Lanjutan review bensin Shell Super, performa mendekati pertamax kalau pakai agak lama


Ini sudah beberapa kali isi bensin shell super. Rencana memang sebulan ini mau pakai shell super terus. Untuk lebih paham bagaimana efeknya pakai bensin shell super bila dipakai terusan.

Sebelumnya penulis sudah menjelaskan bahwa bahwa pakai bensin shell super itu jadi terasa seperti pakai pertalite, yaitu bensin bikin motor terasa lebih licin, seperti bila bensinnya ditambahi oli mesin atau minyak goreng:
Coba bensin shell super pertama kali, ada kecewanya, tapi bakal niat pakai terus

Sekarang ini masih terasa. Masih licin, dan tenaga terasa lebih lemah dari ketika pakai pertamax. Penulis pun coba tanya di Bekakas, ternyata banyak juga yang sependapat, walau ada beberapa yang merasa pakai pertamax lebih bagus.

Cukup membingungkan mengapa bisa terjadi beda pendapat seperti itu. Namun akhir akhir ini penulis jadi mulai paham mengapa terjadi seperti itu.

Mengapa?

Rasanya ini tidak lepas dari kemampuan pembersihan bensin shell super yang lebih baik dari ketika pakai pertamax. Jadi lambat laun tenaga motor mulai naik lagi, terutama di kecepatan tingginya. Rekaman 0-100 penulis di tempat yang sama menunjukkan kemampuan motor malah sedikit lebih cepat dari ketika pakai pertamax. Kalau di tarikan awal sih tetap tidak segarang ketika pakai pertamax. Nggak nyentak, sehingga nggak perlu sangat hati hati saat buka gas.

Jadi rasanya ketika kita sering isi bensinnya tukar tukar antara pertamax dan shell super, walau sama sama RON 92, maka yang bisa dirasakan ketika pakai bensin shell super adalah cuma lemahnya saja. Namun ketika kita sudah 100% sebulan pakai pertamax saja lalu kita bandingkan dengan ketika kita sudah 100% sebulan pakai shell super saja, maka kita akan mendapatkan performa motor yang bisa dibilang setara.

Pertamax unggul di tenaga tapi lemah di pembersihan. Shell Super unggul di pembersihan tapi lemah di tenaga. Kalau ingin untuk performa di hari H, maka motor pakai shell super terus, dan kemudian di hari H pakai pertamax. Seperti komentar berikut:

Penulis sebelumnya bilang bahwa penulis takut pakai pertalite. Ternyata ketakutan ini ada yang menyetujui, kebetulan sama sama pakai motor NMAX. Pakai pertalite jadi macet mesinnya:

Penulis sebelumnya pernah 2 bulan pakai premium terus dan tidak mengalami masalah. Penulis curiga pertalitenya yang bermasalah. Atau bisa jadi karena penulis pakai pro capacitor? Entahlah.

Yang jelas sebelumnya penulis pakai pertalite di matik lain itu biasanya akan terasa performa meningkat, tapi cuma 10 km saja, sesudah itu payah. Sama premium saja kalah jauh. Rasanya pertalite itu aditif pembersihnya sangat kurang. Butuh sekitar 200 km perjalanan tanpa pakai pertalite sebelum mesin kembali bernapas lega.

Kalau bensin total bagaimana? Berikut komentarnya:

Bikin ngiri saja. di sekitar penulis nggak ada Total. Cuma ada Shell dan Pertamina. Agak jauhan ada AKR/BP.

Penulis tetap lanjutkan pakai Shell Super. Mungkin secara tenaga kurang, tapi dari daya pelicin dan daya pembersih lebih unggul:

8 respons untuk ‘Lanjutan review bensin Shell Super, performa mendekati pertamax kalau pakai agak lama

  1. Pernah sekali terpaksa isi premium di pom bensin kecil. Motor Honda Beat FI. Biasanya pertalite/pertamax. Terpaksa isi karena bensin tipis dan di pom bensin itu cuma ada premium, lainnya habis. Besoknya motor jadi brebet kalau masih dingin. Lalu saya isi shell v-power. Gejala brebet sembuh. Sepertinya bensin pertamina kualitasnya beda-beda tergantung spbu. Dan bensin shell jadi solusi kalau kebetulan dapat bbm ‘busuk’.

    Suka

  2. sudah pernah pakai BP blm ?, rasanya sih kayak pakai shell,tapi lebih enak di tarikan bawah. saya pakai di jupiter z1 ,lebih irit dari pada pakai pertamax klo sudah 2 kali isi setelah pakai pertamax.

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.