Mengurangi karat di mulut tangki bensin dengan tambal panci?


Penulis kaget juga ketika tadi isi bensin dan menjumpai mulut tangki bensin ada karatnya. Maaf nggak kefoto, tadi sudah keburu penulis hapus karatnya, tapi kira kira seperti berikut ini:
Mulut Tangki BBM Motor Berkarat Apa Solusinya?

Penulis tidak pernah mengalami hal ini ketika masih belum musim hujan. Dan baru isi kali ini penulis amati jadi ada karat. Jadi sumbernya dari air hujan. Karena perasaan saat belum musim hujan nggak ada seperti itu walau sering cuci motor. Ingat air juga bisa muncul di mulut tangki hasil dari penguapan bensinnya. Sehingga ada yang bilang pertalite bikin karatan:

Saya dulu make pertalite.. trus karatan, padahal selalu ngisi full. Skrg ganti ke pertamax, tankinya bersih.. berdasarkan pengalaman aja sih. Membandingkan dan akhirnya ga pernah pake pertalite lagi. – Noor Azlia

Karat bisa terbentuk karena adanya oksidasi. Oksidasi ini menyebabkan bagian luar logam mengalami karat, sekitarnya mengalami korosi. Reaksi akan makin parah bila ada bagian lain yang tidak terlindungi cat:
Corrosion

Memang yang bagus adalah dengan segera mengeringkan sisa air di sekitar mulut tangki. Tapi ribet banget.

Ada yang menyarankan untuk pakai minyak. Memang minyak bisa melapisi, tapi repot juga karena minyak bakal larut oleh bensin. Belum lagi soal kompatibilitas minyak yang dipakai terhadap sealnya. PAO, oli grup II dan III itu membuat seal kisut. Oli mineral membuat seal mengembang. Jadi baiknya melumasi karat itu pakai oli mesin baru biar tidak timbul masalah di seal. Selain itu juga mengurangi oksidasi karena oli mesin ada aditif anti oksidasinya. Jangan pakai oli bekas.

Karena pakai minyak ribet dan bikin kotor, penulis mau coba solusi yang biasa dipakai sultan, yaitu sacrificial anode. Tujuannya adalah agar yang korosi dulu adalah anode tambahannya. Hal ini akan membuat logamnya akan lebih awet. Begini contohnya penerapannya, yang warna putih putih:
What is the most effective sacrificial anode in seawater? By Brandon Mason

Anode itu adalah bagian yang mudah mengalami korosi:
How to Define Anode and Cathode

Maaf penulis mau jelaskan lebih panjang tapi terus terang penulis nggak pede bisa menjelaskan dengan benar. Kira kira gambaran prosesnya seperti berikut ini:
Cathodic protection explained

CATHODIC PROTECTION BASIC PRINCIPLES

Video penjelasan soal karat:

Disebutkan bahwa yang bisa dipakai sacrificial anode adalah bahan magnesium, zinc dan aluminium. Hubungannya dengan tingkat reaksi berikut:
Corrosion of metals

Metal Electrode potential, volt
Gold +0.42
Silver +0.19
Stainless steel (AISI 304), passive state +0.09
Copper +0.02
Tin -0.26
Stainless steel (AISI 304), active state -0.29
Lead -0.31
Steel -0.46
Cadmium -0.49
Aluminium -0.51
Galvanized steel -0.81
Zinc -0.86
Magnesium -1.36

Bahan anode bisa mudah kita dapatkan. Tapi penulis kepikiran, mengapa nggak pakai tambal panci saja ya? Karena kan tambal panci itu nama lainnya adalah aluminum tape.

Entah apakah lem perekatnya akan menghalangi proses ini. Karena kalau iya, ada kemungkinan karat terjadi lebih parah atau logam penutup tangkinya yang jadi berkarat. Namun penulis akan coba dulu. Menempelkan tambal panci di bagian keliling luar mulut tangki bensin.

Nanti akan penulis share hasilnya

12 respons untuk ‘Mengurangi karat di mulut tangki bensin dengan tambal panci?

  1. maaf pak OOT, tadi pagi saya mau coba top speed pake mio J jalanan sekitar 1 km di fly over. bahan bakar pertalite oli pake evalube runner baru ganti. tapi yg saya heran pas kecepatan 80km/jam tiba2 tenaga ngempos dan motor mogok loss kompresi ( tiba2 langsung inget YZR M1 nya Rossi yg juga mogok kemaren 😂 ) itu kira2 apa gara bensin pertalite nya atau oli nya ya pak? oh iya pas ngetap oli sebelum nya oli langsung abis kira2 400ml padahal blm sampe 2000 km, emang mesin diasil vampir oli itu betul adanya, padahal saya pake mesran super SAE 20w60 yg di honda beat pernah saya tap oli nya di 4000 km cuma berkurang 100ml..

    Suka

    • Itu rasanya dua duanya jelek. Sepertinya terjadi karena ada kerak di valvenya. Bisa jadi oli barunya tidak bisa menghilangkan kerak lama dan malah menambahi. Selain itu bensinnya juga bikin kotor juga. Bukan karena harganya, tapi karena bensin kurang aditif pembersih, sementara itu olinya juga minim aditif pembersih (dan minim aditif lainnya).

      Iya, itu memang ciri vampir oli.

      Suka

  2. Kalo tanki dalam bodi, atau pake kondom, pabrikan blm kepikiran ya pake tanki plastik, atau malah kemahalan
    Honda jazz aja udah pake tanki plastik
    Tapi emang blm ada kasus sih kayak tanki bocor, kecuali Tiger dkk yg tankinya diluar hehe

    Suka

    • Iya, mungkin dianggap kurang durable tangki plastiknya? Seharusnya tangki juga sudah dilapisi mengingat bahan bakar sudah 10% ethanol.

      Rasanya tangki kena air juga tapi cuma percikan. Memang nggak pernah dengar kasus tangki bocor karena karat kalau di matik, termasuk di NMAX.

      Suka

  3. Aluminum utk SACP harus mengandung indium om.. aluminum tape utk panci sepertinya tdk ada kandungan indiumnya, belum lg perekatnya yg jd penghalang, krn anode dan logam yg akan diproteksi hrs terkoneksi lsg & dlm 1 media (elektrolit).
    Kalo berada di luar media, mending dicoating/cat aja..

    Suka

    • Iya, itu juga yang mungkin jadi penghalang. Untuk soal iridium nggak tahu, teorinya katanya cuma butuh aluminiumnya. Ingin coba. Nanti dilihat gagal atau sukses. Nanti dilihat apa sekitarnya masih berkarat atau tidak.

      Suka

      • Indium om, bukan iridium.. 😀
        Krn bidang sy di CP, awal2 dulu pernah penasaran jg soal ini, sampai ganti baut besi ke aluminum utk di rangka motor tua, tp hasilnya msh ttp muncul oranye hahaha

        Nevertheless,
        Monggo dicoba saja om, nanti dishare hasilnya 👍

        Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.