Oli cepat rusak di matik Yamaha gara gara selang pernapasan transmisi salah tempat? manfaat breather


Penulis sebelumnya mengeluhkan bahwa oli di transmisi Yamaha NMAX penulis itu cepat rusak. Umur tidak selama yang di motor lain (mungkin sekarang sudah waktunya cek juga kali ya?). Penulis sempat klaim di video bahwa mestinya oli bisa awet karena harusnya tidak ada udara yang melewati gardan. Tapi penulis kemudian diingatkan oleh pemirsa. Ternyata ke transmisi itu ada udaranya, dan udara ini disebut bikin oli nggak awet:

Lengkapnya sebagai berikut:

ENTERPRISE INDONESIA:
Aku ga setuju klo mas bilang ga ada udara masuk transmisi. Salah besar. Jelas ada. Dari selang nafas/selang gardan.

Aku menduga itu memang penyebabnya. Apalagi desain yamaha, selang gardan diarahkan ke bak cvt dimana sirkulasi udaranya bercampur dgn abu hasil gesekan kampas ganda, gesekan roller, bagian vbelt yg mengering dan keropos, debu/udara bebas, dll.
Tentunya itu juga masuk faktor perhitungan. Apalagi, oli transmisi diformulasikan terkonsentrasi pada friksi dan panas karena gesekan. Mungkin anti oksidasi hampir tidak ada disana dan itu bisa jadi faktor penyebab oli gardan pd motor yamaha cpt kotor/keruh.

itu yang sempat jadi analisaku dulu mas.
Pertama kemungkinan karena abu kampas ganda dan glitter yang ikut terbawa lewat selang nafas.
Kedua ketika sampai di gearbox, dalam ruang gearbox ada roda gigi, laher dan oli juga bekerja. Ditambah oksidasi, panas gesekan antar logam dan faktor kualitas oli. Bukan tidak mungkin perubahan warna semakin cepat terjadi.

Apalagi yamalube, sy sudah pernah berkomentar kan sebelumnya bahwa oli tsb saat dipanaskan pada suhu 80°C saja sudah pecah dan terbakar. Tentunya perubahan warna juga pasti terjadi apalagi dalam gearbox, sirkulasi udara panas terkurung tidak ada sirkulasi beda dengan difilter udara yg mana dibantu daya hisap dari karburator/injector yang menghisap udara panas dari gearbox dan bersirkulasi dengan udara bersih dari filter udara.

Sama saja prinsipnya seperti selang nafas oli mesin. Hanya saja bedanya jika selang nafas oli mesin, mesin yang memberi daya hisap dan buang dari dan menuju filter, sedangkan selang nafas oli gardan netral, hanya memanfaatkan daya hisap karbu/injector untuk menghisap udara panas di gearbox.

Dan saya coba membuktikan apakah benar itu penyebabnya dengan cara memanipulasi saluran selang (pindah ke filter udara dgn lubang tambahan).

Dan benar saja. Setelah itu oli tetap bening walau sudah 2000km. Berarti eksperimen membuktikan bahwa kesalahan terletak pada DESAIN YAMAHA.

Yg jelas, setelah aku modifikasi hasilnya amat sangat jauh lbh baik. Mungkin bisa bertahan sampai 6 bulan atau 20rb km jika pakai oli mesin 20w50 apalagi + migor. Karena setelah dengan caraku tsb, ketika aku kuras olinya masih jernih dan setelah membandingkan dengan oli baru dgn merek yg sama, kekentalannya sama. Hanya saja warna sedikit sekali berbeda mungkin karena faktor oksidasi dan pengaruh gesekan.

Ya bisa dikatakan masih layak pakai. Karena aku kuras ketika kilometer sekitar 10rb.

Selang oli gardan didesain ke cvt, oli gardan keruh. Setelah dipindah ke filter, malah lbh bagus n tahan lama.

Faktanya jelas. Penjelasannya jelas. Masa iya selang nafas oli buat gardan dialirin dari sirkulasi buang cvt dimana sirkulasi buang cvt itu buat membuang sisa abu kampas ganda dan kotoran dr cvt. Manusiawi kah pabrikan? 😂😂

Penulis pun sangat tertarik untuk menerapkan ini. Karena penulis selama ini pakai cara yang termasuk cukup beresiko, yaitu menambahkan oli sehingga kapasitasnya dua kali lipat. Aturan oli transmisi 150 ml, diisi 300 ml. Pakai oli belakang 50 seadanya.

Kalau benar memindah anginnya dari CVT ke filter udara bisa membuat oli transmisi lebih awet, mengapa tidak?

Namun penulis kaget juga setelah mengecek sendiri, karena kok ternyata selang udaranya transmisi sudah ke filter udara:

Di honda beat pun sama.

Di Suzuki Nex II tidak:

Tapi kelihatan ada sparenya di box filter udaranya:

Jadi di motor penulis nggak ada yang seperti diceritakan oleh enterprise indonesia. Atau barangkali yang dimaksud yang implementasi berikut? Terlihat breather transmisi nyambungnya ke CVT:
Masih Banyak yang Bingung, Ini Penyebab Oli Mesin Motor Naik ke Box Filter Udara

Sepertinya sekarang pada direvisi pindah ke filter udara. Kan mending uap olinya lari ke filter udara kan daripada lari ke CVT?
Ini yang Terjadi Jika Oli Mesin Naik Sampai Box Filter Udara

Ada yang penasaran apa yang terjadi kalau ada oli mesin sampai naik ke box filter udara. Penyebab oli masuk ke filter udara karena kelebihan isi oli mesin motor.

Ada yang bilang begini:
Lubang Hawa Mesin – Crankcase Breather, Perkenalan!

Letak breather ini biasanya berada tepat di atas crankcase (bilah mesin bagian tengah) dengan bentuk selang yang biasanya terhubung dengan boks filter udara. Khusus motor matic biasanya lubang hawa berada di cover silinder head dan di atas girboks yang menuju kotak saringan udara. Tujuan dipakainya selang agar posisi lubang keluar-masuk udara berada lebih tinggi, sehingga oli nggak sampai nyembur.

Mungkin tujuannya memang untuk mengurangi tekanan udara di ruang olinya. Uap oli jadi ada tempat larinya. Kalau dihubungkan ke filter yang ngocornya ke filter, kalau dihubungkan ke CVT, ngocornya ke CVT.

Tapi dengan begini maka penulis harus pasrah oli transmisi di NMAX ini tetap nggak bakal awet, karena yang sekarang pernapasan oli transmisi sudah ke box filter udara. Mau dikemanakan lagi? Kalau dibuntu bisa saja malah lari ke sela sela as roda atau lebih parah lagi, ngalir ke CVT.

10 respons untuk ‘Oli cepat rusak di matik Yamaha gara gara selang pernapasan transmisi salah tempat? manfaat breather

  1. Coba pake Rored hda sob.. efektif di lingkungan tak bersih.. efeknya akselerasi agak berat dikit tapi awet bingits..

    Suka

  2. Selang yg ke cvt kayaknya terjadi pada metik lama (nouvo, mio karbu, beat karbu) yang box filternya menyatu dalam bodi bukan diatas cvt, jadi kejauhan antara transmisi ke filter

    Suka

  3. Om mau nanya…
    Motor blade habis over size, 3 bln yg lalu pakai oli mpx…kenapa kalau jarak jauh 15 km, saat berhenti ada asap putih tipis dr knalpot? Tp kalau jarak dekat gak ada asap..apa karena olinya?
    Kalau oli diganti mesran super 20w 50 bisa gak? kira2 asapnya masih keluar gak

    Suka

    • Kurang paham, tapi oli bisa berpengaruh. Silahkan coba dulu mesran super yang SAE 40 dulu. Soal asap, kalau itu sudah dibuat cacat oleh MPX, bisa jadi akan tetap seperti itu. Perlu cek ring pistonnya.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.