Oli mesin merek Jerman itu kalau fully synthetic dijamin beneran fully synthetic? Tidak. Amsoil pun tidak


Sebelumnya penulis bahas bagaimana ada oli mineral diklaim sebagai sintetik oleh seorang sales. Kali ini ingin menguji lagi pernyataan sales dan pendukungnya yang menyatakan bahwa oli Jerman itu kalau fully synthetic pasti PAO semua atau Ester semua. Nggak ada mineralnya.

Seperti biasa, ngomongnya terkesan meyakinkan. Ia memberikan contoh contoh, yang kalau di cek ternyata sama saja bohong .

Contohnya:

Disebut olinya adalah grup 5. Oli yang dimaksud adalah yang berikut ini:
MOTORBIKE 4T SYNTH 5W-40 STREET RACE

Fully-synthetic motor oil of supreme quality. Lubricates and protects the engine, optimizes the power output, minimizes wear and ensures excellent cleanliness. As the official motor oil of the Moto2 and Moto3 series, it has proven itself even under extreme conditions.

Apa benar fully grup 5? Sayangnya tidak disebutkan di datasheet. Tapi jelas bahwa oli tersebut ada campuran mineralnya (paraffinic)):

Walau nggak berarti bahwa kalau ada mineralnya jelek. Tapi klaim bahwa itu oli grup 5 itu rasanya terlalu mengada ada. Di deskripsinya pun nggak berani sebut oli full ester.

Oli disebut sebagai oli diesel yang full PAO dan VHVI. Itu oli yang ini, disebutkan sebagai oli dengan campuran sintetik:
LONGTIME HIGH TECH 5W-30

Synthetic technology low-friction motor oil with the latest wear-protection technology and extremely high power reserve for maximum performance.

Dari datasheet, jelas bahwa oli ada campuran mineralnya (paraffinic, hydrotreated):

Oli ini juga disebut full PAO VHVI. Olinya yang ini, dan sama sekali nggak disebut soal sintetik pada deskripsi:
MOLYGEN NEW GENERATION 5W-30

Low-viscosity high-tech low-friction motor oil with high shear stability. Combined with innovative additive technology and the special Molygen additive. Reliably prevents the formation of deposits, reduces frictional losses in the engine and provides optimum protection against wear. The results are savings in fuel and an extended service life for the engine.

Dari datasheet, jelas terlihat bahwa sebagian besar dari oli, lebih dari 50% adalah oli mineral (hydrotreated):

Begitu kok disebut FULL PAO VHVI?

Terus bagaimana dengan oli dari Liqui Moly yang disebut full syntethic atau jermannya vollsynthetisch?

Penulis ada contoh berikut oli yang disebut fully synthetic:

Penulis pilih yang berikut ini. Di deskripsi disebut jelas sebagai oli fully syntethic:
SYNTHOIL LONGTIME 0W-30

Fully synthetic low-viscosity motor oil for the cost-conscious driver.

Memang di datasheet disebut ada PAOnya, tapi juga ada mineralnya:

Katanya kalau nggak 100% nggak disebut fully synthetic. Padahal nyatanya nggak 100% tapi berani tuh sebut olinya sebagai fully synthetic?

Nggak cuma liquimoly saja yang praktek begini, oli yang terkenal dengan sebutan oli 100% synthetic, amsoil, juga sama:

Signature series merupakan versi paling tinggi dari oli amsoil. Katanya 100% synthetic, tapi mengapa ada mineral di situ???

btw, hydrogenation atau hydrotreating adalah proses untuk buat oli grup 2 atau 3:
Understanding the Differences Between Base Oil FormulationsBennett Fitch, Noria Corporation

Untuk yang merasa oli sintetik paling baik juga perhatikan. Bahwa oli yang ngaku ngaku full synthetic saja dicampuri oli mineral biar bagus, ngapain masih menjelek jelekkan oli mineral?

10 respons untuk ‘Oli mesin merek Jerman itu kalau fully synthetic dijamin beneran fully synthetic? Tidak. Amsoil pun tidak

  1. Hahaha, uang saya ga banyak jadi beli oli biasa aja, dulu suka pakai Q8 atau Total Q9000, setelah harganya jadi kemahalan, saya balik lagi pakai Idemitsu yang mineral.

    Suka

  2. Mantap prof, terus dalami ilmunya, bermanfaat nih…

    Btw ay sih udah curiga kalau yg namanya synthetic technology ya bisa diasumsikan bukan full synthetic.. cuma teknologi nya aja yg ala full syn.. entah adonannya, campurannya apapun lah ..

    Hmmm jadi apa bisa dibilang tidak ada yang benar benar full synthetic? Mungkin kalau campurannya lebih dari 70 persen bisa dianggap full kali ya? Hehe

    Suka

  3. Betul om, jangan sungkan dengan oli mineral selama pemakaian mesin tidak brutal. Kalau ingin mulus dan getaran halus ditambahkan minyak goreng aja. Pemakaian halus dengan kemacetan yang padat merayap bisa menghemat 2 km per liter (terbukti di Scoopy K16 2017 dan Blade KWB 2011)

    Suka

    • wah bisa ada efek begitu ya. Iya, mau pemakaian brutal sekalipun, saya tidak ragu pakai mineral. Malah saya justru lebih cenderung pakai yang mineral daripada sintetik yang harganya lebih mahal.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.