Kehadiran Yamaha MX King 155 injak injak harga diri motor sport Honda


MX King 155 VVA akhirnya diperkenalkan Yamaha di Vietnam.

Kali ini nggak bicara soal tampilan dulu, tapi mau lihat hanya dari performanya dulu. Mungkin banyak yang sudah tahu bahwa berkat update sekarang, tenaga dari MX King sudah tidak lagi setara NMAX, tapi sudah upgrade. Dan upgrade ini bakal bikin malu motor sport nya Honda kalau ketemu di jalan:

Harga sengaja penulis pilih dari harga yang sekarang. Kenaikan mungkin bisa mendekati 26 juta. Tapi dengan itu saja, rasanya sudah cukup untuk mengobrak abrik jajaran motor sport Honda sekarang. Dari sisi price vs performance ratio jelas bahwa MX King yang baru bakal menginjak injak harga diri pemilik motor sport Honda di jalan.

Sama sama nggak ada bagasinya, kalau butuhnya kencang, mending beli MX King daripada CBR. Harga juga hampir separuhnya. Sisanya buat modif yang tentunya bakal lebih kencang lagi dari si CBR. Seaero aerodinamisnya CBR, masa ya bisa mengalahkan MX King yang ridernya merunduk? Lagipula kan yang naik CBR nggak mungkin bisa menaruh kepala di belakangnya windshield? Yang ABG saja duduknya harus aneh aneh begini:

Itu pun kepala masih tidak berada di belakang windshield. Dan Marc itu kalau pas lagi merunduk di lintasan lurus kok rasanya nggak begitu ya? Apa yang salah? (joknya tuh)

Bahkan dari sisi power to weight ratio pun terlihat lebih unggul! Rasanya motor sport Honda bakal sering lihat bagian belakang MX King kalau nggak diupgrade oleh pemiliknya.

Mestinya sih Honda harusnya upgrade performa motor sportnya. Tapi kapan????

Ini masih dari sisi performa saja ya. Belum soal fitur. Dan perbedaan fiturnya sangat signifikan! Tapi ini dibahas nanti. Sama tampilan yang bisa dibilang mau menyaingi Honda juga (alias meniru).

26 respons untuk ‘Kehadiran Yamaha MX King 155 injak injak harga diri motor sport Honda

  1. 17.7hp ya tetep gak bohong. Cm FU Fi yg bisa main ama MX King. Ah yg old aja modif dikit bisa kenceng kok. Samain aja ama spek CBR jg lewat CBR std nya.

    Suka

    • Saya pakai MxKing 5 tahun, standar ga pernah di apa2in. Secara teori MxKing itu memang sengaja dipotong tenaganya, masa mau disamain sama R15. Untuk urusan akselerasi aja, MxKing lawas standar aja masih bejaban sama Vixion yang powernya di atasnya. Dengan mesin yang sekarang plus 6 speed bisa lebih wow lagi harusnya. Kalau soal topspeed entah ya.. MxKing saya dulu paling kencang 135kpj karena ga nemu trek panjang.

      Disukai oleh 1 orang

  2. soal bagasi, clan MX King bisa kok dikasih bagasi tambahan di bagian tengah dibelakang stir seperti populer di negeri jiran, masih cukup klo cuma buat angkut beras 3 kg atau pakaian.

    soal mesin, klep masuk masih kurang gede untuk mesin gen R15 V3 ini, cuma 20.5mm, bandingkan dg CB150

    Suka

  3. Tetap salut sm Sijuki (trserah mau diblg nggk laku, onderdil mhl, dealer pd tutup, model aneh dst), nggk koar2 teknologi mcm2 tp ttp aja dah terbukti klo tenagany seimbang/diatas yg byk koar2.
    # No debat

    Suka

    • tapi saya rasa tenaga nya bakal flat klo udah 10ribu rpm ke atas.. perlahan2 CBR DOHC akan menyusul klo treknya memungkin kan.. klo di bawah 1kilometer trek nya ya wassalam CBR..

      Suka

        • menurut saya Faktor Sohc nya pak.. biarpun udah VVA klo di geber rpm tinggi terus2an ya rawan juga. sudut klep nya lebar apalagi klo VVA udah kebuka rawan nabrak antar klep nya.. resiko floating juga. saya rasa bakal datar power nya klo udah masuk rpm tinggi tertentu..

          Suka

            • yg saya baca pak rata2 mesin overstroke tingkat kekerasan per klep nya lebih lunak di banding yg tipe overbore. biarpun 4 klep sudut antar klep tipe sohc lebih lebar rawan tabrakan di rpm tinggi di banding yang DOHC. sama ukuran diameter klep in yg terbilang ga besar yg menurut saya lebih mengutamakan kecepatan aliran gas bakar di banding ukuran klep CBR150 yg 22 mm yg volumetrik efisiensi nya lebih besar. jadi kenapa saya bilang klo adu drag misal 1 kilo lebih MX king di rpm atas tertentu akan flat murni faktor SOHC nya. CBR akan pelan2 menyusul karena faktor DOHC yg buka tutup klep nya lebih presisi di rpm tinggi sama di dukung klep in yg lebih besar.. bedasarkan saya pengalaman waktu naik Nmax punya teman ketika rpm tinggi mesin malah meraung2 dan timbul getaran serta tenaga terasa flat..ini menurut saya lho pak tentu bisa pas bisa salah 😊

              Suka

            • Rasanya itu tergantung dari motornya juga. Ingat CBR sekarang ini beda dengan CBR sebelumnya walau sama sama DOHC. Yang sekarang lebih fokus di rpm rendah, yang konon tujuannya biar nggak perlu pakai komponen yang harganya mahal. Rasanya sudut klep itu pilihan desain dan bukan karena SOHCnya. Rasanya nggak ada alasan mengapa harus beda antara DOHC dan SOHC bila valve sama sama 4.

              Dari balapan drag, seringnya CBR terbentur limiter. Padahal di versi sebelumnya napas di rpm tinggi panjang.

              Untuk soal NMAX, saya sendiri tidak merasakan itu. Dan ingat juga bahwa NMAX 2020 punya perilaku beda dari versi sebelumnya, walau mesinnya sama sama SOHC VVA.

              Suka

          • Teori lu ya? Klo sama2 di 11rb rpm tetep top speed diatas CBR150R. Klo jarak 2km itu bukan balapan lg tp touring.

            Di ARRC, SOHC justru berjaya dibandingkan DOHC.

            Suka

            • hehe.. biarpun komen begitu tapi ane bukan FBH om 😁.. motor ane Yamaha sama Kawasaki di rmh.. Honda ane udah di jual karena kecewa sama handling nya yg buruk..

              Suka

  4. Apakah teknologi 150 CC DOHC Honda sudah mentok? Kalo di upgrade habis2an apa harga jualnya juga turut melambung tinggi???

    Suka

  5. […] Ini juga yang membuat motor beratnya naik dari 116 kg menjadi 121 kg. Tapi masih tetap baik dari sisi power to weight ratio karena tenaganya naik tajam, dari 15,15 hp menjadi 17,7 hp. Dan seperti penulis sudah jelaskan sebelumnya, motor sport Honda jadi kalah telak: Kehadiran Yamaha MX King 155 injak injak harga diri motor sport Honda […]

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.