Ternyata ada salah paham soal stoppernya engine mounting di motor Yamaha, Honda dan Suzuki. Dipikir dengan diganjal maka gerak suspensi menjadi terhambat. Faktanya tidak. Ketika belum diganjal, pivot gerak suspensi motor matik Jepang itu ada 4:
– mesin vs braket (stopper NMAX disini)
– braket vs rangka (stopper matik Honda/Suzuki di sini)
– rangka vs suspensi
– suspensi vs mesin.
Dengan diganjal, maka yang mesin vs braket dibuat mati. Sehingga gerakan suspensi hanya akan menggerakkan pivot braket vs rangka. Jadi kayak suspensinya motor bebek. Karena nggak ada stopper lagi, sentakan jadi hilang.
Sebenarnya mengapa kok dipakai braket braketan segala begitu? Kalau kata SYM, yang seperti itu bisa bikin:
Ternyata stopper engine mounting lah yang bikin skok NMAX keras + Solusi cukup diganjal
Mengoptimalkan pengaturan geometri
Seimbangkan kendaraan saat berakselerasi atau mengerem
Jaga kendaraan dalam kondisi stabil
Lebih stabil saat start
Stabil dan aman saat berbelok dengan kecepatan tinggi
Tapi efek sampingnya:
– kalau kena lubang atau tambalan jalan, nyentaknya amit amit kerasnya
Implementasi berbeda tergantung motor dan merek. Contoh bedanya bisa dilihat di video berikut:
[…] Unik unik reaksi ketika penulis posting artikel soal ganjal stoppernya engine mounting: […]
SukaSuka