Adu drag PCX 160 vs NMAX hancurkan semua asumsi, termasuk yang bilang PCX 160 tenaganya lebih sip


Akhirnya adu drag antara Honda PCX 160 dan NMAX 2020 telah dilakukan.

Dyno ini rupanya disponsori oleh Ikhsan Jumaris, yang menyediakan 2 motor standar dengan km rendah. Bahkan motor PCX masih 84 km. New NMAX di 700 km.

Terus terang penulis merasa bahwa Honda PCX mempunyai handicap yang cukup besar yaitu olinya masih standar. Padahal dari pengalaman penulis, oli standar itu jelas bukan oli yang bagus. Oli yang menurut penulis kualitasnya di bawah standar.

Bro Kobayogas mengungkapkan hal ini:
Berikut Hasil Drag Test dan Top Speed All New PCX 160 vs All New NMax!

Top Speed keduanya juga berbeda dan menuai berbagai opini, ada yang bilang Honda itu kalau masih kondisi inreyen kaya dikunci – agar aman (gak bisa ugal ugalan), begitu servis pertama atau kedua, baru kaya dibuka. Entahlah KBY belum nemu sih faktanya.

Performa bisa keluar setelah servis pertama itu bisa jadi karena pemiliknya pilih ganti oli merek lain. Tapi tetap dalam hal ini terlihat jelas bahwa top speed tidak dibatasi oleh oli mesin.

Bensin disebut sama sama pakai pertamax. Bobot rider beda:

Bobot ketiga rider adalah sbb: KBY 71kg, IWB 86kg dan Irwan 85kg. Ujung-ujungnya yang duel ya KBY – IWB dah meski, dari sisi fairness kurang karena selisih bobot yang signifikan, yaitu 15kg!

Bagaimana hasilnya?

Lengkapnya silahkan tonton video dari IWB:

Juga dari Kobayogas:

Intinya adalah hasil dyno ini mengobrak abrik semua asumsi yang sekarang ini beredar. Yang kalau disimpulkan adalah PCX 160 itu ibarat versi 2018nya NMAX dari karakteristik mesinnya. Menarik juga karena engine mounting juga sama sama di atas sepertinya NMAX 2018.

Sebelumnya diasumsikan bahwa dengan mesin overbore maka Honda PCX 160 itu fokus tenaga di putaran atas. Asumsi ini makin menguat setelah TDR merilis dyno yang dikutip oleh kobayogas.com berikut ini:

Terlihat jauh sekali bedanya dari NMAX 2020 yang bentuknya seperti berikut:

update: Perhatikan bahwa skala keduanya BERBEDA. Ingat bahwa tenaga maksimal berbeda, PCX 160 = 15 hp, 10.2 Nm, NMAX New = 12.8 hp, 8.8 Nm. Sehingga bila dioverlay dengan koreksi (disesuaikan skala tenaga yang benar), kira kira seperti berikut ini harusnya:

Dan akselerasi dihitung berdasarkan tenaga, bukan torsi. Yang kalau di motor adalah engine power:

Beda ekstrem ini sampai membuat ada yang menyimpulkan bahwa CVT Honda jauh lebih efisien.

Dan ternyata hasil adu drag menunjukkan fakta yang sebaliknya. Hasil uji drag menunjukkan justru PCX 160 punya akselerasi lebih kuat di rpm rendah dan NMAX 2020 punya akselerasi lebih baik di rpm tinggi.

Penulis sebelumnya juga sempat meragukan hasil uji dyno ini di komen atau konten video berikut:
debat: Dyno PCX 160 jauh lebih hebat dari NMAX dan Aerox tanda penyaluran tenaga sip? Salah

Intinya sih dari testimoni yang sudah coba tenaga di rpm rendah kuat, tapi mengapa kok di dynonya TDR tenaga di rpm rendahnya nggak tinggi?

Mungkin kalau cuma pakai omong atau lihat video drag kurang afdol, walau kelihatan banget PCX 160 ngacir duluan dan NMAX 2020 bisa langsung ngejar. Lebih afdol bila kita bandingkan dengan menjejerkan akselerasi kedua motor saat sedang dikendarai oleh IWB.

Harus diingat bahwa orang itu melakukan dyno untuk mengatahui tenaga. Tenaga itu hubungannya dengan akselerasi. Motor makin bertenaga itu akselerasinya makin baik. Akselerasi makin baik itu kecepatannya makin cepat naik.

Penulis nggak melakukan analisa per kecepatan, tapi langsung dari ketika dilakukan uji drag. Penulis sinkronkan frame hingga di saat start, terlihat motor mulai bergerak ke depan.

Berbeda dengan asumsi asumsi yang beredar selama ini, yang mengklaim PCX 160 ngejar tenaga di rpm tinggi, hasil perbandingan menunjukkan bahwa PCX 160 itu justru ngejar tenaga di rpm rendah. Terlihat bahwa di kecepatan rendah perbedaan akselerasi cukup ekstrem, perubahan kecepatannya 56 vs 48:

Tapi di rentang kecepatan berikutnya, NMAX bisa mengejar sehingga kecepatan menjadi sama. Artinya perubahan kecepatannya (90-56) vs (90-48) = 34 vs 42. Menang NMAX:

Berikutnya juga begitu. Dari kecepatan 90 ini NMAX juga lebih kencang. Perubahan kecepatannya 12 vs 15. Menang NMAX juga.

Bisa dilihat di menit 6:42 video berikut:

Yang perubahan kecepatannya lebih besar itu tenaganya (di rpm / kecepatan tersebut) lebih baik. Hasil ini sama sekali berbeda dengan hasil mesin dyno TDR ataupun asumsi selama ini yang menyimpulkan bahwa tenaga PCX 160 itu fokus di rpm tinggi. Hasil uji drag menunjukkan bahwa tenaga PCX 160 itu fokus di rpm rendah.

Jadi hal ini juga membuktikan bahwa membandingkan performa motor matik pakai data dyno dan melihat hanya tenaga puncaknya itu (bila dianggap dynonya valid) salah.
Dyno PCX 160 jadi bukti bahwa membandingkan tenaga puncaknya matik itu bodoh

Dan klarifikasinya adalah PCX 160 dibanding NMAX 2020 itu 11-12, alias tidak beda jauh, tergantung jokinya.

Jadi sudah syah bahwa performa dari PCX 160 dan NMAX New itu bukan 15 hp vs 12,8 hp. Karena jelas dari uji di sirkuit, justru NMAX yang lebih besar tenaganya di rpm tinggi. PCX 160 itu tenaganya lebih tinggi di rpm rendah. Di kecepatan hingga 50-60 km/jam.

Di sisi lain tmcblog sepertinya juga melakukan pengujian dengan motor yang sama dan mendapatkan data sebagai berikut:
Data Hasil Test Akselerasi Honda PCX160 CBS 2021 Milik Konsumen di Sirkuit Sentul Besar

0-402 m: 20,2 detik (@105,1 km/jam)
Top speed di spidometer: 116 km/jam
Top speed di Racelogic: 111,1 km/jam

Data Hasil Test Akselerasi Yamaha NMAX 155 Non-ABS 2021 Milik Konsumen di Sirkuit Sentul Besar

0-402 m: 19,5 detik (@106,2 km/jam)
Top speed di spidometer: 121 km/jam
Top speed di Racelogic: 115,8 km/jam

Di uji drag tersebut juga ditemukan batasan kecepatan NMAX New 124 km/jam dan PCX 160 117 km/jam. Disebut seperti ada limiter.

Menurut penulis sepertinya itu karena kecepatan terhambat oleh rasio gigi. Sehingga motor bisa kena limiter walau tenaga masih ada.

Apa bila limiter dilepas bisa makin kencang? Belum tentu. Bisa dilihat di komparasi saat IWB naik PCX 160 dengan naik NMAX terlihat di PCX 160 naiknya lebih pelan (tanda tenaga di rpm tinggi kalah dari NMAX). Bisa jadi walau sudah ditinggikan limiternya, kecepatan maksimal tidak banyak bertambah atau bisa jadi masih di bawahnya NMAX (yang sama sama dibuka limiternya).

Solusinya bagaimana?

Terus terang ini bikin penulis jadi ingat ketika bengkel Suzuki salah kasih roller yang lebih ringan. Motor nggak bisa lebih kencang dari 70 km/jam walau sudah gas di pol polkan banget. Mestinya bisa pakai roller lebih berat, pakai belt lebih panjang atau pakai ban belakang yang diameter luarnya lebih besar. Kalau ganti per CVT racing, ganjal pelor, pasang bearing seater, dst malah makin turun top speednya. Tapi tentu bila merubah rasio, ada kemungkinan tenaga di rpm rendah jadi turun juga.

Terima kasih pada Ihsan Jumaris, IWB dan Kobayogas yang sudah melakukan uji drag.

Lihat dyno ini terus terang jadi penasaran bagaimana bila PCX 160 diadu dengan NMAX sebelum 2020 ya?

30 respons untuk ‘Adu drag PCX 160 vs NMAX hancurkan semua asumsi, termasuk yang bilang PCX 160 tenaganya lebih sip

  1. Diatas jg kliatan kok, dr dyno aja PCX abis naik lngs turun sedangkan NMax udh naik tp msh flat power nya. NMax menang di atas, dan ada yg bilang PCX lebih kenceng drpd MX King atau CB150R, itu namanya ketololan yg HQQ.

    Jangankan PCX 111kph, Verza dan Megapro yg katanya di GPS sampai 115-118kph aja keok ama MX King.

    Awoooookkkkk

    Suka

    • Dyno TDR tidak sesuai dengan kenyataan. Kalau grafiknya disatukan harusnya seperti berikut ini.

      Dari disatukan ini kelihatan bahwa baik dari sisi torsi nmax kalah di manapun, sementara itu untuk tenaga, menang di awal, kalah di akhir. Kebalikan dari hasil dragnya.

      Iya, matik jelas tidak sekencang manual.

      Suka

    • analisa yg menarik tp di balapan SOHC Yamaha diatas DOHC Honda. Klo korekan semua kembali ke mekanik dan biaya nya. Toh realitanya sampai detik ini SOHC Yamaha merajai dunia balap di IRS dan ARRC.

      Suka

    • Iya yamaha punya plus minus
      Versi stock dibekali spek yang advance misal tb lebih besar, valve lebih banyak, diasil silinder, forget piston dll cuma kualitas beberapa part kurang bagus.
      Versi balap yamaha, part racing yamaha banyak pilihan seperti sudah disediakan.

      Suka

  2. Paket tuning pcx 160 ini sepertinya Ahm sedang membangun imej ‘Mesin tanpa variable valve vva/vtech cuma menang akselerasi’ awal-menengah, nahan rpm atas.
    Next gen pcx160 vtech silincer knalpotnya diupdate.

    Suka

  3. Cerita om ikhsan jumaris di grup Address Indonesia, PCX mentok 116 kpj, Nmax 122 kpj, Addressnya om ikhsan 115-117 kpj

    Suka

  4. Pcx160 bisa 125kpj on standar tengah

    Grafik dyno, rpm menengah jauh diatas pcx150, tapi putaran atas justru cuma selisih 0, HP
    Justru torsinya yang 1,5 NM diatas pcx150

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.