Pakai mesran super 20W50 di NMAX kok dibilang merusak mesin, apa nggak sadar yang pernah turun mesin karena apa?


Jadi ceritanya penulis sharing di grup NMAX jatim (di NMAX nasional ke blok waktu daftar) soal peningkatan performa yang penulis peroleh karena pemakaian Mesran Super 20W50.

Ada banyak komentar yang intinya mengatakan bahwa pakai oli kental bakal merusak mesin motor. Ditakut takuti bakal turun mesin dst. Penulis merasa aneh juga karena yang penulis rasakan justru motor makin ok. Makin enak dan lancar dipakai daripada ketika pakai oli rekomendasi. Pakai yang kekentalannya disarankan pun (10W40) juga tidak enak.

Dan tidak itu saja, penulis juga heran apakah yang komentar seperti itu tidak sadar bahwa yang sebenarnya bikin motor NMAX atau motor Yamaha lainnya itu seringkali adalah karena oli yang terlalu encer atau kurang layak?

Rasanya yang dikeluhkan oleh bro Yankee 876 barusan bisa menjadi contoh bagus:

Oh iya ini juga nih yang disayangkan dari mesin yamaha diasil sekarang, sebagai pengguna maticnya agak kecewa sih.. Karena buat saya yang sering PP bandung jakarta motor ini gk setangguh pendahulunya (dulu saya pake soul) udah 2 kali turun mesin akibat masalah oli, berharap ada pengembangan lagi di mesin ini supaya gk vampir olie

Kasus yang sama juga banyak terjadi.

Semua pada tahu bahwa oli encer itu cepat habis. Baik karena penguapan ataupun bocor lewat ruang pembakaran. Pakai oli kental akan bisa mengurangi gejala vampir oli.

Sudah terbukti bahwa motor bisa turun mesin karena vampir oli. Lalu mengapa masih takut pakai oli yang lebih kental?

Dan khusus untuk NMAX, penulis juga tidak merasakan penurunan performa yang berarti menggunakan oli dengan kekentalan 20W50. Masih bisa 18 detik mulai dari kamera goyang.

Menurut penulis banyak yang takutnya itu karena ditakut takuti oleh sales dan tidak bisa melihat secara obyektif. Dan pastinya si sales nggak akan ngasih tahu bagaimana gejala kalau oli terlalu kental. Apalagi para sales sudah sukses mencuci otak mayoritas netizen dengan mengatakan suara seperti amplas dari mesin itu normal, kadang dibilang aditifnya tabrakan juga.

Bilang celah mesin modern makin sempit. Padahal yang celahnya sempit beneran karena bore up atau semacamnya pasti bisa merasakan performa jadi ngedrop, parah. Kadang sampai macet. Sementara kalau di motor standar, mungkin cuma Nex II saja yang penulis rasakan jadi ngedrop performanya. Mungkin juga Honda impor. Jadi harusnya yang jadi indikator adalah ketika performa mesin ngerop parah, tarikan sangat berat. Bukan hanya agak berat saja. Pilih mana sih, turun mesin atau tenaga sedikit berkurang (di motor penulis tenaga malah tidak berkurang)?

Sekali lagi, kalau sudah tahu bahwa yang justru bikin turun mesin itu karena oblak dan semacamnya, mengapa masih harus takut pakai oli kental?

25 respons untuk ‘Pakai mesran super 20W50 di NMAX kok dibilang merusak mesin, apa nggak sadar yang pernah turun mesin karena apa?

  1. Betul, motor ane juga beat fi bearing kruk as oblak, oli pakai anjuran pabrikan. Ganti oli rata2 sebulan 2kali max 1bulan sekali. Setelah turun mesin, haqqul yakin dah pakai oli yg lebih kental, dan udh jalan 3 tahun suara mesin masih adem

    Disukai oleh 1 orang

  2. Matik ku juga pakai 20w50 primaxp, bebek dan Vixion Pake 20w50 mesransuper, malah lebih enak daripada oli rekomendasi pabrikan

    Suka

  3. Mau share aja gan pengalaman di vixion lightning, mesin yamaha terkacau yg sesungguhnya, turun dealer dah ngebul awkwk. Ceritanya mau ngejar oli bagus, katanya fastron yg 15w. Ane pikir kekentelan tapi ya kata temen coba aja dulu atuh. Pertama pake enak, eh tpi kok jalan baru berapa kilo dh kasar lagi aih. Trus nalar ane muncul nih, suara ghoibnya tu muncul habis lampu merah atau idle yg mayan lama. Trus ane liat stasioner ada di 1000 rpm doang. apa oli gk nyampe head ama silinder ya? trus besoknya ane setting stasionernya lewat baut di trotle body. Pas pertama idup bisa sampe 2000 rpm, tpi kalo dh jalan enak manteng di 1500-1600. dan voila suara ghoib ilang. Mungkin bisa dicoba dulu sok atuh, soalnya oli lebih kentel lebih berat juga naik ke head ama silinder sapa tau bisa lebih alus gitu suara. Trus ni kata orang bengkel, kalo mau lebih alus suaranya bisa setelan klep dirapetin dikit, jangan banyak-banyak. Mesin yamaha itu biasanya setelan klep dari pabrik dibikin agak longgar buat ngejar tenaga tpi emng agak kasar suaranya. Contohnya vixion ane aslinya 0,14 in & 0,20 ex trus ane minta setting buat alus aje toh gk ngejar tenaga. trus disetting in 0,10 & ex 0,16. Hasilnya mantul. Pas mesin masih dingin rada berat dikit dah, pas udah panas beuh mantul atuh tapi suara mesin kagak berisik kek dulu.

    Suka

  4. Bahaya oli encer itu penguapannya luar biasa cepat, apalagi untuk motor yang dipakai jarak jauh. Pengalaman pakai oli MPX / SPX 10w-30 selalu berkurang setiap akhir bulan, maka saya selalu cek oli setiap 500 km. Sedikit cerita, saudara saya punya Vario 125 sudah 130 ribu km (ganti seher di km. 100 ribu) diisi oli SPX 1 waktu servis. (Sebelumnya pakai campuran Yamalube super matic + shell advance ultra, minim penguapan). Tidak sampai 500 km indikator oli turun 1/2 cm di dipstick. Akhirnya saya tambahkan oli shell advance ultra 5w-40. Tidak ada penguapan sampai 2000 km. Sekarang pakai BM1 PC-1300 10w-40 Jaso MA. Performa tetap ok. Hingga 500 km blm ada tanda-tanda berkurang.

    Suka

  5. Ente gimane sob.. kan tipikal orang kita tuh gengsi daripada fungsi..
    Dulu waktu sempet punya harley.. Heritage softail kalo ga salah sebelom dibarter rumah imut.. aye jarang banget ganti oli.. padahal tu motor dipake mulu karena emang ga ada motor laen.. pas lagi maen ke mabua pada sharing soal oli ada yg jutaan sekali ganti.. ya paling minim ratusan ribu lah.. pas temen nyoba motor aye nih bingung itu mesin alus banget pas ditanya pada ga percaya jawaban aye dikira ngelawak.. ini meditran bro.. aye ganti sekaligus karena punya isuzu panther juga..
    Kalo dipikir kan konstruksi mesin HD sederhana banget.. ga nuntut dia oli yg advance.. tapi dasaran mereka orang kaya.. ya antara gengsi dan kesihir marketing..

    Disukai oleh 1 orang

    • wah iya ya, untuk oli moge itu biasanya juga rekomendasinya nggak muluk muluk amat, tapi dari orangnya saja yang merasa harus pakai oli top (dari sisi harga). Jangankan moge, yang punya Vario saja pun ada saja yang pakai oli ratusan ribu.

      Oli “advance” sendiri hanya dari kesan, karena rasanya dari dulu sampai sekarang perubahan teknologi oli itu lambat, atau bisa dibilang malah makin jelek karena dipaksa untuk memenuhi standar emisi.

      Disukai oleh 1 orang

  6. Om Cahyo udah pernah coba X-Ten yg 20-50 kah?
    Testimoni dari saya dipake di motor bebek tua lumayan loh.. mesin lumayan adem dan enak bunyinya (subjektif sih ya) dibanding 10-40 Shell/X-Ten

    Suka

    • yang 20W50 belum coba. Kalau kesan sebelumnya, pakai yang di bungkusnya tertulis 10W40, terasa lebih kental dari mesran super 20W50.

      Menurut saya yang jelek dari x-ten itu adalah bahan olinya, yang kualitasnya tidak menentu. Kalau pakainya nyantai bisa adem dan halus. selain karena lebih kental, juga karena ada esternya.

      Agak takut pakai x-ten karena pengalaman itu. Tapi nanti akan saya coba setelah coba yang lain dulu.

      Suka

      • emang saya tipe yg bawa santai sih. jd gak tau efeknya kalo dibawa kasar, yg jelas pake hampir setahun ini cukup puas sih karena mesin adem (pake beberapa jenis yg 10-40 berasa bgt panas mesinnya, hehe) dan cukup awet, sampe 2000 km cingcai, kalo tega sampe 2500 jg gak terasa penurunan performa yg gimana sih

        Suka

        • Ok, dulu saya cobanya di spin, yang tiap hari ada kesempatan top speed. Di hari pertama kuental sangat banget melebihi 20W50, sampai bikin mesin hampir mati walau di gas, setelah seminggu encernya melebihi 10W30. Tapi memang esternya terasa, habis dipakai kencang suara mesin tetap halus

          Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.