3 kelemahan fatal suspensi NMAX (KYB), tabungnya aspal, punya ADV dan PCX sama?


Disini penulis menganggap suspensi NMAX itu selevel dengan suspensinya PCX dan ADV. Tapi memang baru yakin kalau ada yang bongkar suspensi ADV baru ketahuan selevel atau tidak. Yang jelas, sekarang ini sudah banyak yang bongkar suspensi NMAX (yang pakai tabung tambahan). Dan dari menyimak video ini, kekecewaan terhadap suspensi NMAX jadi makin besar. Dan yang punya Honda maxi, perlu pelajari juga.

Yang belum tahu, motor NMAX penulis itu suspensinya tabung. NMAX versi 2018, dengan suspensi produksi 28 Juli 2020:

Sebelumnya penulis sudah cerita bahwa jeleknya suspensi bawaan NMAX ini, merek KYB ini, adalah hambatan suspensi hampir nggak ada dan hambatanya nyisih. Kali ini nemu cacat produk lainnya.

Mengapa penulis sebut tabungnya aspal?

1.Hambatan dari shockbreaker hampir nggak ada. Hal ini bertentangan dengan azas suspensi tabung. Harusnya suspensi tabung itu hambatannya lebih besar karena dari tabungnya akan memberi tambahan hambatan:

Suspensi yang nggak ohlin pun sama. Bahkan di yang ada setelannya, suspensi bisa dibuat seperti batu, nggak gerak sama sekali:

Sementara itu yang di NMAX penulis, hambatannya ringan banget. Habis lewat polisi tidur bisa mengayun naik turun lebih dari 4 kali. Parah ini. Karena harusnya suspensi yang ideal itu nggak sampai selama itu. Idealnya seperti berikut ini, critical damping:

Klaim berikut oleh Yamaha itu jelas bohongnya, dibuat tebal tulisannya:
Mengetahui Cara Kerja Suspensi Tabung Yamaha NMax

Tapi bicara handling, terasa kurang lantaran sok belakang yang terlalu empuk. Tak jarang konsumen merasakan gejala mentok atau dikenal dengan istilah buttoming/buttom out. Masalah itu pun kemudian dipecahkan Yamaha Indonesia melalui pengaplikasian suspensi tabung tadi.

“Kalau mau masuk tikungan pergerakan suspensi relatif lebih cepat. Belum lagi hard braking yang membuat tekanan lebih berat buat suspensi. Begitu keluar tikungan, biasanya rebound-nya cepat. Kalau ada subtank, kecepatan naik-turunnya suspensi jadi lambat. Otomatis handling lebih enak dan roda di aspal mencengkeram lebih baik,” terang Slamet lagi.

Bohong.

Di motor NMAX penulis, kerasnya suspensi jelas sumbernya dari per (dan mekanisme stopper). Sementara itu efek hambatan tabungnya sangat minim sehingga motor terasa tidak stabil. Cari mati kalau kencang di jalan tidak rata. Cengkeraman ban ke aspal amat payah.

Hambatan yang dibuat minim ini ada alasannya. Alasannya adalah karena tipe suspensi dari NMAX dan kawan kawan itu adalah single action. Desain yang entah mengapa dipertahankan mulai dari jaman Astrea Star atau lebih lama lagi.

2.Single action itu artinya hambatannya nggak imbang atau berat sebelah. Hambatan compressionnya hampir nggak ada. Yang dihambat cuma reboundnya saja. Untuk gampangnya, penulis menggunakan video berikut sebagai acuan, menit 17:28:

Desain bodoh seperti ini membuat motor jadi mudah mentok ketika dibuat boncengan. Sayangnya dari ahli pabrikan tidak membenahi desain bodoh ini sampai sekarang. Terbukti dari desain suspensi NMAX produksi 28 Juli 2020 masih menganut desain bodoh tersebut.

Pabrik sekelas ohlins tentu tidak sebodoh itu. Suspensi mereka punya hambatan baik di kompresi maupun rebound.

Ahli suspensi YSS pun sudah paham akan hal itu. Seperti bisa dilihat di menit 8:59 video di atas. Walau ada memang tukang skok yang menganggap itu bodoh.

Untuk mengatasi masalah njedok saat dipakai boncengan, ahli pabrikan pastinya cuma punya 3 solusi (karena mereka ngotot pakai metode single action), yaitu per dibuat lebih keras, hambatan shock breaker dibuat seperti suspensi yang sudah rusak, atau keduanya sekaligus.

Contoh suspensi yang sudah rusak bisa dilihat motor Honda Beat di video berikut, menit 21:10:

Boncengan pakai NMAX penulis (saat suspensi masih ori) ya kayak boncengan pakai Honda Beat itu juga. Sama sama lama mentulnya, nggak berhenti berhenti.

Oleh karena itu hasilnya adalah suspensi yang keras nggak nyaman dan nggak stabil, atau suspensi yang empuk tapi mudah mentok dan nggak stabil. Dua duanya pada nggak stabil semua.

Sayangnya teknik ini juga dipakai oleh beberapa tukang skok. Yang penulis tahu jelas adalah yang terkenal di youtube sebagai dukun shockbreaker:

Ia pakai teknik mengurangi hambatannya. Baik dengan menambah lubang ataupun membuat guratan di luar pistonnya.

Ia adalah youtuber yang sebelumnya penulis ceritakan menganggap suspensi YSS sebagai suspensi nggak mikir. Dan ia pun modif suspensi YSS jadi kayak KYB. Hambatan dibuat cuma searah saja.

 

Penulis pikir masalah suspensi NMAX cuma itu saja. Tapi tidak disangka, penulis ternyata menemukan cacat lagi. Kali ini juga jelas merupakan penipuan yang dilakukan Yamaha ataupun KYB. Klaim Yamaha seperti ini, katanya ada nitrogennya:
Mengetahui Cara Kerja Suspensi Tabung Yamaha NMax

“Balon yang materialnya karet ini isinya nitrogen. Fungsinya, kalau sok mengalami kompresi (tekanan), oli dari sistem suspensi bakal mengalir ke subtank. Balon itu gunanya untuk menahan dan saat langkah balik (rebound), oli di bagian itu menekan balik,” kata Slamet Kasianom, Senior Technical PT YIMM.

3.Tapi kenyataannya? Penulis coba lihat beberapa video yang isinya bongkar suspensi NMAX. Dan di semua video itu, nggak ada yang bagian tengahnya bergerak keluar lagi setelah ditekan ke dalam:

Padahal, suspensi harga 500 ribuan (sepasang dengan tabung tambahan) pun bisa bergerak kembali ketika tengahnya ditekan, menit 3:15:

Padahal suspensinya Suzuki Spin pun bisa bergerak kembali ketika ditekan! Menit 1:14. Sekalian ada contoh suspensi yang teknologinya sama (kunonya) dengan teknologi yang diterapkan di suspensi NMAX:

Parah banget ketika suspensi yang harganya 1,3 jutaan (apalagi nggak ada setelan preload nya, dengan build quality yang jauh lebih jelek) nggak bisa mantul kembali.

Melihat kasus ini, penulis terus terang ragu pada suspensinya PCX dan ADV juga. Jangan jangan sama parahnya:

Disebut ada gasnya juga. Harusnya kalau dibongkar, ketika ditekan bisa balik keluar lagi seperti suspensinya Spin. Tapi kayaknya belum ada videonya.

👎👎👎 Thumb down untuk Yamaha dan KYB 👎👎👎.

Penulis nggak mengharapkan perbaikan suspensi bawaan motor (sudah dijual). Cuma untuk penjelasan bagi yang lain bisa lebih paham mengapa kok banyak yang bilang suspensi bawaan motor nggak enak.

37 respons untuk ‘3 kelemahan fatal suspensi NMAX (KYB), tabungnya aspal, punya ADV dan PCX sama?

    • enak, gw dah review beberapa hari pemakaian, bukan dienak enakin karena dipinjemin, justru mayoritas bahasan review nyebut kinerja shock ini.. menurut gw pribadi nyamannya selevel maxi PCX.. gleserrrr…

      Kalau address punya desain yang lebih enak diliat, nomor 1 dah gw ngantri punya hehe..
      Tapi level reviewnya memang sebatas butt o meter alias perasaan, gak pake alat apa apa..

      Suka

  1. Sok vixion NVA dan NVL itu salah satu yg enak redamannya, tapi mungkin lantaran kinerja shockbreker dibantu linkage suspension system, hehehe…

    Suka

    • Shock cartridge 250RR secara logika lebih canggih dan lebih mahal dibanding 150R
      Ahm sendiri bilang kalo shock 250RR lebih baik di tikungan, SFF BP 150R tu ga lebih dari versi hemat nya 250RR

      Disukai oleh 1 orang

      • Nah yang mengganjal disitu, kenapa ada pembahasan seolah jadi seperti lebih bagus dari yang cartridge. Apalagi ZX25R juga pakai tipe ini. Sedangkan CBR250RR belum, lalu R15 juga pakai SFF tapi ga tau model apa. Jadi buat saya ada dispute karena claim nya inkonsisten.

        Disukai oleh 1 orang

      • wah kalau soal cartridge lebih canggih dan lebih mahal, bukan ay gak sepaham tapi emang gak tau. Karena sejauh ini mindset SFF-BP terkesan lebih canggih karena terpasang di banyak moge juga ZX25R..

        Cuma pak Endro menyebutkan keduanya masing masing punya kelebihan.. Cartridge mantap di segala kondisi jalan dan tikungan..

        Suka

        • Gambarannya, shock BP itu lebih “nyaman”
          Lebih meredam jalanan (di kecepatan tertentu)
          Sementara shock cartrigde itu lebih “predictable”
          Jadi jalanan lebih terprediksi, hentakannya lebih konsisten berapapun speed nya, sementara shock BP hentakannya kadang lebih smooth, kadang lebih hard tergantung speed

          Shock balap itu pakenya cartridge, kalo shock BP lebih cocok buat harian, shock cartridge lebih mahal karena part nya lebih banyak

          Suka

  2. bused prof sadis kalau udah ngeledek wkwkkw.. sampe bikin para FBY mingkem dan melipir bahas ke soal lain, padahal yang dibahas apaan awoookkk

    Btw soal shock subtank NMax, memang ay gak pernah nyoba secara harian, hanya waktu rilis pertama kali di Sentul kecil.. dengan menggunakan meteran Butt o’meter alias feeling, yang ay rasain sih memang lebih mantap (cenderung empuk) dibanding versi sebelumnya yang ay punya..

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.