ABS Yamaha NMAX cepat rusak cuman gara gara spakbor kurang panjang?


Maaf ya, penulis lupa foto, tapi pada saat cuci motor, penulis mengamati ada kotoran tanah di bagian garpu atas suspensi depan NMAX, disekitarnya klakson:
Yamaha Nmax model 2018 secara resmi sudah siap di pinang untuk area Madiun dan sekitarnya !!

Penulis tentu kaget karena kok bisa terjadi ada kotoran di bagian itu. Dan penulis juga perhatikan, di bagian bawah dari T nya juga kotor sekali, banyak kotoran. Dari mana kotoran tersebut?

Kalau dari depan rasanya tidak memungkinkan karena yang kotor itu lubang masuk ke atas. Kalau dari depan tidak mungkin karena kotoran dari depan tidak mungkin bisa belok ke atas. Yang mungkin adalah dari bawah.

Sekedar pengingat, motor NMAX penulis versi 2018. Bukan versi 2020 yang spakbornya dibilang kurang panjang. Modelnya seperti berikut ini:
Mega Galeri Foto New Yamaha NMAX 155 MY 2018

panah menunjukkan ilustrasi arah air dari ban ke bodi. Jadi jelas bahwa dengan spakbor seperti itu, air bisa naik secara vertikal ke atas.

Ada pelindung, tapi tidak keseluruhan (sementara fotonya nebeng dulu, foto akan penulis update belakangan):

Dan bisa jadi airnya juga mantul ke pelindung itu juga, sehingga bisa menyebar ke bagian sekitar klakson juga.

Parah.

Kalau seperti itu, rasanya nggak heran bila ABS NMAX dibilang bisa rusak karena air (penulis termasuk yang ragu apa benar ABS rusak karena air, karena contohnya pada kebakar pcb / chipnya). Sumber airnya ya dari air hujan yang disebarkan oleh spakbor depan yang kurang panjang. Cuma gara gara Yamaha malas kasih spakbor panjang, komponen jadi cepat rusak dan ABS NMAX terkenal mudah rusak. Nggak paham dengan pola pikir Yamaha.

Mungkin ada solusi pakai sambungan spakbor. Tapi lihat model sambungannya ragu ragu juga. Aman tidak? Mudah jatuh tidak bila keseringan keguncang? Karena posisi kan di suspensi, sering kena goncangan naik turun roda.

Mungkin pakai solusi primitif saja. Pakai selotip.

Penulis juga jadi teringat kasus berikut:

Kalau sering kena air begitu, memang bisa rapuh sih.

14 respons untuk ‘ABS Yamaha NMAX cepat rusak cuman gara gara spakbor kurang panjang?

  1. Motor matic jaman sekarang dominan sepatbor depan pendek, ibarat cewek seksi pakai hot pant.
    Hot terus…
    sampai akhirnya menyebabkan karat, kotoran dan membuat chaos dibalik bodi si Matic

    Suka

  2. Semua motor metik memang bener2 pendek spakbor nya, mentang2 motornya anti nyipret ke pengendara. Ada lg motor matik klakson nya ada di belakang roda depan, entah gampang rusak jg apa tidak

    Suka

  3. di tambah aja ekstension spakbor pulsa. saya pake ini kok. alhamdulillah udh hampir 5 tahun aman. ya tetep nyiprat cuman ga sampe se tinggi itu

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.