Getarankah yang menyebabkan PCX 160 batal pakai VTEC?


Ini sekedar asumsi. Karena kan sekarang ini yang sangat dipuji puji di Honda PCX 160 adalah getaran yang sangat minim, baik dari sisi mesin ataupun CVT. Dari sisi CVT jelas bahwa sekarang PCX 160 lebih baik karena sudah ada perbaikan dari sisi akurasi balancingnya:
BONGKAR MESIN HONDA PCX160ūüĒ• | MASIH GREDEK-GREDEK?ūü§Ę

“Dengan tingkat akurasi balansi yang ditingkatkan.”

Balancing bagian CVT ini merupakan sesuatu yang sebenarnya penulis harapkan sudah dilakukan semenjak Honda Beat eSP. Tapi hanya mulai PCX 160 saja Honda mulai sadar bahwa balancing CVT itu penting.

Dan penulis termasuk yang apes dapat matik (Honda Beat eSP) yang dibuat ketika Hondanya belum sadar bahwa balancing CVT itu penting. Rasanya amit amit. Begitu mesin dimatikan pasti bernapas lega. Menyiksa banget getaran CVTnya.

FBH patut bersyukur karena AKHIRNYA Honda sadar bahwa balancing CVT itu juga penting.

Getaran dari CVT dan mesin bisa dibedakan berdasarkan apakah getaran bergantung pada kecepatan ataukah putaran mesin.

Mesin Honda Beat eSP tidak terlalu terasa getarannya, baik dari rpm rendah maupun rpm tinggi, kecuali pas penulis kombinasikan aditif bensin, pro capacitor, oli mesin rendah spash dan bensin premium. Itupun baru terasa ketika dipakai kencang. Karena memang tenaga jadi nonjok. Dan begitu CVT dibalancing, penulis tidak begitu heran ketika motor Honda dikatakan minim getaran. Karena rasanya getaran di Honda itu sumbernya bukan dari mesin.

Di NMAX bagaimana. Penulis tidak merasakan getaran dari CVT. Begitu gas dilepas ya alus. Getaran terasa kalau digas. Dan cukup parah memang getarannya. Ada yang keganggu di pijakan kaki, ada yang keganggu di setagnnya. Sekarang sih penulis tidak merasa terganggu getaran ini karena penulis sudah pakai bandul / jalu setang yang lebih berat. Walau memang akhir akhir ini getaran meningkat lagi ketika penulis sekarang mulai pakai pertamax turbo. Dari sisi tenaga nggak beda jauh dari shell super, tapi getaran jelas beda. Memang NMAX penulis cocoknya pakai oktan 92 .

Hubungannya apa kok menyinggung nyinggung NMAX?

Karena penulis merasa bahwa yang menjadi biang getaran NMAX itu adalah dari noken asnya. Noken as VVA itu kan bentuknya jelas tidak balance. Pastinya bisa jadi sumber getaran. Dan mimpi penulis adalah suatu saat bisa melakukan balancing noken as.

Noken asnya seperti ini:

Mungkin yang sudah pernah membandingkan antara Vixion non VVA vs Vixion VVA, atau R15 V2 vs R15 V3 bisa share juga?

Menurut penulis Honda tidak memVTECkan PCX 160 itu bisa jadi karena pertimbangan getaran juga. Jadi mundur agar bisa tetap minim getaran, karena sekarang ini justru minim getaran yang jadi salah satu fitur unggulan.

Sehingga akhirnya noken as nya pun dibiarkan gowang:

14 respons untuk ‚ÄėGetarankah yang menyebabkan PCX 160 batal pakai VTEC?‚Äô

  1. Saya gak pernah bandingin camshaftnya secara langsung, tapi perkara balancing sih pak, dari feel getaran di body Vixion R lebih halus dikit dibanding di NVA, kondisi odometer mirip2. Oli pun satu spek, coz si pemilik NVA dah saya racun pake fastron ijo.

    Dan fyi pak, di pcx150 lokal dan di pcx150 cbu led yg pernah sy coba, satu2nya momen ketika dia muncul vibrasi yang signifikan adalah ketika dia kondisi gak sehat lalu muncul gredek saat membuka gas awal. Ketika sudah jalan, pcx itu malah alus banget kalau menurut butt-o-meter saya yg dah nyicipin motor berbagai merk. Bahkan di putaran tinggi pun vibrasinya juga gak signifikan. Dibanding di aerox mah jauh, jauh banget meski dia kondisi sehat, nmax old pun sama. Kalau ada yg bilang getaran di pcx itu mengganggu (diluar gredek), saya gak tau di matik2 yamaha tadi itu mau disebut kek gimana… apalagi ketika yg dijadikan komparasi pcx160 yang konon lebih minim vibrasi lagi.

    Jangankan pcx, vario 2012/2015/2018 saja masih lebih alus getarannya dibanding kedua motor yg saya sebut tadi. Gak percaya? Ya silahkan, ini bicara pengalaman pribadi kok.

    Suka

    • Vario 150 gw lebih geter dr MX King dan Tornado GS dalam keadaan idle. Service rutin tiap 3 bulan sekali sesuai anjuran bengkel. Malah di banding Mio Sporty 2010 enak itu Mio.

      Suka

    • Yang benee.
      Vario 125 2017 ja getarannya ya gimana gitu.
      Ga enaknya lg klo lewat terowongan, kasar sekali. Ke beres suruh ganti ini itu tp ga mau jamin bisa jd halus. ūüôā
      Lebih halus mio sporty 2009 istri saya.

      Suka

  2. Ane pernah dibonceng tmn pake new vario 150, umur mtr br skitar 5 bulanan, wuih parah bgt getarannya, apalagi ketika akselerasi smpai ndut2an, kaki nggk sengaja nyentuh filter udara rasanya kek kesetrum

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.