lho, hasil uji oktan bensin pertamax turbo kok cuma 86!


Penulis sempat kaget melihat hasil uji berikut. Diperlihatkan oktan bensin dari bensin pertamax turbo cuma 86!

Di video itu pertamax turbo dibandingkan dengan total performance 95 dan shell v-power 95. Keduanya justru menunjukkan oktan bensin 100. Berikut videonya:

Di video berikut juga ditunjukkan oktan bensin pertamax turbo cuma 86, bensin yang katanya dipakai di kejuaraan IRS seri 2:

Berikut videonya:

Aneh karena oktan terlalu rendah untuk pertamax turbo. Tapi ada juga video yang menunjukkan oktan bensin dari pertamax turbo sudah mendekati yang diklaimkan. Sepertinya menggunakan alat uji bensin yang sama:

Berikut videonya:

Di video berikut oktan bensin pertamax turbo 98:

Manualnya oktis2, sharingan Hyang Kersa:

Di video berikut dijelaskan oktan pertamax turbo mendekati 98. Pakai alat uji yang lain, menit 13:25:

btw tambahan, di berikut ini ada pertalite oktannya 86:

Apa ini berarti di luaran sana ada yang jualan pertamax turbo dengan oktan 86?

Tapi yang berikut ini bacanya pakai alat sama kebaca 86, pakai alat cahaya kedeteksi 98, di share dari facebook Satrianto Ariardi:

Tapi di uji yang lain ada juga yang kebaca 97 dan 98 pakai alat rusia juga???

Mengkhawatirkan.

update: masukan dari bro riderndeso99, alat sebenarnya yang macam berikut ini:

24 respons untuk ‘lho, hasil uji oktan bensin pertamax turbo kok cuma 86!

    • ha ha, iya. Nggak nyangka sekarang pun masih kejadian seperti itu. Dulu pernah kejadian isi premium bikin tenaga mesin anjlok parah. Begitu isi bensin di SPBU lain, langsung normal lagi. Tapi itu jaman meteran masih analog.

      Suka

  1. He..he..
    Sedikit check ya om…
    Sbtulnya cara cek angka oktan BBM gasoline itu tdk seperti itu…
    Caranya adalah dengan membandingkan ketukan knocking bensin uji dengan bbm standar referensi berupa cqmpuran isooktan-heptana dg berbagai variasi campuran. Mesin yg digunakan adqlah mesin khusus uji punya standar ASTM /IP.
    Bensin oktan 90 itu artinya , ketika di test dg mesin uji ASTM dia memberikan nilai knocking ygsetara dg bbm standar berupa isooktan 90%- heptana 10%.

    Jadi setahu saya nilai oktan tdk bisa ditest dg cara yg ada di video…
    Itu setahu saya ketika dulu ikut matakuliah kimia minyak petroleum

    Suka

  2. sesuai teori bahwa semakin kecil ron maka bbm lebih mudah terbakar, tenaga & torsi lebih baik.
    Pertamax Turbo merupakan bahan bakar mesin yang memiliki teknologi Ignition Boost Formula (IBF)
    maka sesuai teori pertamax turbo seharusnya memiliki ron rendah. hasil pengetasan pertamax turbo ronnya 86 bisa jadi benar dan masuk akal.

    kaitannya pemerintah menghapus BBM premium ron 88 karena dianggap “tidak ramah lingkungan” itu omong kosong dan sarat konspirasi dengan industri otomotif.
    kebayang kendaraan tua tenaganya lebih besar bila tetap diisi premium dari kendaraan jaman sekarang karena regulasi emisi.

    Suka

    • Untuk soal tenaga, tergantung kandungan energi juga. Yang membedakan bensin murah dengan mahal itu adalah bensin mahal nggak hanya oktannya tinggi, tapi kandungan energinya juga tinggi:

      Kalau mau ngejar murah, ya tinggal ditambah saja ethanol. Oktan bisa tinggi, tapi tenaga nggak ada.

      Iya, nggak ada alasan untuk menghapus premium selain karena untuk menghilangkan subsidi. Iya, ramah lingkungan itu alasan yang salah.

      Suka

    • dari tabel diatas menjelaskan bahwa energi terbesar ada di ron rendah antara 86-93, tanpa melihat jenis, kualitas dan harga bahan bakunya, sayangnya kurang spesifik soalnya direntang tersebut ada premium 88, pertalit 90 dan pertamax 92
      ini sejalan dengan yang saya fahami bahwa semakin mudah terbakar, pembakaran lebih sempurna sehingga energi yang dihasilkan juga besar.

      Suka

      • E30 itu adalah bensin dengan 30% ethanol. Pertamax adalah bensin dengan 10% ethanol. E-30 punya MON 87-94 rasio pembakaran ideal 10,7:1. Udara harus dikurangi alias bensin harus lebih banyak. racing gasoline punya MON 99, tapi dia bisa pakai rasio 12,5:1.

        Energi dari bensin balap lebih tinggi walau oktannya lebih tinggi. ini yang bikin mahal.

        Suka

Tinggalkan Balasan ke riderndeso99 Batalkan balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.