Demo oli atau aditif oli, motor jalan “tanpa” oli, itu menipu


Jadi ada yang tanya kepada penulis soal pemecahan rekor yang dilakukan oleh Lupromax untuk mobil jalan tanpa oli:
REKOR DUNIA – REKOR MURI MOBIL JALAN TANPA OLI 283,8 KM

Apa itu tanda olinya hebat?

Jelas tidak. Ada banyak hal yang membuat demo seperti itu tidak hebat. Yang pertama dan paling penting adalah karena sering ada kejadian motor olinya sangat sedikit (biasa terjadi di grup oli) atau habis tapi motor masih dipakai dengan santainya oleh pemilik.

Contoh kasusnya:

Perlu diingat bahwa motor motor Indonesia itu seringnya bagian ring pistonnya itu lemah, apalagi motor Yamaha, pualing lemah ring pistonnya atau bahkan silindernya. Sehingga nggak heran bila sering jadi contoh motor jalan tanpa oli, seperti contohnya berikut ini:

Logikanya, kalau motor atau mobil jalan tanpa oli, maka yang bikin macet ya gesekan piston dan silindernya. Piston macet yang bikin mesin mati. Sementara itu kan kita sudah kenal betul kasus fuel dilution dan vampir oli, penyakit yang muncul karena ring piston lemah dan semacamnya.

Memang ada yang demo pakai motor Suzuki. Tapi dilakukan dengan membiarkan mesin menyala selama 30 menit:

Tujuannya apa?

Biar aditifnya bisa membentuk lapisan dulu:

Sehingga begitu oli di drain, lapisan pelicin sudah terbentuk lebih dulu.

Sebetulnya juga termasuk salah bila disebut motor atau mobil itu jalan tanpa oli, karena oli di drain melalui cara biasa:

Padahal kita tahu bahwa kendaraan itu masih akan ada olinya bila di drain dengan cara biasa:
Ternyata Ini Alasan Saat Turun Mesin Harus Isi Oli Lebih Banyak

“Biasanya saat overhaul (turun mesin), kapasitas oli yang dibutuhkan lebih banyak dari ganti oli rutin,” buka Rendra Kusuma, Kepala Bengkel Astra Motor Center Jakarta kepada GridOto.com.

Jadi disebut tanpa oli itu salah. Tapi ya mau bagaimana lagi.

Nggak cuma penulis saja yang menganggap bahwa uji seperti itu menipu. Lembaga perlindungan konsumen amerika juga:
FTC Charges Motor Oil Additive Marketers;May 4, 1999Ads for Dura Lube Were False and Unsubstantiated, Agency Says

Infomersial Dura Lube menampilkan demonstrasi mesin mobil yang bekerja setelah oli yang dirawat dengan Dura Lube telah dikuras untuk membuktikan Dura Lube mengurangi risiko kerusakan mesin yang serius saat tekanan oli hilang. Demonstrasi lain menunjukkan respons oli yang tidak diolah terhadap panas dibandingkan dengan respons oli dengan Dura Lube untuk membuktikan bahwa tanpa Dura Lube, oli motor gagal melindungi mesin mobil dalam kondisi panas. Faktanya, FTC menuduh, demonstrasi tidak membuktikan klaim yang dibuat.

Dura Lube, Motor Up Settle FTC Charges

Pemasar aditif Dura Lube dan Motor Up, dan prinsipal mereka, telah setuju untuk menyelesaikan tuduhan Komisi Perdagangan Federal bahwa klaim kinerja untuk perawatan mesin mereka menipu dan tidak berdasar yang melanggar hukum federal. Dua penyelesaian yang diusulkan akan melarang klaim palsu dan tidak berdasar tentang kinerja, manfaat, kemanjuran, atau atribut produk ini. Selain itu, Dura Lube akan membayar $ 2 juta sebagai ganti rugi konsumen untuk didistribusikan oleh FTC. FTC sebelumnya telah menghentikan iklan yang diduga menipu untuk Perawatan Mesin Lama, Perawatan Mesin Valvoline, Perawatan Mesin Slick 50 dan Perawatan Mesin STP.

Duralube yang disebut disitu adalah merek yang pernah populer di Indonesia di jaman ramainya tv media. Iklannya memperlihatkan mobil balap yang dikuras olinya lalu digeber:

Perhatikan bahwa digebernya cuma sebentar. Yang lokalan pun nggak berani bawa mobilnya kencang kencang, merayap di 2 ribu rpm selama perjalanan, di gigi rendah pula:

Padahal kalau orang luar negeri yang coba jalankan mobil tanpa oli, mereka pada geber habis habisan, rpmnya sampai mentok:

Intinya, nggak usah deh percaya dengan hasil uji motor atau mobil dijalankan tanpa oli. Lha wong yang pernah mengalami sendiri tanpa bilang bilang termasuk sangat banyak (penulis cukup sering lihat orang posting: eh oliku tinggal sesendok), masa harus heran dengan yang dipublikasikan?

2 respons untuk ‘Demo oli atau aditif oli, motor jalan “tanpa” oli, itu menipu

  1. Maaf om mau nanya…
    Oli diesel yg dipakai dimotor , apa boleh dicampur migor? Berapa persen baiknya?
    Setelah dicampur migor, oli jd lebih kentel apa lebih encer…
    Trims

    Suka

    • Iya, menurut saya tidak masalah pakai minyak goreng. Saya pakai antara 10% hingga 20% untuk motor matik. Di motor sport siahkan coba, bila selip kopling maka sebaiknya rasio dikurangi.

      Oli akan lebih encer tapi suara mesin lebih halus. Karena memang film strength lebih baik.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.