Grafik dyno sportisi PCX 160 vs NMAX new, masih tidak sesuai realnya?


Akhirnya dyno PCX 160 dirilis lagi, kali ini dari uji dyno yang dilakukan oleh otomotifnet di Sportisi (terima kasih bro zzz linknya):
TOP SPEED dan DYNO TEST HONDA PCX 160, Seberapa Cepat? l Otomotif TV

Berdasar uji otomotifnet, PCX 160 punya top speed 119 km/jam di jalan dan 121 km/jam di mesin dyno. Jadi sepertinya memang kelimit rasio gigi. Dan walau ada limit rasio begini, hambatan angin juga berpengaruh (pengalaman di spin sih).

Penulis akan coba gabungkan dengan hasil dyno NMAX di sportisi juga yang sumbernya berikut ini:
Yamaha NMAX Bore Up Jadi 180 Cc, Porting & Polish, Tenaga Jadi Segini

Yang penulis pakai yang warna hijau saja, yang masih standar.

Hasilnya sebagai berikut bila dimatchingkan rpm, warna merah PCX 150, hijau PCX 150.

Lebih dekat:

itu bila di matchingnya per rpm.

Bila dimatchingkan berdasarkan limit rpm:

Dyno sportisi juga tidak sepakat dengan hasil uji di sirkuit.

Tidak terlihat tenaga PCX 160 besar di awal dan lemah di akhir.

6 respons untuk ‘Grafik dyno sportisi PCX 160 vs NMAX new, masih tidak sesuai realnya?

  1. Bukannya di kisaran 6500rpm power dan torsi pcx160 paling besar? 6500 itu kalo matic sekitar 20-80kpj,

    Akselerasi di 20-80kpj paling kenceng kan, sejalan dengan hasil dyno nya
    INGAT, matic itu dibawah 80kpj RPM CUMA 6500,

    Suka

    • Kalau di NMAX, 6500 rpm itu saat VVA switch on. Biasanya di sekitar 65 kpj. Di uji drag, NMAX justru lebih besar tenaganya. Mungkin untuk PCX, 6500 rpm itu di rpm lebih rendah. PCX menangnya mestinya dari 0-60 kpj.

      Suka

      • Cvt NMAX itu bekerja di 6000-7000 rpm

        Gas setengah mungkin 6000, gas full 7000
        Kalo VVA aktif di 6500, jadi kl gas full VVA mulai aktif di kec 20-30kpj

        Cb saja liat tachometernya,, dari 0kpj begitu gas pol rpm akan langsung naik di sekitar 6500 di kec 30kpj, setelah itu tetap di rpm 6500 sampai sekitar 80 kpj, baru kemudian naik lagi hingga mentok

        Itulah karakter CVT
        Mau di gas kayak bagaimana pun, rpm ga akan lebih dari 7000 selama speed belum nyentuh 80kpj

        Suka

        • Benar benar nggak paham. Karena setahu saya rasio transmisi itu tergantung pada gaya sentrifugal dari roller. Sayangnya NMAX saya nggak ada tachometernya. Yang saya rasakan nggak seperti itu. Di gas di kecepatan 20 kpj rpm mesin beda sedikit dari idle. Di kecepatan 60 kpj, rpm mesin jelas jauh lebih tinggi dari idle. makin tinggi rpm makin tinggi dan tidak terjadi perubahan rpm mendadak.

          Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.