Postur tubuh berkendara, membungkuk itu ya nggak nyaman kalau untuk jalan Indonesia


Beberapa hari ini ada beberapa postingan yang menyebutkan bahwa duduk ideal di motor itu kayak begini:

Terutama perhatikan posisi punggungnya:

Abaikan motornya dulu, nanti pasti kesebut juga. Perhatikan dulu posisi duduknya.

Sebagai seorang rider yang sangat mementingkan soal pinggang (sampai belain ganjal stopper dan beli suspensi lagi, walau aslinya sudah tabung), penulis sangat tidak setuju dengan pendapat itu. Justru posisi berkendara yang seperti itu yang penulis kritik.

Kita pakai contoh nyata saja. Pakai contoh kursi.

Penulis punya kursi yang kira kira semacam ini di rumah:

Salah satu “fitur” dari kursi ini adalah membuat pinggang lari kebelakang saat duduk. Ya semacam orang yang naik motor di atas. Duduk di kursi seperti itu jadi harus agak membungkuk, pinggangnya dipaksa mundur ke belakang.

Apa kursi macam itu kursi ideal? Tidak. Anak penulis pasti bawa bantal atau guling saat duduk di kursi tersebut. Itu kursi yang jelas bikin capai. Nggak cocok dipakai terusan.

Penulis sendiri sering juga pakai komputer di rumah untuk editing video (nggak butuh spek tinggi 😊 ) atau posting artikel. Dan yang penulis rasakan adalah tersiksa. Awalnya sih nggak sadar. Tapi penulis amati kok setiap kali setelah seharian pakai kursi itu, besoknya kok jadi sakit pinggang. Nggak sekali dua kali. Tapi konsisten, pasti bikin capai. Padahal kalau di kantor bisa duduk lama lamaan tanpa sakit pinggang?

Kursi kantor penulis seperti berikut ini:

Bukan soal busa atau bisa dinaik turunkan. Tapi soal pinggangnya. Kursi yang baik tidak memaksa pinggang untuk mundur ke belakang seperti motor di atas. Malah justru ada produk mahal (bisa untuk beli kursi lagi) khusus untuk ganjal pinggang saja:

Posisi pinggang mundur ke belakang itu juga bukan posisi berkendara yang baik. Menurut penulis justru dengan posisi pinggang yang dimajukan itu malah lebih baik. Seharusnya bukan pantat yang dipaksa maju, tapi justru punggung yang dipaksa maju. Seperti misalnya produk aksesori berikut, yang dipaksa maju itu punggungnya, bukan pantatnya:

Perhatikan juga contoh postur berkendara yang diberikan oleh komunitas Honda berikut, walau posisi kayak lagi jongkok, pantatnya nggak dipaksa maju:
Ketahui Postur Berkendara Yang Nyaman dan Ideal

Yang motor cruiser juga tidak memaksa pantat rider untuk maju:
Cruiser Motorcycle Features

Rasanya orang duduk dengan pinggang dimundurkan itu cuma terjadi ketika pantat dipaksa maju ke depan oleh desain jok yang dipaksakan bertingkat. Atau bila posisi setang terlalu rendah atau terlalu maju.

Posisi duduk dengan pinggang lebih mundur juga beresiko lebih kesakitan bila motor dipakai di jalan yang kurang baik. Apalagi PCX 160 juga masih termasuk motor yang punya suspensi dan engine mounting Jepang only, engine mounting yang cocoknya cuma untuk jalan super mulus dan super datar di negara Jepang saja. Dipakai di Indonesia bakal menyiksa rider karena nyentaknya suspensi ekstrem. Duduk model begitu bisa dipastikan bikin cepat capai, nggak tahan lama.

Ini pengalaman pribadi naik motor yang suspensi dan engine mountingnya juga sama sama Jepang only, si NMAX old. Ketika penulis belum ganjal stopper, penulis sama sekali nggak berani duduk seperti dicontohkan di atas. Duduknya penulis pasti agak maju dan tegak.

Baru setelah ganjal stopper dan ganti suspensi double action (lebih baik tapi jauh lebih murah), penulis sekarang bisa santai duduk selonjor dan nyandar. Dan beruntung sekali di NMAX old ini bisa duduk nyantai tanpa pantat dipaksa maju ke depan.

Penulis pernah coba duduk di Honda PCX (150) memang pantat dipaksa agak maju, nggak bisa selega di NMAX old, tapi sebenarnya tetap bisa duduk tegak dengan cukup nyaman. . Lihat cara duduk “ideal” di PCX 160 seperti itu, rasanya penulis harus menurunkan rating tempat duduknya PCX 160.

PCX 160 bukan satu satunya motor yang joknya memaksa postur berkendara jadi tidak ideal, Aerox pun sama, atau bahkan lebih parah kalau menurut penulis. Beat juga sama. Nex II juga sama.

Posisi duduk di PCX 160 yang dicontohkan di atas itu jelas posisi yang tidak ideal dan tidak nyaman. Entah mengapa sekarang kok jadi dikesankan duduk yang seperti itu yang ideal. Apa mentang mentang yang ditawarkan cuma bisa duduk seperti itu maka terus dipaksakan bahwa duduk seperti itu yang paling nyaman?
Test Ride All New Honda PCX 160, Tarikannya Lebih Responsif

Test Ride Honda PCX 160: Tarikan Halus dan Nurut di Tikungan, Jadi Lebih Kencang?

Hasil Test Ride Honda PCX 160 by Elang Jalanan, Lebih Bertenaga dan Easy Control

Simak Fungsi Fitur HSCT All New Honda PCX 160 dan Cara Mematikanya

Nggak yakin kalau touring di jalanan Indonesia yang tambalan bakal nyaman duduk seperti itu.

Contoh duduk kalau di ruangan:

Oh iya, yang dibutuhkan bukan hanya posisi kaki bisa pindah pindah. Posisi pantat juga penting bisa pindah pindah.

19 respons untuk ‘Postur tubuh berkendara, membungkuk itu ya nggak nyaman kalau untuk jalan Indonesia

  1. Kalau buat diasil silinder seperti aerox 155, pilih aditif oli mana mannol ester atau wepp 2111s ceramic engine protection berbahan boron nitride ceratec ? Pokoknya yang aman buat diasil silinder dan tidak bikin macet vva. Terima kasih.

    Suka

    • Keduanya dikombinasikan. Sulit juga merekomendasikan aditif karena bahan olinya yang lebih mempengaruhi. Harus pilih oli yang shear stable bila ingin yang terbaik. Karena bila olinya cepat encer, maka aditif bakal cepat habis terpakai, dan akhirnya balik mengandalkan olinya lagi. Percuma aditif sudah bagus tapi olinya terlalu banyak aditif VI improvernya.

      Idealnya sih oli single grade kalau ada. Atau yang dari banyak PAOnya seperti red line atau PTT racing.

      Saya sendiri pakai solusi murah, Mesran B40 dan 50% minyak goreng. Sudah cukup sih untuk NMAX old. Lainnya tinggal pilih bensin yang baik.

      Suka

  2. Betul, klo di mobil namanya lumbar support seat, krn di motor ga ada sandaran, yg dimiripin lah posisi badan, pinggang dimajukan/ditegakkan, jangan melengkung kebelakang
    Sy yg penderita low back pain tau banget posisi ini, atau kumat hehe

    Suka

  3. klo soal kenyamanan, ane vote LEXI. nyaman banget buat ane, pas lg riding bawaan na santuy kecuali jok na tinggi bikin jinjit (motor py sepupu). klo PCX & NMax blm coba.

    Suka

  4. Kalau dari melihat foto di atas (Seharusnya diraba tulang punggungnya terutama bagian lumbar) Semuanya tidak ada yg cocok dengan gaya merunduk Kalau terus-terusan pakai postur seperti di foto ya bakal penyakitan (Apalagi kalau merunduk saat jalan kaki )

    Untuk pembanding mungkin bisa dicarikan foto rider yg beneran gemuk Kebanyakan (tetap bukan jaminan) rider gemuk cocok dengan postur merunduk

    Suka

    • Ada contoh rider yang gemuk, tapi terlihat bahwa ridernya duduknya tegak. Justru nggak berani duduk membungkuk.
      Jajal Langsung All New Honda PCX 160, Mesin Halus & Performa Garang

      Tapi memang sepertinya PCX didesain untuk memaksa tubuh rider membungkuk kali ya? Karena ada contoh berikut juga:
      Test Ride dan Review Honda New PCX 150 Lokal 2018 ; Handling Superb, Tenaga Pas, Bisa Selonjoran! (Video)

      Begini Posisi Tubuh yang Ideal Saat Berkendara Motor

      Kelihatan nggak enak semua duduknya. Selonjor juga rasanya nggak bakalan enak.

      Suka

      • Perbedaan postur merunduk dan tegak dlm pandangan saya itu ada di titik lumbar (tulang belakang bagian pinggang)

        Postur tegak itu bagus untuk orang dengan tulang belakang merunduk Karena membantu mengembalikan ke kondisi tubuh ideal/titik fitrah/titik 0,0 Orang dengan tulang belakang merunduk itu bentuk lumbarnya ke arah luar

        Kebalikannya orang dengan lumbar yg bentuk nya ke dalam (Lawan dari tulang belakang merunduk) Supaya ideal harus kita rundukan

        Ada cara yg mudah untuk membedakan apakah kita cocok dengan postur menegakkan atau merunduk Cobalah duduk lalu tegakan dan bernapas Lalu selanjutnya rundukan dan bernapas Mana yg lebih nyaman/tidak berat itu yg cocok untuk anda

        Contoh posisi ideal/titik fitrah/titik 0,0 itu ketika berdiri sholat Saat tubuh simetris kanan dan kiri Tinggi badan tertinggi bila di ukur Saat ubun-ubun seolah tergantung di langit Itu mengapa setelah sholat kita akan merasa lebih sehat karena tubuh kita telah “di balancing” kembali ke titik fitrah

        Suka

        • Tidak paham. Tulang belakang yang tidak melengkung ke depan itu sepertinya dianggap penyakit dan bukan sesuatu yang normal:
          5 Minute Self-Test

          What type of posture do you have? Flat back or maybe swayback?

          3. Flat Back
          In this case, the spine becomes flat because it loses its natural lower back curve. In consequence, the spine becomes imbalanced and the patient may have trouble standing up straight and leaning forward. The flat back syndrome also causes back or leg pain. Symptoms may get worse and progress to the point where the patient feels they lean further and further forward, away from the body and causing trouble in standing upright.

          Suka

          • Yg perlu digaris bawahi dalam hal ini adalah bentuk lengkung yg berbeda di area lumbarnya saja Bukan tulang belakang secara keseluruhan

            Adapun bentuk tulang belakang yg belum saya sebut adalah bentuk lurus/L/bamboo spine Seperti disebut diatas Ditandai dengan tulang punggungnya yg lurus tp kaku Terjadi karena pelintiran di tulang belakang sehingga lebih tinggi Karena ruas-ruas tidak pd tempatnya Tentu saja penderita nya tidak boleh melakukan/memaksakan gerakan seperti merunduk atau bahkan kayang misalnya

            Adapun berkenaan dengan tulang belakang secara keseluruhan bisa kita simak bagaimana cara sholat membalancing seperti disebutkan dlm hadits
            “Aku pernah melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam shalat. Ketika ruku’, punggungnya rata sampai-sampai jika air dituangkan di atas punggungnya, air itu akan tetap diam.“(HR. Ibnu Majah no. 872.

            ” Abu Humaid berkata; “Aku adalah orang yang paling tahu dengan shalat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dari kalian semua. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam rukuk, lalu beliau meletakkan kedua tangannya pada lutut seakan-akan beliau menggenggam kedua lututnya. Beliau menggerakkan kedua tangannya seraya merenggangkan kedua tangannya dari lambungnya.”

            Ketika ruku’ Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak membuat kepalanya terlalu menunduk dan tidak terlalu mengangkat kepalanya (hingga lebih dari punggung), yang beliau lakukan adalah pertengahan.” (HR. Ibnu Majah no. 1061 dan Abu Daud no. 730

            Bisa jg kita lihat keajaiban sholat saat kita sujud Tulang belakang akan meregang dan aliran darah akan mengalir dengan baik sampai kepala

            Selain itu banyak sekali manfaat kesehatan yg kita dapat jika kita menjalani Sunnah Rasulullah SAW Tengok saja bagaimana berkuda bisa memperbaiki seluruh struktur tubuh Begitu juga dengan panahan atau renang Wallahu `Alam bishawab

            Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.