Impresi awal (kecewa) oli mesin Shell Advance Ultra Scooter dan review Mesran Super 20W50 di NMAX


Penulis kemarin memutuskan ganti oli Shell Advance Ultra Scooter 5W40:

Oli ini sudah SNI:

Harapan penulis pakai oli ini adalah ingin review kembali bagaimana kualitas Shell kalau olinya yang kelas atas. Karena penulis sudah pernah coba Shell Advance AX-5 (di Suzuki Spin) dan KGO (di NMAX) merasa kecewa karena shear stability kurang bagus. Untuk NMAX juga kurang layak olinya, sehingga penulis terpaksa ganti hanya dalam beberapa hari saja. Entah saat itu salahnya V-Power atau KGO, yang jelas keduanya bukan kombinasi yang cocok untuk motor NMAX penulis (yang sudah dibuat FD oleh Yamalube Supermatic)

Oli yang digantikan adalah Mesran Super 20W50. Motor sudah 400 km menggunakan versi untuk mobil, dilanjutkan 960 km versi untuk motor.

Oli masih cukup kental ketika di drain, bahkan terlihat sulit keluar (saat itu hujan). Tapi warna oli sudah cukup hitam. Jumlah oli terkesan berkurang, atau bisa jadi ada banyak yang tersangkut di dalam. Berikut saat drain:

Oli masih mampu melindungi mesin dengan baik walau sudah dipakai 960 km (termasuk bagus untuk motor NMAX penulis). Suara amplas tidak ada. Bahkan saat oli jadi agak encer setelah dipakai kencang sekalipun, tidak muncul suara seperti diamplas. Beda dengan ketika pakai KGO atau Prima XP 20W50. Jadi oli diganti dalam kondisi masih layak pakai. Jadi seharusnya tidak ada hal yang membuat kualitas oli baru jadi ngedrop.

Kali ini penulis tidak menambahkan minyak goreng sama sekali. Penulis ingin benar benar menguji kemampuan oli baru. Tapi tentu masih ada cukup banyak campuran minyak goreng yang tersangkut di mesin.

Dari impresi awal, penulis jadi sadar bahwa penulis salah pilih oli. Karena lagi lagi penulis merasakan tenaga motor jadi berkurang. Ciri yang sudah biasa terjadi ketika menggunakan oli khusus motor matik. Karena aditif yang banyak maka mesin jadi lebih berkerak. Karena lebih berkerak maka tenaga tidak mau keluar.

Karena oli yang lebih encer, memang rpm motor lebih mudah naik pada saat stasioner, beda dari ketika masih pakai mesran super. Tapi cukup mengejutkan juga karena ternyata motor justru jadi terhambat ketika melaju di rpm tinggi. Setelah menggunakan Shell Ultra ini, untuk lari lebih dari 100 menjadi sulit. Tarikan terasa lebih lemah.

Untuk sementara masih tidak merasakan penurunan kualitas oli setelah gas pol. Tapi ini masih impresi sementara. Penulis akan bahas lagi setelah ganti oli berikutnya. Kalau sebelum itu sudah bahas, rasanya bukan soal pujian.

Untuk oli berikutnya penulis masih mempertimbangkan. Penulis akan hindari oli lokal dulu seperti Seiken, Unioil, Federal, Agyp, Evalube, dst. Penulis juga hindari yang jelas mineral seperti Motul 5100, Gulf Pride, Total, dst.

Oli PAO yang cukup murah adalah PTT Synthetic yang 15% PAO. PTT yang 75% synthetic (Super) harganya cukup mahal, 250 ribu. Revanol PAO 300 ribu. Menurut penulis mending sekalian merek Redline 300 ribu.

Penulis menghindari Liqui Moly karena sepertinya nggak ada esternya, walau PAO sekalipun. Mestinya wajar karena ester itu bentrok dengan molybdenum disulfide, aditif yang jadi andalan Liquimoly.

12 respons untuk ‘Impresi awal (kecewa) oli mesin Shell Advance Ultra Scooter dan review Mesran Super 20W50 di NMAX

  1. daaahh, minta ganti aja ring piston punya R15 V3, atau beli Ring Piston merek “RIK” tapi yg original lho, siapa tau gejala FD jadi sirna, sehingga tidak perlu eksprerimen gonta ganti oli lagi.

    kalo ring piston berkualitas harganya lebih mahal dari pistonnya sendiri, biasanya.

    *newCB150cukupdiemaja

    Suka

  2. Gk nyoba Shell Ultra yg 15w-50 aja om? soalnya kyknya emng karakternya SAE 40 an di nmax nya om cahyo rata2 kurang bisa menghasilkan power high rpm sama suara halusnya

    Suka

    • Iya sih, memang sepertinya lebih cocok yang 15W50. Mungkin pengharapan saya terlalu besar untuk ultra scooter ini. Tapi waktu jalan kencang tidak terasa terhambat. Engine brake masih lancar, ketika rpm rendah terasa licin. Namun tenaga yang jelas berkurang.

      Untuk berikutnya lebih berpikir cari PAO yang murah. Ini sedang mengumpulkan spek / buat daftar spek oil yang sebentar lagi saya posting.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.