Kencangnya Ducati sekarang di tikungan, keberhasilan aero ground effect baru?


Penulis barusan menonton 5 menit terakhir kualifikasi MotoGP. Yang paling berkesan bagi penulis adalah ketika Francesco Bagnaia ternyata tidak terkejar oli Rossi di tikungan dan betapa bagian berikut bisa ngepas sesuai kemiringan motor:
Last 5 minutes of MotoGP Q2 | 2021 #QatarGP

Selama ini salah satu kelemahan dari motor Ducati adalah kurangnya grip ban depan selama menikung. Ini sudah konsekuensi dari motor yang beratnya cenderung di belakang ala Ducati. Hal ini sudah sering dikeluhkan oleh rider Ducati juga.

Penggunaan winglet di depan bisa membantu, tapi juga bikin kecepatan di lintasan lurus berkurang. Sehingga ini sepertinya yang membuat Ducati sekarang beralih untuk memanfaatkan ground effect.

Sebelumnya penulis sudah bahas. Tapi belum tahu detilnya bagaimana:
Ground effect di MotoGP? Bukti lagi kegagalan “deflector” di swing arm Ducati

Dan ternyata melihat implementasi yang sekarang, terlihat bahwa desain sudah disempurnakan. Dan desain kali ini memang harus diacungi jempol. Berikut yang di motornya Bagnaia:
Qatar GP. Miller first and Bagnaia second at the end of Friday free practices

Entah bila penulis salah, tapi punya Miller beda?

di FP1:

Entah mana yang bakal dipakai permanen.

Desain ini bisa dengan mudah diloloskan Ducati dengan alasan sebagai pembantu pendinginan mesin atau radiator.

Dari sisi efeknya sendiri, bentuk yang kecil ini mestinya tidak banyak mempengaruhi aerodinamika di lintasan lurus. Mungkin ada, tapi tidak jauh beda dengan pendingin kaliper.

Efek baru akan besar ketika motor sudah sangat miring. Ciri dari ground effect adalah butuh jarak cukup dekat dengan permukaan aspal sebelum efeknya timbul. Dan begitu sudah timbul, winglet tambahan ini akan membantu grip dari ban depan ketika di tikungan. Hal yang selama ini menjadi kelemahan dari Ducati.

Namun tentu ada kelemahan baru, yaitu daya tahan ban. Dengan ban depan lebih ngegrip, otomatis keausan ban depan akan makin bertambah. Tinggal dilihat seberapa besar efeknya.

Bisa jadi Ducati bakal pakai ban depan yang lebih keras dari tim lainnya.

Tim lain yang butuh meniru langkah Ducati mestinya yang sesama V4, yaitu Honda, Honda dan Aprilia. Mungkin KTM juga.

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.