Suspensi nmax keras dibilang karena sebenarnya didesain terutama untuk bawa barang? Yang bener aja bro


Jadi ceritanya waktu penulis upload video yang menjelaskan mengapa kok suspensi NMAX itu nggak sesuai dengan harganya, ada yang protes seperti berikut:

Penulis diprotes mengapa kok menjelek jelekkan produk. Dan ia sampai senyum senyum. Penulis pun minta jawabannya. Nggak dijawab, tapi kemudian ia secara tidak langsung menjawab ketika ada yang komen lagi:

Jadi sebenarnya yang ia protes adalah pabriknya. Dianggap:
1. Pabrikan sengaja desain pukul rata sehingga suspensi itu cocoknya dibuat rekreasi atau bawa bawa barang
2. Pabrikan sengaja desain suspensi nggak enak biar aftermarket laris.

Bahas yang pertama dulu.

Penulis sangat tidak setuju bila disebut NMAX itu didesain untuk rekreasi sambil bawa barang barang banyak. Karena dalam kondisi standar, NMAX itu tidak cocok untuk bawa barang. Lha wong gantungan depan saja nggak ada. Pegangan tangan belakang juga nggak mungkin dipakai untuk mengikat barang bawaan.

Mungkin karena melihat bagasi yang besar?

Memang bagasi NMAX itu besar. Tapi daya muatnya kecil sekali. Maksimal 5 kg. Padahal bagasi depan yang kecil saja bisa 1,5 kg:

Jadi mau rekreasi pun bakal kesulitan.

Jadi yang jadi beban paling berat itu adalah ketika dipakai boncengan. Tapi penulis pakai boncengan bertiga pun, dengan berat total sekitar 175 kg, dalam kondisi standar tanpa modifikasi NMAX itu masih terasa keras suspensinya. Terutama karena sentakannya.

Nah soal sentakan ini perlu dibahas juga. Karena yang terutama bikin sakit pinggang itu adalah mekanisme engine mountingnya yang ALEH (anti lift engine hanger). Stopper dari mekanisme ini membuat sentakan jalan jadi berkali lipat ketika sudah sampai ke pinggang.

Dan jelas tujuan penggunaan ALEH bukanlah untuk bawa barang.

Penulis lebih cenderung menyebut pabriknya tidak mampu untuk membuat suspensi yang nyaman. Terbukti dari penggunaan mekanisme ALEH yang kurang pas untuk Indonesia. Dan teknologi suspensi belakang yang single action, lemah hambatannya, dan keras pernya.

Untuk soal yang kedua menurut penulis lebih tidak masuk akal lagi. Masa iya pabrikan Jepang ingin memakmurkan suspensi aftermarket. Ingat bahwa Yamaha jadi pabrikan yang menawarkan suspensi tabung pertama untuk matik maxi. Apa iya itu pingin memberi peluang pada merek aftermarket lain? Honda juga berusaha bikin nyaman (walau menurut penulis gagal juga) misalnya per dengan tiga tingkat kekerasan di PCX dan ADV.

Di sisi lain, jawaban bro Muchlisin ini jelas memprotes pabrikannya. Dan yang penulis lakukan juga sama, yang penulis protes pabrikannya. Karena tidak nyaman itu bukan cacat produk, bukan kesalahan saat memproduksi, tapi kesalahan kebijakan atau kesalahan dari niatnya, dari desain awalnya.

9 respons untuk ‘Suspensi nmax keras dibilang karena sebenarnya didesain terutama untuk bawa barang? Yang bener aja bro

  1. Pabrikan sih mampu bikin/pasang shock empuk, buktinya di motor sport naked dan bebek bisa tuh bikin yg empuk dan stabil
    Sy kira faktor utamanya harga, bikin metik ongkos sudah habis duluan buat cvt ,bodi sama fitur segambreng… lha harga shok standar pabrik kan muahal? Bisa aja harga OEM jauh murah, tapi subsidi silang, itu aja juga ga pake teknologi link apalagi + monoshock (ala sport)

    Suka

    • Suspensi matic honda awal2 dulu empuk lo
      Contoh vario karbu dan vario125 gen 1
      Stabil juga, ane biasa miring2 sampe standar gasruk
      Empuk, cuma saking empuknya kalo boncengan sering gasruk poldur
      Banyak yang protes, akhirnya diganti lah yang ga gasruk (keras), vario 125 led itu keras

      Suspensi yamaha ada juga yang empuk, Xride gen 1, eh di gen 2 malah diganti yang lebih keras (lebih mahal pula)

      Disukai oleh 1 orang

        • Coba aja ganti shock beat pake shock vario karbu, barangkali masih ada stock di dealer

          Udah buatan lokal
          Shock vario125 bohlam itu cuma selisih 20rb lebih mahal, tapi kenyamanan beda jauh dengan vario125 led, dan lucunya ga bisa dipasang di vario125 led

          Suka

          • Kalau beat pakai shock vario bisa jadi terlalu empuk. Karena banyak yang bilang terlalu keras saat pakai suspensi YSS DTG padahal kalau di Beat empuk (kerasnya per sama persis).

            Baru tahu kalau nggak kompatibel. Aneh juga ya.

            Suka

    • Nggak setuju. Karena untuk suspensi belakang, beberapa motor sport / bebek bikin kecewa pemiliknya. Kurang di refinementnya. Saya dulu juga punya bebek nggak stabil, Supra Fit X New.

      Untuk soal harga, mestinya untuk membuat suspensi jadi double action itu cuma soal per dalaman dan klepnya piston shock breaker.

      Untuk soal subsidi silang, itu artinya kelas motor 95% dibuat untuk mensubsidi yang 5%? Kalau beneran terjadi, pabriknya jelas nggak mikir. Tapi memberi suspensi nggak nyaman ke motor itu juga sudah ciri pabriknya nggak mikir.

      Untuk soal harga OEM murah, melihat harga yang versi kw, rasanya nggak jauh beda dengan yang sudah modern

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.