Honda CBR150R dari mata pembeli, upside down lebih menarik dari peningkatan tenaga?


Akhirnya motor Honda CBR150R mendapat pembaharuan cukup signifikan. Dan seperti sudah dijanjikan, tampilannya memang beneran dibuat kayak Honda CBR250RR:
Resmi meluncur, harga all new Honda CBR150R mencapai Rp40 juta

Berikut contoh tampilan modif:

Tampilan ketika lampu tidak menyala:
Akhirnya Ini Dia All New Honda CBR150R 2021 USD, Spesifikasi, Fitur dan Harga!

Lagi lagi kalau masih awal awal begini, nggak ada sama sekali foto yang memperlihatkan dari sudut pandang normal, jadi penampilan kalau normalnya cuma bisa dikira kira:

Tampilan dari CBR250RR itu menurut penulis keren hanya kalau lampu depannya dihilangkan. Kesan untuk tampilan CBR150R yang meniru CBR250RR menurut penulis sama, baru kelihatan keren kalau lampu depannya dihilangkan. Kesan juga beda karena ukuran motor yang lebih kecil:

Untuk sisi fitur, penulis sempat kaget ketika baca ada fitur quickshifternya di tmcblog. Tapi rupanya tidak, sekarang sih tulisan sudah direvisi. Walau ada juga yang masih menyebutkan:

Ternyata fitur tambahan yang dimaksud adalah slipper clutch. Fitur ini sering dipuji karena bikin tekanan kopling jadi lebih ringan.

Ada yang bilang mesinnya baru:
All New Honda CBR150R 2021, Mesin Baru Power 16,8 HP, Sok Depan USD

All New Honda CBR150R menggunakan mesin 150cc, DOHC, 1 silinder, berpendingin cairan. Mesin tersebut mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 17,1 PS @9.000 rpm dan torsi puncak mencapai 14,4 Nm @7.000 rpm. Tenaga tersebut dipadukan dengan transmisi 6-percepatan Slipper Clutch yang mendelivery Power dari Mesin ke roda belakang.

Tapi entah bagian mana yang baru. Nggak bisa cek website resmi. Entah mengapa, website astra-honda.com keluar blank di komputer penulis. Tapi seingat penulis kok sama saja ya?

Fitur yang dijanjikan akhirnya sudah muncul. Motor sudah dilengkapi dengan suspensi upside down. Detil masih minim, tapi kelihatannya bukan yang tipe SFF, yang kiri dan kanan isinya beda.

Speedo inverted LCD:
Gallery Photo All New CBR150R MY 2021 USD

Harga barunya sebagai berikut:

Nah, kalau pendapat penulis sebagai konsumen bagaimana? Karena kebetulan anak juga pingin punya motor laki.

Dari sisi tampilan memang Honda CBR150R memberikan tampilan yang baru. Ini bisa membuat pemilik CBR150R yang sekarang ini jadi tertarik beli. Apalagi dengan adanya fitur suspensi upside down.

Lalu bagaimana dengan yang belum punya motor sport?

Kalau penulis pasti akan bandingkan dengan kompetitor. Kalau dari sisi tampilan, yang baru justru menurut penulis malah jadi turun. Penulis kurang suka dengan tampilan yang baru. Tampilan kompetitor yang sebelumnya terasa kurang menarik, menjadi lebih menarik sekarang.

Fitur juga tidak lebih baik dari kompetitor. Malah kompetitor ada yang sudah pakai smart key, yang sudah beberapa kali terbukti lebih aman dari pencurian (untuk sekarang ini). Entah mengapa Honda tidak menerapkan smartkey di facelift kali ini. Karena sepertinya R15 berikutnya pasti pakai smartkey, mengingat yang MX King saja sudah.

Bagasi jelas nggak butuh. Ergonomi, kenyamanan, kepraktisan jelas bukan yang nomor 1 untuk motor sport. Yang diutamakan di motor sport, selain gayanya adalah performanya. Dan di soal ini Honda CBR150R kurang menarik. Apalagi ketika tidak ada yang berubah dari sebelumnya dari sisi mesin, selain dari slipper clutch.

Oleh karena itu bagi penulis, motor kompetitor lebih menarik. Rasanya yang sekarang sudah pakai motor kompetitor bisa jadi juga enggan untuk beli CBR150R yang baru ini.

Harusnya Honda bisa menunggu hingga bisa mengeluarkan CBR160R. Masa ya PCX 160 dulu? Tapi sepertinya Honda menganggap mendatangkan tampilan ala CBR250RR (muka dan USDnya) lebih penting. Tapi bisa jadi bumerang kalau bikin orang malah jadi bosan tampilan seperti itu.

Penulis penasaran dengan penerimaan yang dari Thailand dan Vietnam untuk model baru ini.

13 respons untuk ‘Honda CBR150R dari mata pembeli, upside down lebih menarik dari peningkatan tenaga?

  1. Modelnya tidak proporsional dipakai di 150cc, agak sudah bosan juga model seperti itu. Mesin lawas Alamat masih di bully juga sama R15 dan GSX-R150, ya kita lihat kondisi realnya nanti

    Suka

  2. tapi meskipun spek power inferior, dari data teknis mesin gen K56 ini potensinya tetap lebih gede daripada mesin gen pigson series Yamaha, jika berkaca pada spesifikasi standar pabrik. Dimana yg paling utama sudah menggunakan klep cukup besar kombinasi 22/19mm (R15 V3 diameter klep masuk aja cuma 20.5mm alias nanggung) jadi klo mau di bore up sampai 62-63 mm klep standar masih memadai belom perlu upgrade diameter klep lebih gede lagi, satu lagi semua mesin K56 sudah 6 speed transmisinya.

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.