Di sini penulis cuma mau sharing testimoni apa adanya yang berkaitan dengan trik ganjal stoppernya engine mounting.
Bukan penulis yang pertama pakai trik ini, tapi entah mengapa kok jarang ada yang bahas. Padahal manjur banget untuk mengurangi hentakan keras suspensi yang bisa bikin sakit pinggang. Sentakan kasar ini terutama terjadi di motor Yamaha dan Honda. Di Suzuki pun juga terjadi. Penulis jadi ingat kesan pertama pakai Suzuki Nex II. Hentakan cukup keras tapi karena suspensi termasuk empuk, maka masih tidak masalah. Trik ini tentunya bisa dipakai di motor Suzuki juga, karena ternyata mekanisme juga ada.
Ada yang mengeluh, tapi secara keseluruhan senang karena suspensi jadi makin nyaman. Kebanyakan adalah untuk motor Yamaha NMAx, tapi barusan ada juga yang berkomentar positif di Aerox:
Yogi Ibrahim
2 jam lalu
Mas saya coba di aerox 155 saya kiri kanan saya ganjel 4 lapis karen ban dalem .. Rasanyaaaaa joosssss mase mirip motor honda supra empuk apalagi ini pake kayaba zeto jos lah.. Blm dcoba pake shock ori aerox nya semoga sama rasanya .. Mksh mas tutorialnya membantu sekali .. Dan semoga bner gak terjadi apa2 sama mesine .. Aamiin
Berikut komentar komentar lain:
Okky Haryanto
2 minggu lalu
@Kupas Otomotif oke, ini punyaku kuganjal diatas bosh karetnya, udh 2 bulan ini pakai ganjal, puas sih.
Kerasa nyaman bantingan suspensinya, walaupun resiko lebih getar di area dek kaki (tapi lama kelamaan jg udh terbiasa kok)
abdul bashor
3 bulan lalu
Setelah sy ikutin cara ini efek nya motor kaya kurang stabil ya om. Cuma enak udah ngurangin jedug jedug
Wawan Achmad
3 bulan lalu
Saya udah ganjal 2 x slalu lepas mas
m tomo
2 bulan lalu
Sukses tipsnya mas…saya pake karet spakbor selembar….jd empuk dan nyaman dan lebih stabil…mungkin tes pakai karet bushing per daun mobil apakah bs lebih enak ya?!…suwun tipsnya
yosi pratama
1 bulan lalu
Punyak saya juga udah saya pasangin dan terasa empuk
Arie Hakim
1 bulan lalu
Sya pernah coba ganjal pke pipa paralon tp malah getar om
Mungkin memang lebih enak pake ganjel karet
Next mau coba dlu
Febri sabtio Widodo
1 bulan lalu
Saya udah nyobain om, emang jadi lebih smooth pas dipake jalan. Tapi ga tau apa cuma feeling saya aja ya, pas kondisi berenti di lampu merah getaran mesin lebih berasa
Menanggapi yang mengalami masalah, penulis anjurkan mereka untuk pakai trik berikut:
Intinya ganjal pakai karet ban dalam (biar nggak getar), tapi dengan ukuran yang lebih lebar. Nggak usah dipotong biar kalau butuh dilepas bisa lebih gampang. Untuk soal nggak stabil, di motor NMAX penulis justru lebih stabil ketika lewat jalan yang penuh tambalan. Pernah terasa tidak stabil, ternyata karena karet kurang erat.
btw, penulis pakai bandul / jalu setang aftermarket untuk mengurangi getaran:
Kejadian di vario, terasa keras loncat2
Ternyata karet shock yang atas sudah getas dan oblak
Akhirnya diganjal karet biar rapat
Dan beneran jadi lebih empuk
SukaSuka
sip, terima kasih infonya. Berarti memang beneneran universal. Tapi terus ngapain ya pabrikan pakai teknik seperti ini?
SukaSuka
kalo menurut ane keras nya redaman dan loncat2nya shock Nmax dan Aerox itu lantaran desain penempatannya yg agak terlalu tegak selain kualitas sok yg kurang baik. Tetap yg namanya motor yg redaman shocknya bagus itu ya monoshock yg dibantu dg “Link Suspension System” macam Pro Link atau Unitrack.
SukaSuka
iya setuju banget suspensi kurang baik. Dan pakai multilink pun sama saja. Di matik itu sudah multi link lho, tapi tujuannya beda.
SukaSuka