Yamaha Gear, matik multi fungsi beneran?


Yamaha barusan meluncurkan motor matik Yamaha Gear:
Yamaha GEAR 125

Soal tampilan tergantung selera. Menurut penulis tidak ada yang luar biasa. Malah pertama penulis pikir itu facelifnya Mio S. Belakang kurang suka sih:

Fitur lain lain, sepertinya hanya untuk mengikuti trend. Speedometer nggak digital nggak masalah, daripada malah bikin repot pemilik:

Yang ingin penulis bahas adalah fitur multigunanya:

Gantungan itu merupakan suatu yang bagus, akhirnya datang juga fitur gantungan ala motor India dan motor Cina. Sesuatu yang perlu dirayakan. Yang belakang itu lumayan:
Yamaha GEAR 125

Yang depan juga kesarnnya bagus:

Tapi apa beneran itu kuat untuk menanggung beban berat? Karena lihat konstruksinya kok kelihatan ringkih?

Soalnya penulis jadi teringat waktu istri belanja beli sirup, tisu, indomi, sampo, minyak goreng dan gula. Jadi satu tas kresek rangkap dua ukuran besar banget. Digantungkan semua di depan. Berkendara pun harus ngalah sama barangnya. Kalau di Suzuki Nex II, Suzuki Spin dan Honda Beat eSP sih kuat.

Untuk pijakan kaki tambahan, konsepnya sih ok. Kesannya bisa pilih seenaknya.

Tapi jadinya kok malah memaksa rider untuk pakai yang alternatif terus kalau dalam kondisi terpasang (itu aksesori tambahan), karena kalau dalam keadaan terpasang, ruang kaki jadi berkurang:

Posisi juga terlihat kurang ke depan.

Jadinya pilihannya bukan dipasang terus lalu pilih dibuka atau ditutup, tapi pilihannya antara dipasang atau tidak dipasang. Lagipula kebiasaan rider itu ujung kaki yang agak keluar.

Itu juga dengan asumsi pijakan tersebut dibautkan langsung ke rangka. Kalau disangkutkannya ke bodi plastik, rasanya kok belakangan pasti ada saja komplin pijakan kaki gampang lepas / patah. Bisa jadi sumber celaka orang lain tuh.

Pijakan untuk anak anak itu konsep yang bagus:

Tapi sayangnya ini mengorbankan penumpang dewasa. Jadi harus makin dibuka posisi duduknya:
Yamaha GEAR 125, Let’s Gear Up!

Mungkin sudah hobinya Yamaha, ada saja penemuannya yang memaksa penumpang perempuan untuk duduk makin mbegagah.

btw, penulis tidak nemu demonstrasi motornya dipakai mengangkut air galon ya? Pakai untuk beli tabung gas bisa tidak?

video:

14 respons untuk ‘Yamaha Gear, matik multi fungsi beneran?

  1. Pijakan kaki ekstra di depan harusnya dibuat tenggelam, rata dengan deck saat terlipat. Kelihatan lebih bagus dan lebih aman.

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.