS limiter 14200 rpm untuk versi R, dan 204 PS limiter 14700 rpm untuk versi RR.

Dari sisi harga naik, terutama yang versi RR:
New 2021 Kawasaki Ninja ZX-10R and ZX-10RR

The base 2021 ZX-10R is set to have an RRP of £15,799 – a significant hike over the £14,499 of the 2020 model – while the ZX-10RR will set you back £24,799. Again, that’s a chunk of change more than the £21,199 asked for the previous version.

Sebagai perbandingan:
Ducati V4: £19,995
Ducati V4S: £24,795
CBR1000RR-R Fireblade 2020: £19,999
CBR1000RR-R Fireblade SP 2020: £23,499

8 respons untuk ‘ZX-10R/RR baru, “fotogenik” dengan fitur yang akhirnya sesuai perkembangan jaman

  1. Kawasaki “memaksakan” konvigurasi 76mm x 55mm nya hingga 14.200 RPM lebih. Dulu di youtube klo ga salah pernah ada adu geber cukup lama New ZX10R lawas VS S1000RR di highway dan mesin ZX10R mengalami Blown Engine

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.