Impresi awal pemakaian Xado Revitalizant, aditif perbaikan kompresi permanen


Sudah lebih dari 100 km penulis pakai Xado Revitalizant. Dan sepertinya sudah bisa dirasakan efeknya. Ini barangnya:

Ini tampak belakang:

Detil lain, termasuk saat di tuang ke oli bisa disimak di video berikutnya
Ternyata begini bentuk aslinya Xado Revitalizant, kecil ya?

Perhatikan bahwa Xado Revitalizant ini beda dengan produk Xado lain seperti misalnya Verylube Turbo atau produk lain yang sifatnya lebih sebagai aditif anti aus (fullerene)

Untuk menggunakan Xado Revitalizant ini penulis sengaja pakai mesran super untuk motor. Tujuannya biar aditifnya sedikit. XR ini katanya dilarang pakai bersamaan dengan aditif lain. Katanya kalau kerja nanti bisa kalah sama aditif EP. Karena kerjanya sama sama berdasar prinsip panas dan tekanan akibat gesekan.

Bagaimana efeknya?

Sayang juga karena oli sebelumnya (Shell Advance Ultra Scooter) telah menghancurkan performa motor NMAX penulis. Top speed turun, tarikan jadi nggak enak banget. Jadi sulit juga menentukan bedanya antara efek karena sudah bebas dari Ultra Scooter atau karena Xadonya. Seperti misalnya tenaga yang lebih meningkat di putaran mesin rendah. Jadi terasa lebih mantap, tidak seperti sebelumnya. Entah karena Xado atau karena sudah nggak pakai Ultra Scooter lagi.

Efek yang terasa jelas berbeda adalah ketika penulis berhenti sebentar pagi pagi untuk menyalakan perekam video. Biasanya ketika dalam kondisi ini terasa gemeletukan mesin (iya, ini ciri aus). Namun setelah pakai Xado ini mesin terasa mulus jalannya. Bahkan dentuman knalpot pun sangat periodik dan konsisten.

Selain itu soal getaran. Getaran mesin rasanya berkurang.

Sayangnya untuk top speed dan akselerasi masih tidak kembali seperti sebelum pakai Shell Advance Ultra Scooter. Jadi bisa dibilang masih tidak bebas dari kutukan Ultra Scooter. Sulit untuk tahu efek perbaikan kompresi. Suara mesin pun masih kasar. Memang sih Xado Revitalizant itu bukan pelicin tapi penambah bolong.

Untuk menguji lebih lanjut akhirnya penulis pun memutuskan untuk pakai bensin Pertamax Turbo. Bensin yang sering dituduh penyebab fuel dilution parah.

Asli, ini pertama kali pakai pertamax turbo di NMAX. Soal fuel dilution belum tahu, tapi yang jelas penulis tidak merasa peningkatan tenaga ketika menambahkan sekitar 2 liter pertamax turbo di tangki NMAX. Yang terasa justru getaran makin parah dan idle jadi lebih tidak konsisten walau tidak banyak. Jelas untuk motor penulis, pertamax turbo itu nggak cocok.

Nanti dilihat apa oli akan jadi cepat encer juga. Kalau masih sama, maka sekitar 400 km sudah akan terjadi penurunan kemampuan oli, seperti ketika penulis masih pakai pertamax.

Mungkin setelah sekitar 400 km akan coba lihat warna oli.

4 respons untuk ‘Impresi awal pemakaian Xado Revitalizant, aditif perbaikan kompresi permanen

  1. Baiknya mungkin difokuskan dulu di seputar kompresi Maksud saya sebelum ditreatment diukur dahulu tekanan kompresi nya (Terutama kalau tujuannya untuk memperbaiki kompresi ) Lalu diukur lg setelah nya jadi “measureable”

    Karena sudah terlanjur di step 1 Pengukuran tetap masih bisa di step 2 dan 3 serta di km 1500 (kalau yg sy baca begitu)

    Tp kalau tujuannya untuk memperbaiki keausan Ini baru beneran rumit pengukuran nya

    Suka

    • Iya ya, harusnya diukur kompresinya dulu. Rasanya sih kesulitan juga mengukur kompresi. Nggak punya kenalan bengkel yang bisa ukur kompresi.

      Pernah ada yang coba, kompresi meningkat dari 8 psi ke 8,5 psi. Kalau untuk saya sih terasa di rpm rendah saja. Cuma yang perubahan gemeletuknya saja yang benar benar terasa.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.