PCX 150 Australia direkomendasi oli mesin 10W-40, bukti beda keahlian yang merekomendasi


Selama ini penulis menganggap bahwa oli 10W30 untuk motor Honda itu tidak layak untuk Indonesia. Di Indonesia itu direkomendasikan oli “sintetik” dengan kekentalan 10W-30:
Panduan Servis Honda PCX 150, Oli Pakai Full Sintetik SPX2

Agenda servis berkala dari pabrikan ditetapkan tiap kelipatan 4.000 km. “Namun kita rekomendasikan untuk rutin melakukan penggantian oli tiap 2.000 km, terutama untuk yang dipakai rutin jalan jauh dan macet. Agar kualitas pelumasan tetap baik,” buka Timbul Suwardi, kepala mekanik di AHASS Wahana, Gunung Sahari. Nah olinya juga direkomendasikan pakai tipe SPX2 yang sudah full sintetik, “Oli untuk PCX ini disarankan pakai tipe SPX2, visikositasnya sama dengan MPX2 yaitu 10W-30, namun untuk SPX2 sudah full sintetik,” lanjut pria ramah ini.

Terlepas dari rekomendasi pakai oli sintetik, padahal yang di Jepang rekomendasi mineral:

Terlepas rekomendasi ganti oli tiap 2 ribu km walau ditetapkan pabrikan tiap 4 ribu km. Perhatikan bahwa kekentalan yang direkomendasikan kepala mekanik AHASS adalah 10W-30.

Menurut penulis kekentalan segitu terlalu encer. Untuk motor Honda Beat eSP saja terlalu encer, apalagi untuk PCX 150 (atau PCX 160) yang tenaganya lebih besar.

Penulis sudah sering cerita bagaimana top speed motor Honda Beat eSP kehambat disertai suara berisik dari mesin..Dipakai pelan pun kasar dan nggak enak. Terasa hambatan dari mesin. Terasa kurang licin (ini sulit dijelaskan).

Menurut penulis, yang berikut ini bisa jadi karena olinya juga:
Ayok Pilih_pilih Oli Yang Bagus Untuk Honda PCX

Need help Gan, pcx ane ngempos gan saat tarikan diatas 80, di gas full nah baru ngempos. udah dinservice ke hondanya masih aja berasa malah klo yg skrng tarikan awal kadang kadang ngempos nya berasa gan, minta pencerahannnya suhu

Penulis yakin bahwa penulis bakal mengalami itu juga bila memaksakan pakai oli terlalu encer (10W-40) di NMAX penulis, dengan masa penggantian oli 400 km. Lha wong pakai oli “dijamin” 100% sintetik dari Shell Ultra Scooter saja dalam 200 km sudah terasa berat dan top speed jelas sekali berkurang.

Problemnya bukan merek motornya, tapi kekentalan olinya.

Iya, pakai oli lebih encer memang bisa meningkatkan performa. Tapi itu soal “bisa”. Karena kalau mesin tidak didesain khusus biar bisa pakai oli encer, maka akibatnya justru performa mesin berkurang. Dan performa motor jadi nggak sip pakai 10W30 itu ciri teknologi mesin kurang mumpuni. Seperti penulis jelaskan sebelumnya:
Sampai PCX 160 pun masih merekomendasikan oli mesin API SG, kok bilang mesin modern butuh SN?
Apa sih sebenarnya yang membedakan API SN, SG, SL dst? Konkritnya

Memang pakai oli dengan kualitas lebih layak bisa membuat masa pakai lebih lama dari yang rekomendasi. Tapi menurut penulis harusnya rekomendasi kekentalan itu juga memperhatikan kemampuan dari oli sampah juga. Penulis sering sebut Yamalube Super Matic itu oli jelek. Dengan menggunakan oli yang lebih mahal atau yang lebih bagus (belum tentu mahal) memang bisa membuat oli lebih awet. Tapi penulis pakai oli “jelek” dengan kekentalan yang lebih tinggi terbukti bisa lebih baik juga.

Bila AHM menyediakan oli 10W40 atau Yamaha menyediakan oli 20W50, maka bisa jadi motor performanya akan lebih ok. Di spin juga penulis sering eksplorasi oli. Selain oli oli yang parahnya minta ampun, rata rata oli bisa memberikan performa yang layak.

Sesuatu yang nggak masuk akal (kasarannya: bodoh) bila menggunakan standar negara 4 musim yang letaknya di dekat kutub utara dengan negara 2 musim yang letaknya di ekuator.

Namun ada juga yang masuk akal. Seperti misalnya yang dijelaskan di buku manual Honda PCX 150 di Australia.

Ada tulisan begini:

Disebut bahwa grade kekentalan dari oli mesin itu harusnya didasarkan pada suhu tempat yang kita lewati.

Sayangnya indikator tidak dipisah antara yang 10W-30 dengan yang 10W-40. Tapi bisa kita simpulkan bahwa pada suhu lingkungan sekitar 45 derajat harusnya pakai yang 10W-40.

Tapi apa yang terjadi? Di Indonesia pakai sama dengan Jepang.

Banyak rider Honda yang pakai oli resmi sadar bahwa kalau berkendara malam suara mesin halus dan kalau berkendara siang suara mesin berisik. Tapi rasanya banyak yang nggak sadar bahwa itu terjadi karena rekomendasi yang diberikan pabrikan salah.

Versi video:

btw, di Australia itu di bagian selatan ada musim dingin, sementara di bagian utara nggak kena musim dingin. Suhu terdingin Melbourne:
Monthly weather forecast and climate Melbourne, Australia

July is the coldest month, with an average high-temperature of 12.4°C (54.3°F) and an average low-temperature of 6.8°C (44.2°F).

Suhu terpanas Darwin:
Monthly weather forecast and climate Darwin, Australia

November is the warmest month, with an average high-temperature of 33.3°C (91.9°F) and an average low-temperature of 27.6°C (81.7°F). In November, the average heat index is evaluated at an extremely hot 43.5°C (110.3°F).

Jadi di Melbourne pakainya 10W30, di Darwin pakainya 10W40.

Sebagai perbandingan, Surabaya:
Monthly weather forecast and climate Surabaya, Indonesia

With an average high-temperature of 32.9°C (91.2°F) and an average low-temperature of 26.4°C (79.5°F), October is the warmest month. In October, the average heat index is evaluated at a scorching 40.4°C (104.7°F)

Tapi bisa jadi kalau PCX 160 masuk ke Australia, si ahli yang ngomong begitu nggak akan dipakai lagi. Disuruh pakai 10W30 semua seperti rekomendasi ahli yang dipakai di Indonesia.

12 respons untuk ‘PCX 150 Australia direkomendasi oli mesin 10W-40, bukti beda keahlian yang merekomendasi

  1. klo beat pake 10w40 msh aman? rencana ane pengen ganti oli pake yg nganggur d rmh, oli buat motor manual sih 1L yg 10w40.

    manual book motor ane yg satunya, d tulis rekomendasi ada 2, yg 10w40 sama 15w50.

    Suka

  2. kalo menuntut 10w-30, oli yg agak bagusan kualitasnya pasti mahal.. oli pabrikan ga bisa mahal2 krn tdk terjangkau konsumen. Makanya hrga dipas, tp kualitas seadanya.. dulu jaman oli pabrikan masih federal oil yg 20-50 itu jg lumayan kok kualitasnya, gak buruk2 amat

    Disukai oleh 1 orang

  3. Just Info, Mazda Jepang kerjasama dengan Idemitsu untuk Oli, Mazda Eropa dengan Total dan Mazda Amerika dengan Castrol. Saya cukup maklum kalau Amerika, Eropa dan Amerika merekomendasikan oli encer karena memang ada yang bersalju, disini saya rasa untuk suhu mendekati 0°C perlu keajaiban, di daerah Dieng, Garut atau Bromo memang bisa sangat dingin tapi tidak sampai membuat oli beku.

    Suka

    • Saya kemarin coba oli “Mobil Super Moto Scooter” 10w30 dan 10w40, harganya lebih mahal yang 10w40 dan memang lebih enak daripada yang 10w30.
      Update sedikit, Oli Total Quartz 7000 10w40 di R25 saya sudah 1500km. Sejauh ini untuk keadaan jalan macet lebih enak dari fastron warna hijau

      Suka

  4. Sekedar sharing aja

    Pengalaman di Blade KWB 2011 dalam aktifitas sehari2 dan turing

    Pakai oli 10W30, respon dan ketahanan mesin enak di musim hujan (gas sekolahan atau dibetot). Musim kemarau dan iklim panas, mesin terlihat ngos-ngosan (gas dibetot). Kalau gas ditarik halus maka mesin masih enak dalam responnya.

    Pakai oli 5w40 atau 10w40. Musim hujan respon mesin enak dan agak lama tuning (gas sekolahan atau dibetot), musim panas respon mesin cukup enak dan lebih halus main rpm tinggi serta lama nyala mesin.

    Oli favorit turing, Adnov Bronze 10w40 atau Redline 5w40
    Oli favorit harian, PTT Dynamic Commonrail 10w30

    Untuk yang semi sintetik pasti doping migor + Very Lube Turbo

    Kesimpulan, makin panas iklim dan mesin, untuk ketahanan dalam rpm tinggi sebaiknya pakai angka butut turun 1 tingkat (30 ke 40, 40 ke 50). Begitu pula sebaliknya, tergantung cita rasa masing2 joki

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.