Jadi memang kalau sudah namanya fans berat, kadang informasi itu otomatis kefilter. Cuma dicari yang bagus bagusnya saja, sementara yang kurang bagus otomatis skip. Contohnya seperti berikut ini, ketika FBH komen soal kesimpulan IWB terhadap adu drag PCX 160 vs NMAX yang dilakukan bersama Kobayogas:
Video yang dimaksud adalah yang berikut ini:
ADU DRAG RACE NEW PCX-160 VS NEW NMAX 155 🔥 | TERJAWAB SUDAH JAWARANYA‼️
Memang benar pada video tersebut di menit ke 14:54 disebutkan:
“Tapi ternyata cak, setelah kita geber, dan head to head, sampeyan sudah lihat langsung tadi, ini motor (PCX 160) ternyata startnya, dari flying run, flying start, dari berhenti pun, ini motor tetep menang. Siapapun yang joki“
Menit 15:28:
“Terus, hasilnya gimana? Nih cak. Jujur cak ya. Kalau kita ngomongin akselerasi drag, IWB pastikan PCX menang. Sampeyan jajal aja di jalan kalau nggak percaya. Jadi dari nol, sampeyan geber sama NMAX ini pasti, bisa IWB pastikan, pada kondisi normal PCX menang. Sekali lagi, pada kondisi normal PCX menang. Pasti aslinya lebih jos gandos. Untuk motor ini ya (PCX 160). Sampeyan jangan tertipu karena memang tarikannya smooth banget, tapi kenceng. Tapi cak kalau sampeyan nanyain top speed, IWB pegang ini (NMAX new).”
IWB menduga PCX top speednya dikunci demi alasan safety:
“Memang gapnya itu tipis banget. Sepertinya sama Honda dikunci ECUnya. Kayak nggak semua dikeluarin, itu modelnya…Bedanya dikit lah sebenarnya. Ya karena kalau kita ngmongin motor sebenarnya untuk matik ini bukan untuk balapan sih cak. Tapi kan sampeyan maksa IWB untuk ngetes…Cak IWB, jadi yang menang drag ini siapa? Kalau sampeyan ngedrag, yang menang PCX, Tapi kalau sampeyan nanya mengenai top speed, IWB katakan ini (NMAX) unggul tipis”
Tapi di menit ke 13:35 disebutkan (sepertinya ditambahkan saat editing):
“Kalau sampeyan tanya mengenai performa, ya 11-12 lah cak. IWB nggak akan mengatakan bahwa PCX unggul mutlak atau NMAX unggul juga enggak. karena berkali kali kita nyobak ngetes drag ternyata tergantung jokinya kang mas. Ketika jokinya PCX cak Kobay, menang cak Kobay. Ketika NMAX jokinya cak Kobay, menang lagi cak Kobay. Jadi sami mawon (sama saja) kan?”
Bila disimak, di video berikut, IWB menyebutkan bahwa
Drag fighting on the circuit !!! Yamaha All New NMAX Connected ABS 2021 vs Honda PCX 160 2021
“Bisa disimpulkan bahwa dari nol sampai seratus, lebih ya, itu bisa kita katakan bahwa PCX bukan lawan dari NMAX.”
walau di teksnya entah mengapa kok perasaan artinya beda, menit 10:50:
Pendapat penulis sih seperti ini:
Kalau ingin lihat hanya segmen saat IWB mengendarai NMAX dan PCX 160 side by side, ini:
0-60 km/jam PCX menang. Dari 60 seterusnya NMAX yang menang. Penulis tidak setuju kalau yang seperti itu dibilang tipis, karena jelas bahwa kenaikan kecepatan PCX 160 saat di atas 100 kpj itu lebih lambat.
Kalau rolling startnya di kecepatan 60 kpj, PCX mestinya bakal kalah. Kalau mulai dari nol, bukan berarti nggak ada cara biar menang sih:
Untuk kecepatan dibatasi, Diana Novitasari mention bahwa di iklan Honda PCX ada statement “Melewati batas, menjadi yang teratas, membawa anda ke titik pencapaian tertinggi”
Dari keterangan itu, top speed segitu berarti sudah maksimalnya kemampuan Honda. Limiter / batasnya sudah ditembus.
Wkwkwk asli ngakak, udah iyain aja pokoknya pcx menang. Ingat kata fbh hodna itu tuhannya motor, masa tuhan motor kalah sama nmax? Kan malu maluin 😂
SukaDisukai oleh 1 orang
belum ditandingkan aerox, vario dan nmax old 🙂
SukaSuka
Waduh kalau sama Aerox, udah di beri debu tuh PCX, notabene badan Aerox lebih ringan
SukaSuka
Jangankan aerox, nmax new rupanya akselerasi awal kalah jauh dengan nmax old:
Padahal nmax new masih bisa ngejar pcx.
SukaSuka
Lagian di jalan masyarakat sudah tau bahwa N max motor kuenceng kalo pcx kegedean body doang ngga bisa nyelip
SukaSuka
Omongan blogger ternak itu apanya sih yg mau dipercaya? Ya pasti jilatin pabrikan yg ngasih amplop
SukaDisukai oleh 1 orang
Mungkin sempat salah omong di videonya roadrider (ditambahkan di artikel)
SukaSuka
Yg klo negatif si H bahasanya halus itu ya???
Saya sdah jarang kesana semenjak case *g…lok*
SukaSuka
G….lok
Kasus “vcd glodok?”
SukaSuka
Up ada Blogger FBH
SukaSuka
Ganteng dan maskulin nmax, klo peceex muka seperti rata.
SukaSuka
Pak, lagi punya grudge pribadi ke honda kah?
SukaSuka
ha ha tidak. Lebih untuk respon dari pertanyaan di youtube, karena kok lebih dari satu orang yang bilang. Bahas begini sebaiknya tidak dianggap menyerang honda. Tapi untuk lebih memperjelas fakta untuk yang mau beli PCX 160. Karena takutnya mereka jadi berharap motor bisa sip di rpm tinggi, padahal cocoknya untuk stop and go bisa lincah dan mbetot.
Karakter lebih mirip aerox / nmax old. Dan percaya atau tidak, ada yang lebih suka yang begini.
SukaSuka
“Kalau sampeyan tanya mengenai performa, ya 11-12 lah cak. IWB nggak akan mengatakan bahwa PCX unggul mutlak atau NMAX unggul juga enggak. karena berkali kali kita nyobak ngetes drag ternyata tergantung jokinya kang mas. Ketika jokinya PCX cak Kobay, menang cak Kobay. Ketika NMAX jokinya cak Kobay, menang lagi cak Kobay. Jadi sami mawon (sama saja) kan?”
Baca ini pengen ngakak……sama katanya…ya iyalah jokinya lebih enteng.pcx baru bisa menang kalau joki enteng,giliran nmax saya yakin pasti menangnya jauh…tp tetap dibilang tipis hahaha
SukaSuka
soal tipis itu sedang coba membandingkan saat IWB mencoba meraih topspeed di PCX dan NMAX. Rasanya top speed nggak tinggi lebih karena si PCX kehabisan napas.
SukaSuka
Menurut saya AHM lebih senang kalo pcx160 inferior atau seimbang dengan nmax dengan beberapa down spec untuk menutupi performa pcx160 sebenarnya spt; throttle body kecil, reduksi gearbox-diameter roda yg ringan dan silincer knalpot yg nahan dirpm atas.
Secara spec pcx160 lawan sepadan xmax250 dgn topspeed tembus 150kmh.
SukaSuka
Biar si om seneng, saya mah iya in ajah
SukaSuka
maksudnya korekan, klo std ya gak mungkin. MX King korekan juga bisa maen ama CBR250RR bro
SukaSuka
Pengamat jadi2an sok pinter tapi gk masuk akal, PCX lawan X-Max? Lwan aja dulu nmax, aerox
SukaSuka
Terima kasih saya sangat senang sekali
AHM dan YIMM pasti galau dengan fakta ini.
SukaSuka
tinggal tunggu uji drag yang pakai knalpot racing.
SukaSuka
Uji drag tanpa knalpot saja 😂😂😂
SukaSuka
ha ha ha, bisa tuh 🙂
SukaSuka
PR nya yamaha, haluskan mesinnya, tingkatkan peredamannya, ya pingin kayak old x ride gitu, minimal dekat2
SukaDisukai oleh 1 orang
setuju
SukaSuka
Sama aja sama Honda
SukaSuka
iya juga, perlu cek apa benar enak beneran di jalan keriting.
SukaSuka
Masukan kan sebenarnya ga harus dibandingkan, old x ride itu kalo cuma jalan keriting ga kerasa
SukaSuka
Ok, maksud saya Hondanya. Kalau xride old rasanya twintube yang double action.
SukaSuka
kalo dari video/screenshot, ada indikasi upaya dari salah satu rider supaya PCX160 unggul dalam adu test ini.
*tidak100%benar
*mikir
SukaSuka
Yang bagian subtitle dan ucapan beda itu asli nggak ngerti.
SukaSuka
Om coba sambangi youtubenya teamcandakproject ada penjelasan napa mesin berpiston forging lebih vampire oli dan mudah kena FD, karena butuh clearence gap yg lebih besar untuk pemuaian sehingga oli bisa masuk ke ruang bakar dan sebaliknya bensin bisa masuk ke ruang mesin.
SukaDisukai oleh 1 orang
terima kasih. Yang ini ya:
SukaSuka
tul, kalo menurut penjelasannya, masuk akal juga jika banyak kasus mesin nemax/aerox kena FD.
SukaSuka
sip, iya.
SukaSuka
Old vixion dan mx karbu ga ada FD
SukaSuka
old vixi blok 3C1 aman.. pke oli encer cuma ngurang dikit bgt
SukaSuka
saya sudah paham fakta itu tapi kok ya ada yg menjelaskan kepada orang yg sudah jelas paham🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣🤣
SukaSuka
sekarang lek iwb malah ngasih tittle pcx 160 MT alias Master Of Torque, padahal di video drag sama suzuki address ditampol bolak balik akselerasinya 🤣🤣🤣
SukaSuka
kan di videonya IWB nggak disertakan 🙂
SukaSuka
Klo mau beli motor honda baca disini, kalo mau beli yamaha baca iwb.. jadi beli motor tau kelemahan, biar ga kecewa
SukaSuka
HA HA HA HA HA, serius tapi, kelemahan NMAX itu tahu sendiri dan bukan dari review.
SukaSuka
Tapi serius pak, saya cari blog yang bahas kelemahan honda itu susah, ada pak tri, tapi teknisnya kurang.. baru tau blog ini waktu ada komentator di blognya kobay..
SukaSuka
iya sayangnya begitu
SukaSuka
Di chanelnya roadride ada pak
SukaSuka
iya betul 🙂
SukaSuka
Ga mau lawan address alesannya ccnya beda 🤣
SukaSuka
Bukannya karena Address itu motor ekspor ya?
SukaSuka
Suzuki nex II jg ekspor om
SukaSuka
ok
SukaSuka
Pdhal Address sndiri sering dibilang lemot..
SukaSuka
Ternyata hasil drag versi Otomotif sesuai teori sampeyan.
SukaSuka
Setelah 80 pertambahan kecepatan Nmax memang lebih cepat. Dan hasil drag ini tidak menunjukkan Power PCX punya beda jauh dari Nmax, alias masih 11-12
SukaSuka
Padahal pcx yang dipakai sepertinya lebih kencang ya? bisa 119 kpj.
SukaSuka
Saya ga yakin limiter PCX dikunci, mungkin mentok nya cmn segitu
SukaSuka
setuju 🙂
SukaSuka
PCX160 katanya dikunci ecu nya. Ada limiter speed nya jd gak bisa lebih dr 117 km/j.
Tapi saat PCX distandar tengah trs digeber mlh bisa tembus 130 km/j.
ini aneh, benar benar aneh. Dimana mana diseluruh dunia yg namanya limiter itu di ECU bukan distandar tengah.
Pcx telah mengambil kelputusa yg fatal.
SukaSuka
Iya betul 🙂
SukaSuka