Sudah tempelin tambal panci ke mulut tangki bensin NMAX, pertamax bikin tangki berkarat?


Sebelumnya penulis sudah membahas teknik sacrifice anode, teknik yang dipakai orang kapal untuk mengurangi karat dengan menempel logam lain yang lebih mudah berkarat.
Mengurangi karat di mulut tangki bensin dengan tambal panci?

Begini keadaan karatnya, yang baru terjadi setelah kehujanan:

Di tutupnya juga:

Penulis tempelkan tambal panci hanya di sekitar mulut tangkinya.

Tidak pada bagian atas yang kena karetnya ataupun pada bagian dalam, karena penulis pikir sumber karat adalah air hujan yang bersifat asam. Asam, basa atau garam itu akan membuat proses kimia lebih mudah terjadi, ada yang berkarat, ada yang terkurangi.

Penulis berharap dengan diberi tambal panci maka di bagian bibir tangki tidak akan terjadi karat lagi. Entah bakal berhasil atau tidak, penulis masih tidak tahu. Ada yang memperkirakan tidak akan berhasil yaitu bro hanx13:

Aluminum utk SACP harus mengandung indium om.. aluminum tape utk panci sepertinya tdk ada kandungan indiumnya, belum lg perekatnya yg jd penghalang, krn anode dan logam yg akan diproteksi hrs terkoneksi lsg & dlm 1 media (elektrolit).
Kalo berada di luar media, mending dicoating/cat aja..

Indium om, bukan iridium.. ūüėÄ
Krn bidang sy di CP, awal2 dulu pernah penasaran jg soal ini, sampai ganti baut besi ke aluminum utk di rangka motor tua, tp hasilnya msh ttp muncul oranye hahaha

Nevertheless,
Monggo dicoba saja om, nanti dishare hasilnya ūüĎć

Memang ada kemungkinan tidak berhasil, selain karena hal yang dijelaskan di atas, kita juga belum tahu bahan tangki bensin itu apa. Kalau zinc (seng) ya bakal tidak pengaruh. Harus pakai magnesium baru berhasil.

Dari referensi berikut dijelaskan bahan tangki ternyata ada lapisan zinc dan aluminium juga:
PENGARUH CAMPURAN ETHANOL PADA LAJU KOROSI TANGKI BAHAN BAKAR

Tangki motor umumnya terbuat dari plat baja yang sudah dilakukan proses galvanis. Pada proses galvanis adalah suatu proses pelapisan pada lembaran baja agar baja tidak mudah berkarat. Komposisi cairan Galvanis terdiri dari 97% Zinc/seng dan +/- 1% Alumunium sisanya bahan lain hingga 100%. Disini peran Zinc sangat penting dalam melindungi lembaran baja dari polutan-polutan yang dapat menyebabkan karat pada lembaran baja tersebut. Zinc yg terdapat pada lapisan akan mengorbankan diri agar termakan oleh polutan-polutan tersebut hingga habis dan baru proses karat di mulai.

Tapi ternyata walau sudah ada zincnya tetap berkarat, yang artinya bahan zincnya sudah kemakan. Atau memang tangki bahan bakar NMAX nggak digalvanis.

Tinggal dilihat nanti setelah kehujanan. Sekarang belum kehujanan. Mungkin sudah waktunya buat cemenite lagi. Karena biasanya kalau mendung bawa cemenite itu akan segera kehujanan atau hujannya akan mengikut.

Kalau di sini harga tambal panci adalah seribu rupiah untuk 50 cm di toko serba ada.

btw, pada waktu penulis buka tangki, penulis lihat ada karat di bagian dalam tangkinya. Kemungkinan itu efek pakai bahan bakar pertamina. Padahal penulis sudah niatkan untuk sering full tank.

Dari penelitian sendiri sudah dipastikan bahwa memang bensin dengan kandungan ethanol (seperti misalnya pertamax, mungkin juga pertalite) dapat mempercepat korosi:
PENGARUH CAMPURAN ETHANOL PADA LAJU KOROSI TANGKI BAHAN BAKAR

Kesimpulannya, penggunaan campuran ethanol akan mempercepat korosi tangki bahan bakar. Sebagai antisipasi, sebelum menggunakan campuran ethanol-bensin diperlukan penilaian terhadap material tangki bahan bakar. Lebih lanjut, disarankan untuk menggunakan tangki bahan bakar yang tahan korosi.

Spek pertamax:

Penulis tidak ada rencana untuk pakai tambal panci di bagian dalam tangki.

4 respons untuk ‚ÄėSudah tempelin tambal panci ke mulut tangki bensin NMAX, pertamax bikin tangki berkarat?‚Äô

  1. Itu lapisan galvanisnya terkelupas, karena tutupnya ato karena nozzle BBM
    Kalo masalah lapisan zinc, bukankah selama masih ada zinc nya aman dari karat?, karena zinc nya yang jadi sacrifice

    Sacrifice anode itu baru bekerja kalo kedua materialnya terekspos cairan elektrolit yang sama, kalo ditambal panci, selama alumimiumnya tidak terekspos ke sebuah larutan ion bersamaan dengan besi nya, maka perpindahan ion tidak akan terjadi. Dengan kata lain, kalo aluminium nya di tempat yang kering, dan besi nya di tempat yang basah, tidak terjadi sacrifice, dan besi tetap akan berkarat
    Kalo cuma ada bagian kecil besi yang terbuka, maka tetap akan terjadi karat lokal.

    Suka

    • Padahal nggak pernah diapa apain pinggirannya. Motor juga baru 3 ribu km umurnya. Yang karat juga tepian luar, bukan dalam, jadi bukan yang kena nozzle bbm. Mungkin tidak ada lapisan zincnya.

      Untuk soal basah, rasanya basahnya total, merata, karena mestinya model percikan. Dari model basahnya sih di bagian yang batas sekitar karetnya.

      Suka

  2. Saya pernah liat bahan dasar cat anti karat ru** bul*** selain mengandung zinc, juga mengandung cyanoacrylate…cyano acrylate kalo dipasaran adalah sejenis lem alteco, lem korea, dsb.
    Dengan asumsi tanki bbm sudah ada zinc nya, maka hanya perlu ditambahkan cyanoacrylate

    Suka

    • Kalau sampai di bagian dalam perlu dipertimbangkan juga apa catnya tahan bensin atau tidak. Apakah akan mengelupas ketika kena uap air juga. Resiko juga bila cat mudah rontok.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.