Ternyata ada alasan mengapa top speed Suzuki Hayabusa cuma 185 mph / 187 kph


Suzuki Hayabusa sudah muncul gambar jelasnya. Kecepatan disebut hampir 300 km/jam. Kalau lihat speedometernya, terlihat jelas bahwa angka maksimal yang bisa ditunjukkan adalah 185 mph atau sekitar 297.8 km/jam:

Jadi mau dibuat lebih cepat pun, speedometer nggak akan menunjukkan lebih besar dari itu. Ternyata ada alasan mengapa ini dilakukan.

Sebenarnya mulai dari versi pertamanya, Suzuki Hayabusa itu sudah mampu melaju hingga lebih dari 300 km/jam:
Suzuki Hayabusa

The Suzuki Hayabusa (atau GSX1300R ) adalah motor sport motor yang dibuat oleh Suzuki sejak tahun 1999. Segera memenangkan pujian sebagai dunia sepeda motor produksi tercepat , dengan kecepatan tertinggi 303-312 km / jam (188-194 mph).

Terus mengapa kok yang sekarang kurang dari itu?

Karena rupanya ada tentangan dari Eropa. Sehingga kemudian jadi ada perjanjian antara Eropa dan Jepang sehingga motor produksi Jepang ini kecepatannya dibatasi, hingga maksimal 186 mph atau 299 km/jam:

Pada tahun 1999, kekhawatiran akan reaksi peraturan Eropa atau larangan impor menyebabkan kesepakatan informal antara pabrikan Jepang dan Eropa untuk mengatur kecepatan tertinggi sepeda motor mereka pada batas yang sewenang-wenang. Nilai yang dilaporkan media untuk kesepakatan kecepatan dalam mil per jam secara konsisten 186 mph, sedangkan dalam kilometer per jam bervariasi dari 299 hingga 303 km / jam, yang merupakan kesalahan pembulatan konversi unit yang umumnya diberikan .

Karena terlalu kencang, maka produksi awal awal diberikan limiter yang ala kadarnya. Yang kalau diakali, motor bisa lebih kencang ketika di tes di jalan raya:
Uncorking the top-speed potential of the Hayabusa and ZX-12R

Pergi ke dunia nyata dan gurun tinggi, situs uji kecepatan tertinggi, kami menjalankan kedua sepeda dalam bentuk stok. Tidak mengherankan, Kawasaki gagal melewati radar gun pada kecepatan 185,6 mph, sementara Suzuki mengerang hingga 183,9 mph. Yawn …. Menyetel ulang Kotak Kuning Zed-Ex menghasilkan ledakan 190,2 mph (dengan speedo membaca 160 mil per jam), dan Hayabusa yang dilengkapi TRE melesat ke 192,4 mph (308 kph). Semua dengan penarik ringan, ingat, tetapi sejalan dengan asli kami ‘Busa’s 189 mph berjalan dua tahun lalu.

Uniknya, kalau limiter tersebut diakali, motor jadi liar:

Ada bonus tambahan, juga: Untuk melindungi Anda dari diri sendiri, ‘Busa memiliki kurva tenaga yang berbeda, lebih lembut, di roda gigi bawah, dan TRE memberi Anda tenaga penuh di setiap roda penggerak – perbedaan yang cukup untuk membuat kami menggelengkan kepala setelahnya. perjalanan “derestricted” pertama kami.

Menariknya, Hayabusa disebut bukan motor fokus kencang. Kenyamanan dan irit juga dapat:

Selain kecepatannya, Hayabusa telah dipuji oleh banyak pengulas karena kinerjanya yang serba guna, karena tidak secara drastis mengurangi kualitas lain seperti penanganan, kenyamanan, keandalan, kebisingan, penghematan bahan bakar, atau harga dalam mengejar satu fungsi.

Padahal itu 20 tahun yang lalu.

16 respons untuk ‘Ternyata ada alasan mengapa top speed Suzuki Hayabusa cuma 185 mph / 187 kph

  1. Moge terbesar yang pernah ay tes harian, kalau ZX14R cuma muterin senayan.

    Hayabusa gak seperti namanya yang terdengar gahar saat dipacu, sebenarnya cukup menyenangkan untuk sebuah moge sebesar itu.. Kalau dipaksa untuk pake harian di Jakarta.

    Ciri khas moge Suzuki yang gak panas (dalam arti gak nyiksa, panas sih tetap) juga ada di Busa.. Karakternya justru kaya mobil, tenang, kalem saat kena macet, gada ndut ndutan.. mesinnya menggeram tenang. Masih bisa njoy lah kena macet juga.

    Satu satunya buat ay yang nyusahin adalah ngeluarin dari jejeran parkiran.. berat wkwkwkw..

    Disukai oleh 2 orang

      • kode belakangnya gak apal wkwkw maaf, tapi kalau yang dimaksud itu yang 2tak, iyes..

        ada udah ay ulas, sayang jaman itu fokusnya ke artikel, gak ke video.. wkwkkw

        Suka

    • mantap. terima kasih sharingnya. Unik juga moge tapi nyaman untuk harian. Mungkin itu yang bikin ada yang kecewa ketika produksi sempat dihentikan ya.

      Iya ya, jaman sekarang harusnya moge touring it ada park assist (pakai listrik) ya?

      Suka

  2. “Selain kecepatannya, Hayabusa telah dipuji oleh banyak pengulas karena kinerjanya yang serba guna, karena tidak secara drastis mengurangi kualitas lain seperti penanganan, kenyamanan, keandalan, kebisingan, penghematan bahan bakar, atau harga dalam mengejar satu fungsi.”

    Nyambung soal kebisingan, menurut penulis bisakah untuk upgrade power paling simple yg umumnya dicapai lewat ecu + knalpot racing freeflow disubstitusi dengan ecu + knalpot custom leher racing tapi silencer dari milik motor lain yg ccnya lebih besar?

    misal gsx150 pakai silencer pulsar 200, tujuannya agar upgrade power ala knalpot racing dapat tapi tetap senyap ga berisik. Klo bisa mohon dibuatkan artikelnya, terima kasih

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.